FOLLOW US:


Data dan Fakta Liga Champions: Viktoria Plzen vs AS Roma

11-12-2018 14:02
Data dan Fakta Liga Champions: Viktoria Plzen vs AS Roma
© Bola.net

Bola.net - Viktoria Plzen akan menjamu AS Roma pada matchday 6 Grup G Liga Champions 2018/19, Kamis (13/12). Berikut beberapa data dan fakta yang melatarbelakangi pertandingan di Doosan Arena ini.

Klasemen sementara: Real Madrid (12), AS Roma (9), Viktoria Plzen (4), CSKA Moscow (4). Partai lainnya: Real Madrid vs CSKA Moscow.

Roma sudah pasti lolos sebagai runner-up grup G. Roma tak bisa menggusur Real Madrid meski mampu menyamai perolehan poin mereka, karena kalah head-to-head.

Plzen memiliki poin yang sama dengan CSKA, tapi unggul head-to-head. Plzen akan finis peringkat tiga dan lanjut ke babak 32 besar Liga Europa jika perolehan poinnya tak disalip oleh CSKA di laga pemungkas ini.

Pada matchday 2, Plzen dibantai Roma lima gol tanpa balas di Olimpico. Edin Dzeko mencetak hat-trick, sedangkan Cengiz Under dan Justin Kluivert menyumbang masing-masing satu gol.

Di fase grup Liga Europa 2016/17, Plzen imbang 1-1 menjamu Roma, lalu tumbang 1-4 di Italia. Waktu itu, Roma finis sebagai juara grup dan Plzen peringkat tiga.

Plzen belum pernah kalah di kandang sendiri melawan klub-klub Italia (M1 S2 K0). Mereka imbang 2-2 vs AC Milan di fase grup Liga Champions 2011, menang 2-0 vs Napoli di babak 32 besar Liga Europa 2013, imbang 1-1 vs Roma di fase grup Liga Champions 2016.

Plzen memenangi lima dari 11 laga terakhirnya di semua kompetisi (M5 S3 K3), termasuk kemenangan beruntun dalam tiga laga terakhir.

Jan Kovarik mencetak dua gol dalam tiga penampilan terakhirnya di liga untuk Plzen.

Dari 27 gol yang sudah dicetak Plzen di liga utama Republik Ceko musim ini, 14 di antaranya tercipta di periode 30 menit akhir pertandingan.

Roma menang tiga kali dan kalah dua kali dalam lima laga yang sudah mereka mainkan di grup ini. Dua kekalahan itu semuanya didapatkan Roma saat melawan Madrid (0-3 tandang, 0-2 kandang).

Roma hanya menang empat kali dalam 19 laga tandang terakhirnya di Eropa (M4 S6 K9).

Roma memenangi tujuh dari 14 laga terakhirnya di semua kompetisi, tapi tanpa kemenangan dalam empat laga terakhirnya (M0 S2 K2).

Roma tanpa clean sheet atau selalu kebobolan dalam delapan laga terakhirnya di semua kompetisi.