FOLLOW US:


Final Liga Champions, Mohamed Salah Samai Capaian Didier Drogba

02-06-2019 03:11

 | Serafin Unus Pasi

Final Liga Champions, Mohamed Salah Samai Capaian Didier Drogba
Selebrasi Mohamed Salah saat mencetak gol di Final Liga Champions 2018/2019 saat Liverpool berhadapan dengan Tottenham Hotspur © AP Photo

Bola.net - Sebuah capaian apik dibuat oleh Mohamed Salah di Final Liga Champions musim 2018/2019. Ia resmi menjadi salah satu dari lima pemain Afrika sepanjang sejarah yang pernah membuat gol di Final Turnamen Eropa.

Salah yang sudah menjadi pemain andalan Liverpool dalam dua musim terakhir kembali dipercaya oleh Jurgen Klopp untuk menjadi starter di Final Liga Champions musim ini. Ia dipasang bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino di lini serang The Reds saat menghadapi Tottenham Hotspur.

Salah sendiri membalas kepercayaan Jurgen Klopp dengan baik. Ia membawa timnya unggul atas The Lillywhites hanya dalam waktu dua menit pasca wasit meniupkan peluit tanda dimulainya babak pertama.

Gol yang dibuat Salah itu merupakan sebuah gol yang spesial. Dilansir Opta Joe, hanya ada empat pemain asal Afrika lainnya yang pernah mencetak gol di Final Turnamen Eropa.

Siapa saja pemain Afrika selain Salah yang pernah mencetak gol di partai Final? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2

Pemain Ke Lima

Menurut catatan Opta tersebut, Mohamed Salah merupakan pemain Afrika ke lima sepanjang sejarah yang mencetak gol di Final Turnamen Eropa.

Pemain Afrika pertama yang mencetak gol di final Turnamen Eropa adalah Rabh Madjer, di mana ia mencetak gol itu di Final Liga Champions tahun 1986/1987, di mana ia menciptakan gol penyeimbang saat timnya menghadapi Bayern Munchen di partai final.

Pemain Afrika kedua yang mencetak gol di final Turnamen Eropa adalah Samuel Eto'o. Dia dua kali mencetak gol di Final Liga Champions, yang pertama bersama Barcelona di musim 2005/2006 saat ia mencetak gol penyeimbang ke gawang Arsenal, dan gol keduanya di partai final terjadi di musim 2008/2009 masih bersama Barcelona, di mana ia mencetak gol pembuka ke gawang Manchester United saat Barcelona menang 2-0.

2 dari 2

Samai Rekor Teman Setim

Selain Madjer dan Eto'o, ada nama Didier Drogba yang mencetak gol di final Liga Champions. Ia mencetak gol itu di musim 2011-2012 ke gawang Bayern Munchen.

Sementara rekan setim Salah, Sadio Mane merupakan pemain Afrika ke empat sepanjang sejarah yang mencetak gol di Final Liga Champions. Gol itu ia ciptakan musim lalu, saat Liverpool tumbang 3-1 dari Real Madrid di Kiev.