FOLLOW US:


Mereka yang Pernah Melampaui Rekor Ronaldo: Messi, Mo Salah, Hingga Giroud

13-01-2021 13:36

 | Yaumil Azis

Mereka yang Pernah Melampaui Rekor Ronaldo: Messi, Mo Salah, Hingga Giroud
Ekspresi kecewa Cristiano Ronaldo saat Juventus berhadapan dengan Fiorentina dalam laga lanjutan Serie A hari Rabu (23/12/2020). © AP Photo

Bola.net - Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, telah memecahkan banyak rekor di dunia sepak bola. Beberapa di antaranya bahkan terlihat sulit untuk dilampaui oleh pemain-pemain lain di masa depan.

Kendati demikian, bukan berarti rekor peraih lima trofi Ballon d'Or tersebut tidak bisa dilewati. Beberapa pemain di era sekarang pun telah membuktikannya.

Berikut ini informasi mengenai pemain-pemain yang berhasil memecahkan rekor Ronaldo, seperti yang disadur dari Give Me Sports. Nama-namanya pun tak asing di telinga, seperti Lionel Messi, Mohamed Salah hingga Olivier Giroud.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 9

Pemain Termahal di Dunia

Real Madrid pernah memecahkan rekor transfer termahal di dunia pada tahun 2009 sembilan lalu. Saat itu, klub raksasa Spanyol tersebut merekrut Ronaldo dari Manchester United dengah mahar mencapai 80 juta pounds.

Rekor tersebut bertahan sampai tahun 2013, di mana Real Madrid kembali memecahkannya dengan merekrut Gareth Bale dari Tottenham. Nilainya cukup jauh, yakni sebesar 86 juta pounds.

Sekarang rekor pemain termahal di dunia sedang dipegang oleh penyerang berkebangsaan Brasil, Neymar. Ia direkrut PSG dari Barcelona pada tahun 2017 dengan mahar sebesar 198 juta pounds.

2 dari 9

Peraih European Golden Shoes Terbanyak

Di sepanjang karirnya, Ronaldo pernah memenangkan empat Golden Shoes masing-masing pada musim 2007-08, 2010-11, 2013-14, dan 2014/15. Tiga bersama Real Madrid, dan sisanya diraih saat masih berseragam Manchester United.

Rekor tersebut bertahan sampai dipecahkan oleh rivalnya yang sedang bermain di Barcelona, Lionel Messi. Pemain berkebangsaan Argentina tersebut meraih penghargaan tersebut sebanyak enam kali di musim 2009-10, 2011-12, 2012-13, 2015-17, 2017-18 dan 2018-19.

3 dari 9

Pemain Termuda Timnas Portugal di Ajang Resmi

Cristiano Ronaldo mendapatkan kepercayaan untuk mengisi skuad Timnas Portugal pada tahun 2004 lalu. Kala itu, ia baru menunjukkan talentanya bersama Manchester United dan masih berusia 19 tahun.

Sekarang rekor tersebut tidak lagi dipegang oleh Cristiano Ronaldo, melainkan Renato Sanches. Gelandang OSC Lille tersebut dipanggil ke timnas untuk ikut serta dalam ajang Euro 2016 saat masih berusia 18 tahun.

4 dari 9

Pemain Termuda di Final Euro

Seperti yang diketahui, Ronaldo memperkuat Timnas Portugal pada tahun 2004. Portugal melaju jauh hingga ke babak final sebelum akhirnya kalah secara mengejutkan di tangan tim kuda hitam, Yunani.

Lagi-lagi, bukan Ronaldo yang memegang rekor ini sekarang. Renato Sanches menjadi pemain termuda yang pernah ikut serta dalam laga final kejuaraan tersebut pada tahun 2016, di mana Portugal berhasil keluar sebagai juara.

5 dari 9

Pencetak Gol Terbanyak dalam 1 Musim Premier League

Bakat Ronaldo dalam urusan mencetak gol terendus sejak dirinya bergabung dengan Manchester United. Pada musim 2007/08, ia berhasil mencatatkan 31 gol dari 34 penampilanya di ajang Premier League.

Banyak yang berpikir kalau rekor tersebut takkan dilewati oleh siapapun, sampai Mohamed Salah menggila bersama Liverpool. Ia berhasil mencetak 32 gol dalam 36 penampilan perdananya di kompetisi tersebut.

6 dari 9

Pencetak Gol ke Gawang Lawan Terbanyak di Liga Champions

Ronaldo pernah mencetak gol ke gawang 33 tim yang berbeda di kompetisi papan atas Eropa tersebut. Tidak heran kalau pria berusia 35 tahun itu disebut sebagai rajanya Liga Champions. Sayangnya, rekor tersebut juga telah dipecahkan Messi.

Sejauh ini, Messi sudah menjebol 36 gawang tim yang berbeda di ajang Liga Champions. Ferencvaros menjadi klub terakhir yang telah dijebol pemain berkebangsaan Argentina tersebut.

7 dari 9

Pencetak Hat-trick Tertua di Liga Champions

Pada tahun 2019, Ronaldo membantu Juventus menyingkirkan Atletico Madrid di babak 16 besar dengan mencetak hat-trick dalam leg kedua. Di usia 34 tahun, ia menjadi pemain tertua yang bisa mencatatkan hat-trick dalam kompetisi tersebut.

Sayang, rekor itu hanya bertahan selama satu tahun saja. Olivier Giroud berhasil melampauinya setelah mencetak hat-trick kala Chelsea bertemu Sevilla di fase grup pada bulan Desember 2020 kemarin.

8 dari 9

Pencetak Assist Terbanyak dalam Sejarah Real Madrid

Kerap kali, suara sumbang yang menyebut Ronaldo sebagai pemain egois terdengar lantang. Namun klaim itu dibantah dengan rekor pencetak rekor assist terbanyak Real Madrid yang pernah ia pegang.

Sampai tahun 2018, tercatat Ronaldo membukukan total 119 assist untuk Los Merengues. Namun sekarang, rekor tersebut telah berpindah tangan ke Karim Benzema yang mencatatkan 140 assist buat Madrid.

9 dari 9

Pencetak Gol Penalti Terbanyak di Serie A

Pada musim keduanya bersama Juventus, Ronaldo langsung membukukan berbagai macam rekor. Salah satunya torehan pencetak gol penalti terbanyak dalam satu musim, di mana dirinya sukses mengkonversi 12 penalti.

Rekor tersebut dicatatkan pada musim 2019/20 dan tidak bertahan lama. Sekarang rekor itu ada di tangan penyerang Lazio, Ciro Immobile (14)

(Give Me Sports)