FOLLOW US:


Hari Ini 10 Tahun Lalu, Inter Milan Raih Treble Berkat Tangan Dingin Jose Mourinho

22-05-2020 21:21

 | Ari Prayoga

Hari Ini 10 Tahun Lalu, Inter Milan Raih Treble Berkat Tangan Dingin Jose Mourinho
Inter Milan raih treble winners musim 2009-10 © AFP

Bola.net - Tak terasa sudah satu dekade berlalu sejak Inter Milan sukses meraih treble winners pada musim 2009-10 usai mengalahkan Bayern Munchen di partai final Liga Champions.

Sebelum laga ini, Inter sudah lebih dulu merengkuh gelar juara Coppa Italia usai mengandaskan AS Roma di partai puncak. Setelah itu, Nerazzurri juga meraih gelar Scudetto Serie A.

Prestasi treble ini menjadi bersejarah karena Inter menjadi tim Italia pertama yang mampu melakukannya, tentunya berkat polesan tangan dingin seorang Jose Mourinho.

1 dari 2

Final Liga Champions

Inter Milan secara luar biasa mengalahkan tim juara bertahan, Barcelona di babak semifinal dengan skor agregat 3-2. La Beneamata pun berhak tampil di laga puncak yang digelar di Santiago Bernabeu, Madrid.

Seperti taktiknya di laga-laga sebelumnya, Mourinho memilih untuk lebih banyak berkonsentrasi di sektor pertahanan, sembari menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik.

Rupanya, taktik ini terbukti efektif. Diego Milito mencetak dua gol, masing-masing satu gol di babak pertama dan kedua untuk membawa Inter memastikan kemenangan 2-0.

Inter Milan pun sukses merengkuh gelar juara Piala/Liga Champions pertama mereka sejak 1965 sekaligus melengkapi prestasi treble winners.

2 dari 2

Jose Mourinho Hengkang

Hanya enam hari berselang, Mourinho membuat keputusan mengejutkan dengan mundur dari kursi pelatih Inter untuk menerima pinangan Real Madrid.

Mourinho menyebut bahwa keputusan ia ambil untuk mewujudkan mimpinya menjadi pelatih pertama yang menjadi juara dengan tiga tim berbeda.

Sementara itu, hingga kini belum ada tim Italia lain yan berhasil menyamai pencapaian treble Inter. Juventus memiliki kesempatan melakukannya pada 2017 lalu, tapi mereka kalah di final Liga Champions dari Real Madrid.

Sumber: FC Internazionale