FOLLOW US:


Inter Milan 0-1 Real Madrid: Nerazzurri Tumpul

16-09-2021 11:08

 | Gia Yuda Pradana

Inter Milan 0-1 Real Madrid: Nerazzurri Tumpul
Pemain Inter Milan, Ivan Perisic © AP Photo

Bola.net - Real Madrid sukses meraih poin penuh ada laga pertama mereka di Grup D Liga Champions 2021/2022. Menghadapi Inter Milan di Giuseppe Meazza Milan, Kamis (16/09) dini hari, Los Blancos mencatatkan kemenangan 1-0.

Gol kemenangan Madrid pada laga tersebut dicetak Rodrygo pada menit 89 setelah menerima assist Eduardo Camavinga.

Kemenangan Madrid pada laga ini tergolong mengejutkan. Pasalnya, secara kasat mata, Inter Milan tampak mendominasi laga ini.

Secara statistik, Inter Milan menciptakan lebih banyak peluang pada laga ini. Mereka menciptakan 18 peluang. Sementara, Real Madrid 'hanya' memiliki 12 peluang.

Selain itu, data Infogol menunjukkan bahwa nilai expected goals (xG), yang biasa dipakai mengukur kualitas peluang, Inter Milan jauh mengungguli Madrid. Skuad Simone Inzaghi mencatatkan nilai xG sebesar 2,52. Sementara, Madrid hanya mencatatkan nilai xG sebesar 0,94.

Lalu, faktor apa sajakah yang membuat Los Blancos bisa meraih kemenangan pada laga kontra Inter Milan? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2

Unggul tapi Tumpul

Unggul tapi Tumpul
Lautaro Martinez dalam laga Inter vs Real Madrid, Kamis (16/9/2021) © AP Photo

Pada laga ini, Inter memang unggul secara kuantitas dan kualitas peluang. Namun, penyelesaian akhir mereka bisa dikatakan mengenaskan.

Data Whoscored mencatat bahwa, dari 18 peluang yang dimiliki Inter, tujuh di antaranya melenceng dari sasaran. Nilai xG total dari tujuh peluang meleset tersebut mencapai 1,03. Nilai ini lebih besar dari seluruh peluang Real Madrid pada laga tersebut.

Salah satu dari yang meleset tersebut adalah peluang Milan Skriniar pada menit 53. Peluang tersebut menurut laman Infogol, memiliki nilai xG sebesar 0,67. Sebagai perbandingan, peluang Rodrygo yang berbuah gol ke gawang Inter memiliki nilai xG 0,39.

2 dari 2

Faktor Courtois

Faktor Courtois
Thibaut Courtois © AP Photo

Selain tumpulnya para penggawa Inter Milan dalam menuntaskan peluang, kemenangan Real Madrid pada laga ini juga ditentukan oleh cemerlangnya penampilan Thibaut Courtois. Kiper asal Belgia ini bisa dibilang aktor utama Los Blancos pada laga tersebut.

Pada pertandingan ini, menurut data Whoscored, Courtois sukses melakukan lima penyelamatan. Istimewanya, peluang-peluang Inter yang digagalkan Courtois tersebut bukan kaleng-kaleng.

Menurut data Infogol, total nilai xG dari lima peluang yang diselamatkannya tersebut mencapai 1,12. Peluang terbesar dari kelima peluang ini dimiliki Edin Dzeko pada menit delapan. Peluangnya ditaksir memiliki nilai xG sebesar 0,37.

Dengan penampilan apiknya ini, Courtois mendapat nilai 8,06 dari Whoscored dan menjadikan kiper berusia 29 tahun tersebut sebagai man of the match pada laga tersebut.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)