FOLLOW US:


Ini Sisi Lain dari Erling Haaland, Salah Satunya Ikuti Diet ala Cristiano Ronaldo

16-03-2020 15:51

 | Aga Deta

Ini Sisi Lain dari Erling Haaland, Salah Satunya Ikuti Diet ala Cristiano Ronaldo
Pemain Borussia Dortmund Erling Braut Haaland © AP Photo

Bola.net - Striker Borussia Dortmund Erling Haaland tampil sangat mengesankan pada ajang Liga Champions. Akan tetapi, Haaland tidak mampu membawa timnya berbuat banyak di kompetisi Eropa tersebut.

PSG mendepak Borussia Dortmund di fase 16 besar dengan keunggulan skor agregat 3-2. Kiprah Erling Haaland di turnamen elite antarklub Eropa itu, praktis terhenti.

Koleksi gol Haaland di Liga Champions musim ini terhenti di angka 10. Sebuah pencapaian apik bagi pemain berusia 19 tahun. Sejauh ini, koleksi itu hanya berselisih satu saja dari top scorer sementara Liga Champions 2019-2020, Robert Lewandowski (11 gol).

10 gol Haaland itu tercipta dari 554 menit kiprahnya di Liga Champions musim ini bersama Red Bull Salzburg serta Borussia Dortmund.

Berbarengan dengan sinarnya yang mengilap di Liga Champions, pemain bernama lengkap Erling Braut Haaland ini juga menebar ketajaman di kompetisi Austria dan Jerman.

Pada musim ini di Liga Austria, ia mengoleksi 16 gol bersama Red Bull Salzburg. Setelah pindah ke Borussia Dortmund pada bursa transfer musim dingin lalu, sejauh ini striker asal Norwegia ini telah mencatatkan sembilan gol.

Pada debutnya bersama Die Borussen, ia langsung mencetak hattrick hanya dalam tempo 23 menit. Pada laga selanjutnya, ia mencetak dua gol.

Sontak, namanya jadi buah bibir pencinta sepak bola internasional.

Skuat PSG bahkan sampai merasa perlu "terganggu" dengan sosok Haaland, dan melakukan aksi "balasan" dengan beramai-ramai menirukan gaya selebrasi Haaland setelah menyingkirkan Borussia Dortmund dari Liga Champions, pekan lalu.

Aksi itu justru membuat Haaland makin jadi pusat perhatian. Meski, kini sudah kian tenar, ada beberapa sisi lain dari pemain Timnas Norwegia ini yang mungkin belum banyak diketahui.

Apa saja itu? Berikut ini lima fakta dari Erling Haaland, seperti dilansir dari Sportskeeda.

1 dari 5

1. Mencetak 9 Gol dalam Satu Pertandingan

Nama Erling Haaland mulai melambung berkat prestasi sensasional, yakni mencetak sembilan gol dalam satu pertandingan, yang dilakukannya pada Piala Dunia U-20 2019 di Polandia.

Tampil jadi andalan di lini depan Timnas Norwegia U-20, Haaland menjebol gawang Honduras hingga sembilan kali dalam duel di penyisihan Grup C tersebut. Norwegia ketika itu menang dengan skor telak 12-0.

Meski Norwegia gagal lolos ke fase gugur, Haaland keluar sebagai top scorer Piala Dunia U-20 2019 dengan koleksi sembilan golnya itu.

2 dari 5

2. Diet ala Cristiano Ronaldo

Megabintang Portugal dan Juventus, Cristiano Ronaldo, merupakan anutan Erling Haaland dalam hal latihan dan diet. Haaland diketahui menerapkan diet seperti yang dilakukan Ronaldo. Tujuannya, tentu agar bisa seperti mantan bintang Real Madrid dan Manchester United tersebut.

Seperti diketahui, kendati sudah berusia 35 tahun, Ronaldo masih memiliki fisik prima yang satu di antaranya datang dari kebiasaanya berdiet.

Rekan Ronaldo semasa di Manchester United, Patrice Evra, suatu ketika pernah membongkar gaya makan Ronaldo. Saat makan siang bersama, Ronaldo diketahui hanya menyantap ikan, sebagai bagian dari dietnya.

3 dari 5

3. Ingin Jadi Juara Premier League bersama Leeds United

Satu di antara keinginan terpendam Erling Haaland adalah jadi kampiun Premier League bersama Leeds United. Hal itu dipengaruhi karier sepak bola sang ayah, Alfe-Inge, yang pernah memperkuat beberapa klub Liga Inggris seperti Nottingham Forest, Leeds United, dan Manchester City.

Hal lain, meski berstatus orang Norwegia, Haaland dilahirkan di Leeds. Jadi, ia merasa memiliki keterikatan dengan kota di mana ia dilahirkan.

Haaland juga merupakan fan Leeds. Jadi, Bisa saja suatu saat nanti keinginan itu terealisasi.

Saat ini Leeds United berkiprah di Championship. The Whites berstatus pemuncak klasemen sementara dan berpotensi promosi ke Premier League pada musim depan.

4 dari 5

4. OST Liga Champions Jadi Lagu Terfavorit

Erling Haaland dikabarkan punya lagu favorit yang aneh dari yang lain. Pemain yang debut bersama Timnas Norwegia senior pada 5 September 2019 ini senang dengan lagu "wajib" Liga Champions.

Bahkan, ia dikabarkan menjadikan lagu soundtrack Liga Champions itu sebagai ringtone di ponselnya.

Lagu yang biasa diperdengarkan dalam laga-laga di Liga Champions tersebut disebut memotivasi Haaland untuk berlatih lebih keras dan menjadi pesepak bola yang lebih baik dalam setiap harinya.

5 dari 5

5. Berhak Membela Timnas Inggris

Secara teori, Erling Haaland berhak tampil membela Timnas Inggris. Hal itu karena Haaland lahir di Leeds saat sang ayah memperkuat klub berjulukan The Whites tersebut.

Namun, Haaland sejak awal sudah punya pendirian kuat perihal ini. Ia memilih Norwegia sebagai negara yang dibelanya, ketimbang Inggris sebagai negara kelahirannya.

Haaland sudah memperkuat Timnas Norwegia dalam berbagai level, mulai U-15 hingga ia dipercaya gabung timnas senior pada laga kontra Malta dalam penyisihan Piala Eropa 2020, 5 September 2019.

Sumber: Sportskeeda
Disadur dari: Bola.com/Penulis Aning Jati
Published: 16 Maret 2020