FOLLOW US:


Ibrahimovic dan Pemain-Pemain Tua yang Masih Tampil Impresif Musim Ini

03-11-2020 15:30

 | Richard Andreas

Ibrahimovic dan Pemain-Pemain Tua yang Masih Tampil Impresif Musim Ini
Selebrasi Zlatan Ibrahimovic usai membobol gawang Inter Milan Sabtu (17/10/2020) © AP Photo

Bola.net - Zlatan Ibrahimovic sudah 39 tahun, tidak lagi muda, tapi perannya masih sangat penting untuk AC Milan musim ini. Dia masih mencetak gol-gol krusial untuk membantu tim.

Ibrahimovic telah dianggap habis ketika meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG) pada 2016. Ketika itu usianya telah 35 tahun. Dia bergabung dengan Manchester United untuk dua musim dan masih mampu mengukir 29 gol dari 53 penampilan.

Hijrah ke Amerika Serikat untuk bermain dengan Los Angeles (LA) Galaxy pada 2018 diyakini sebagai cara Zlatan Ibrahimovic mempersiapkan masa pensiun. Ternyata, ia masih lapar.

Zlatan Ibrahimovic menerima tawaran AC Milan pada awal 2020 setelah kontraknya di LA Galaxy rampung. Dia menandatangani perjanjian selama setengah musim.

Penampilan Zlatan Ibrahimovic sungguh di luar eskpetkasi. Dia masih mampu bermain buas dengan membukukan 11 gol dari 20 pertandingan di seluruh kompetisi musim 2019/2020.

Pada akhir musim, AC Milan dibawanya lolos ke Liga Europa setelah sempat tersendat-sendat.

Berkat ketajamannya, Zlatan Ibrahimovic mendapatkan hadiah perpanjangan kontrak setahun dari AC Milan. Dia menjawabnya kepercayaan itu dengan statusnya saat ini; pemain tersubur di Serie A dengan torehan tujuh gol dalam empat pertandingan.

Selain Zlatan Ibrahimovic, masih banyak lagi pemain tua-tua keladi di musim ini, berikut lima di antaranya:

1 dari 5

Cristiano Ronaldo (35 Tahun)

Cristiano Ronaldo tetap berada dalam performa tinggi di usia ke-35 tahun. Bomber Juventus itu masih bisa mencetak banyak gol.

Pada musim lalu, Cristiano Ronaldo sukses mengukir 37 gol dari 46 laga di semua kompetisi. Sejumlah 31 di antaranya terjadi di Serie A.

Pada musim ini, Cristiano Ronaldo telah menorehkan lima gol dari tiga partai di Serie A. Perannya di Juventus tidak tergantikan.

2 dari 5

Thiago Silva (36 Tahun)

Kemampuan Thiago Silva tidak tergerus usia. Setelah kontraknya tidak diperpanjang PSG, bek berusia 36 tahun itu ditampung oleh Chelsea.

Silva menjadi pilihan utama Chelsea di lini belakang. Bahkan terkadang, pelatih Frank Lampard juga mendapuknya sebagai kapten tim.

Silva telah mencatatkan enam penampilan bersama Chelsea di musim ini. Dengan PSG selama delapan tahun, mantan bek AC Milan ini tampil dalam 315 pertandingan.

3 dari 5

Fernandinho (35 Tahun)

Fernandinho menjadi contoh pemain tua-tua keladi. Saat umurnya 35 tahun, pemain asal Brasil itu masih menjadi bagian penting Manchester City.

Hampir di setiap tahunnya, Manchester City selalu membeli gelandang bertahan. Namun, posisiya tidak tergantikan. Untungnya, ia juga bisa bermain sebagai bek tengah.

Pada musim lalu, Fernandinho masih mampu mengemas 41 pertandingan bersama Manchester City. Sebuah torehan yang mengagumkan untuk seorang pemain yang tergolong uzur sepertinya.

4 dari 5

Aleksandar Kolarov (34 Tahun)

Usia Aleksandar Kolarov memasuki 35 tahun pada 10 November 2020. Namun, bek asal Serbia itu masih mampu menjaga konsistensinya.

Tidak percaya? Karena kualitasnya, Inter Milan sampai membelinya dari AS Roma pada awal musim ini. Dia diplot sebagai bek kiri pada formasi 3-5-2 ala Antonio Conte.

Bersama AS Roma pada musim lalu, Kolarov tampil 42 pertandingan. Sedangkan dengan Inter Milan di musim ini, ia telah terlibat dalam enam partai.

5 dari 5

Frank Ribery (37 Tahun)

Fiorentina mengais sisa-sisa kualitas dari Franck Ribery. Pada usianya yang ke-37 tahun, winger asal Prancis itu membuktikan bahwa dirinya belum habis.

Ribery bermain dalam 21 pertandingan Fiorentina pada musim lalu dengan menorehkan tiga gol dan tiga assist.

Pada musim ini, eks pemain Bayern Munchen itu telah bertanding sebanyak lima kali dan membukukan dua assist.


Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Benediktus Gerendo Pradigdo), published 3 November 2020