FOLLOW US:


Deretan Jagoan Assist di Kompetisi Elite Eropa Musim 2019-2020, Salah Satunya Messi

12-08-2020 12:45

 | Aga Deta

Deretan Jagoan Assist di Kompetisi Elite Eropa Musim 2019-2020, Salah Satunya Messi
Lionel Messi di laga melawan Leganes pada pekan ke-29 La Liga, Rabu (17/6/2020) dini hari WIB. © LaLiga

Bola.net - Pandemi virus corona sempat membuat musim kompetisi 2019-2020 di Eropa mati suri. Namun, kompetisi tersebut pada akhirnya bisa dilanjutkan kembali hingga tuntas.

Premier League memunculkan juara baru Liverpool. The Reds meraih kemenangan liga pertama tiga dekade terakhir.

Juventus memenangkan gelar kesembilan berturut-turut mereka di Serie A Italia. Dominasi yang sama dipertontonkan Bayern Munchen, yang mengangkat gelar kedelapan berturut-turut mereka di Bundesliga. Paris Saint-Germain dinyatakan sebagai juara Ligue 1. Mereka meraih gelar ketiga mereka secara beruntun.

Raksasa El Clasico Barcelona dan Real Madrid terlibat pertarungan sengit di La Liga. El Real membuat pesaing utamanya kehilangan keunggulan dua poin.

Real memenangkan gelar Spanyol ke-34 mereka, dan gelar pertama mereka setelah kepergian Cristiano Ronaldo.

Dalam musim sepak bola yang gemilang, sejumlah rekor dipecahkan dan diganti dengan yang baru, dalam hal gol, assist, dan ukuran-ukuran standar lainnya.

Berikut ini, situs Sportskeeda merangkum raja assist di lima liga top Eropa untuk musim 2019-2020. Mereka seniman sepak bola yang menjadi kreator terjadinya banyak gol.

1 dari 6

Luis Alberto (16 Assist)

Luis Alberto telah menjadi pusat kekuatan kreatif Lazio. Mantan playmaker Liverpool itu mengalami musim Serie A 2018-2019 yang lesu di mana ia mencetak dan membantu empat dan lima gol selama 27 pertandingan, setelah mencetak 11 gol dan membuat 14 gol pada tahun sebelumnya.

Namun, musim ini, Lazio mengalami musim yang menakjubkan dalam hal sepak bola yang mereka mainkan, hasil yang mereka dapatkan, dan bahkan diperkirakan akan mengalahkan Juventus untuk posisi teratas pada satu titik.

Alberto mengumpulkan 16 assist di Serie A, bersama dengan lima gol, dalam 36 penampilan untuk klub ibu kota. Meskipun rekan setimnya Ciro Immobile mencuri perhatian dengan musim sepak bola yang bersejarah dan memecahkan rekor, pemain Spanyol itu telah memainkan peran penting di timnya.

Alberto akan membantu Lazio lolos ke Liga Champions UEFA musim depan dengan finis di tempat keempat di Serie A.

2 dari 6

Jadon Sancho (17 Assist)

Pemain Inggris itu telah menjalani musim 2018-2019 yang luar biasa yang membuat klub-klub di seluruh Eropa berdiri dan memperhatikan, tetapi tahun ini, Jadon Sancho membawa permainannya ke level baru yang lebih dasyat lagi.

Pemain sayap Borussia Dortmund memecahkan rekor di Bundesliga, berhasil mencetak banyak gol serta membantu 17 gol hanya dalam 25 pertandingan.

Sancho sangat mengesankan dalam banyak aspek permainannya, mulai dari akselerasi untuk mengalahkan pemainnya, visi untuk melakukan operan yang sempurna, dan kedewasaan untuk mempertahankan bola dan membuat keputusan yang tenang di sepertiga akhir.

Target Manchester United yang dilaporkan secara luas diharapkan untuk bergabung dengan klub barunya sekarang, tetapi kebuntuan dalam negosiasi membuat masuk daftar skyat BVB untuk tur pramusim mereka.

3 dari 6

Kevin De Bruyne (20 Assist)

Kevin De Bruyne tidak hanya menjadi gelandang terbaik di Liga Premier tetapi juga di Eropa saat ini. Pemain Belgia ini menjalani musim 2019-2020 yang fantastis. Ia membuat perbedaan bagi timnya dalam banyak kesempatan.

Gelandang serang Manchester City berada di posisi terdepan untuk memecahkan rekor legendaris Thierry Henry dengan 20 assist di pentas Premier League. Meskipun De Bruyne hampir saja memecahkannya, ia mengakhiri musim dengan 20 assist, berhasil menyamai pencapaian striker ikonik Arsenal itu.

Selain koleksi assistnya, mantan playmaker Chelsea itu juga berhasil mencetak 13 gol di liga. Banyak di antaranya berasal dari pergerakan tak terduga dari lini kedua.

4 dari 6

Thomas Muller (21 Assist)

Ada beberapa pemain Bayern Munchen, termasuk Thomas Muller, yang dianggap habis karena termakan usia. Namun, kedatangan Hansi Flick ke klub tersebut membuat para personelnya hidup dan meremajakan Bayern dalam beberapa aspek.

Muller, khususnya, bangkit kembali dengan musim yang gemilang setelah musim 2018-2019 yang relatif mengecewakan, yang membuatnya mencetak enam gol dan sumbangan sembilan assist dalam 32 pertandingan.

Tahun ini, pemenang Piala Dunia menyumbang 21 assist yang mengejutkan - lebih dari dua kali lipat dari penghitungannya dari tahun lalu - dan setidaknya tujuh lebih banyak dari musim sebelumnya.

Muller telah menjadi roda penggerak penting bagi Flick yang lebih ramping dan tajam Bayern, diam-diam menemukan ruang kosong untuk dieksploitasi dan terus menekan untuk memenangkan bola kembali. Selain 21 assistnya, pemain berusia 30 tahun itu juga mengoleksi delapan gol Bundesliga.

5 dari 6

Lionel Messi (22 Assist)

Messi menjadi pemain LaLiga pertama yang mencatatkan lebih dari 20 gol dan 20 assist dalam satu musim kompetisi. Dalam 33 pertandingannya, kapten Argentina itu mencetak 25 gol dan membuat 22 assist, keduanya merupakan rekor tertinggi di LaLiga 2019-2020.

Meskipun Barcelona gagal memenangkan gelar untuk menjadikannya tiga kali berturut-turut, musim Messi secara individu benar-benar luar biasa.

Selain ketajamannya yang tak terbantahkan, kemampuan mengatur permainan pemain berusia 33 tahun itu telah ia pertontonkan dengan luar biasa.

Messi berharap untuk mendaftarkan gelar Liga Champions kelimanya untuk menutupi kekecewaan kegagalan meraih trofi La Liga.

6 dari 6

Jagoan Assist Lainnya

6. Alejandro Gomez/Atalanta (16)
7. Christopher Nkunku/RB Leipzig (15)
8. Angel Di Maria/Paris Saint-Germain (14)
9. Thorgan Hazard/Borussia Dortmund (13)
10. Trent Alexander-Arnold/Liverpool (13)

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com/Penulis Ario Yosia

Published: 12 Agustus 2020

Ingin lihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan highlights pertandingan Liga Champions, silakan klik di sini.

Jika kalian juga ingin melihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan cuplikan pertandingan Liga Europa, silakan klik di sini.