FOLLOW US:


FIFPro Men's World XI 2020: Masih Ronaldo-Messi, Dominasi 4 Pemain Bayern Munchen

18-12-2020 06:00

 | Richard Andreas

FIFPro Men's World XI 2020: Masih Ronaldo-Messi, Dominasi 4 Pemain Bayern Munchen
FIFPro World XI 2020. © FIFA

Bola.net - Ajang The Best FIFA Football Awards yang dilangsungkan di Zurich, Swiss, pada 17 Desember 2020 kemarin melahirkan starting XI gabungan pemain-pemain top dunia. Merekalah 11 nama yang dinilai tampil luar biasa sepanjang musim 2019/20 lalu.

Penghargaan kali ini sedikit berbeda karena musim yang tak berjalan normal, sempat ditunda karena pandemi virus corona. Untungnya FIFA memutuskan tetap melangsungkan ajang tahunan ini, tidak seperti Ballon d'Or yang dibatalkan.

Seperti biasa, pemilihan pemenang ditentukan berdasarkan pemungutan suara ribuan pemain profesional di seluruh dunia, juga ada suara pelatih timnas untuk pemilihan pelatih terbaik.

Robert Lewandowski memenangi penghargaan pemain terbaik pria, lalu ada Jurgen Klopp yang terpilih sebagai pelatih terbaik. Keduanya menjalani musim luar biasa bersama tim masing-masing.

Selain dua kategori ini, yang tak kalah menarik adalah penentuan starting XI terbaik alias FIFPro Men’s World XI. Masih ada nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi seperti biasa, sisanya ada 9 pemain hebat di posisi masing-masing.

Siapa saja mereka? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 5

FIFA World XI 2020

Starting XI terbaik versi FIFPro kali ini didominasi Bayern Munchen dengan 4 pemain, yakni Robert Lewandowski, Joshua Kimmich, Thiago Alcantara, dan Alphonso Davies. Saat ini Alcantara memang sudah membela Liverpool, tapi penghargaan ini diukur berdasarkan musim lalu.

Kemudian ada Liverpool dengan 3 wakil: Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, dan Virgil van Dijk. Sisanya pemain-pemain top langganan seperti Sergio Ramos, Kevin De Bruyne, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo.

  • Kiper: Alisson
  • Bek: Trent Alexander-Arnold, Sergio Ramos, Virgil van Dijk, Alphonso Davies
  • Gelandang: Joshua Kimmich, Thiago Alcantara, Kevin De Bruyne
  • Penyerang: Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski

2 dari 5

Daftar pemenang

Ada tujuh kategori utama dalam penghargaan kali ini, baik untuk sepak bola pria maupun wanita. Berikut daftar selengkapnya:

  • Men’s player: Robert Lewandowski
  • Women’s player: Lucy Bronze
  • Men’s goalkeeper: Manuel Neuer
  • Women’s goalkeeper: Sarah Bouhaddi
  • Men’s coach: Jurgen Klopp
  • Women’s coach: Sarina Wiegman
  • Puskas (goal) award: Son Heung-min

3 dari 5

Lewandowski unggul jauh

Yang menarik adalah keberhasilan Lewandowski jadi juara di tengah dominasi Messi-Ronaldo selama bertahun-tahun terakhir.

Kali ini Lewandowski bahkan unggul cukup jauh dengan 52 poin, di bawahnya ada Cristiano Ronaldo dengan 38 poin, lalu Lionel Messi dengan 35 poin.

Lewandowski sendiri mengaku sangat senang bisa meraih penghargaan istimewa semacam itu di era dominasi Messi dan Ronaldo.

4 dari 5

Klopp tak menduga

Kategori yang sedikit mengundang tanya adalah pelatih terbaik, yang dimenangi Jurgen Klopp. Pasalnya, musim lalu ada Hansi Filck yang membawa Bayern Munchen meraih trebel winners.

Beberapa jam setelah ajang selesai, terungkap bahwa jumlah poin Klopp dan Flick sama persis. Klopp lebih unggul karena lebih banyak suara dari pelatih tim nasional.

5 dari 5

Messi-Ronaldo seperti biasa

Kembali ke FIFPro World XI, di tengah musim gemilang Bayern Munchen dan Liverpool, masih saja ada nama Messi dan Ronaldo dalam daftar 11 pemain terbaik di dunia ini.

Torehan ini pun istimewa. Messi dan Ronaldo sama-sama mencatatkan penampilan terbanyak pada FIFPro World XI, yakni dengan total 14 penampilan, alias tidak pernah absen sejak tahun 2007 lalu.

Di bawah keduanya ada Sergio Ramos yang mengekor dengan 11 kali terpilih. Ini pun torehan impresif yang terabaikan karena nama besar Messi-Ronaldo yang menyilaukan.

Sumber: Squawka, FIFA