Manchester United Terindikasi Dicurangi, Undian 16 Besar UCL Bakal Diulang?

Serafin Unus Pasi | 13 Desember 2021 19:38
Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo, merayakan golnya ke gawang Arsenal dalam laga lanjutan Premier League hari Jumat (3/12/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Sebuah skandal menerpa UEFA pada saat undian 16 besar Liga Champions 2021/22. Manchester United terindikasi dicurangi di undian tersebut.

Beberapa saat yang lalu, UEFA menggelar undian 16 besar Liga Champions di markas mereka di Nyon Swiss. Undian ini untuk menentukan tim mana akan berjumpa tim mana di babak knockout nanti.

Jalannya undian seperti biasa. Undian ini dipimpin oleh Sekretaris Deputi UEFA, Giorgio Marchetti dan dibantu oleh Andriy Arshavin selaku duta Final Liga Champions 2022.

Pada awalnya jalannya undian berjalan lancar. Sampai jurnalis The Independent, Mark Critchley menemukan kejanggalan dalam undian tersebut yang terindikasi merugikan MU.

Simak keanehan yang ditemukan Critchley di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Undian Atletico Madrid

Menurut laporan tersebut, semula berawal dari undian ketiga. Di mana pada saat itu akan menentukan siapa lawan Atletico Madrid.

Pada saat itu, Atletico Madrid sudah tidak bisa berhadapan dengan Manchester City dan Real Madrid. Karena kedua tim itu sudah diundi bertemu dengan Villarreal dan Manchester City.

Alhasil, Atletico seharusnya diundi melawan Bayern Munchen, Liverpool, Ajax, Juventus, Lille dan Manchester United. Namun dalam tayangan video, terlihat bahwa Head of Club Competitions UEFA, Michael Heselschwerdt tidak memasukkan bola MU ke dalam pengundian.

2 dari 4 halaman

Dapat Protes Keras

Menurut laporan tersebut, seusai pengundian babak 16 besar itu, para kontestan 16 besar memprotes UEFA. Karena tidak dimasukkannya MU ke undian calon lawan Atletico Madrid dianggap suatu ketidakadilan.

Sementara Manchester Undian menurut laporan The Independent tidak melakukan protes kepada UEFA. Namun mereka meminta klarifikasi dari UEFA atas blunder tersebut.

UEFA saat ini masih melakukan ivestigasi atas hasil tersebut. Ada kemungkinan undian ini akan diulang, di mana keputusan UEFA akan ditetapkan 1 jam setelah berita ini diturunkan.

3 dari 4 halaman

Kesalahan Kedua

Blunder UEFA tidak memasukkan bola MU ke undian calon lawan Atletico Madrid bukanlah satu-satunya blunder di undian 16 besar tadi. Karena sebelumnya UEFA juga membuat sebuah blunder.

Itu terjadi saat pengundian lawan Villarreal. Pada saat itu Andriy Arshavin menarik bola yang bertuliskan Manchester United.

Seharusnya bola Manchester United tidak masuk dalam undian lawan Villarreal. Karena kedua tim sama sama berasal dari grup F Liga Champions.

4 dari 4 halaman

Jadwal 16 Besar

Jadwal pertandingan 16 besar Liga Champions 2021/22 akan digelar pada tahun 2022 nanti. Leg pertama akan digelar tanggal 23-24 Februari 2022.

Sementara leg kedua akan digelar pada bulan Maret, tanggal 7-8 Maret 2022.

(The Independent)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR