FOLLOW US:


Mo Salah dan Sadio Mane Disebut Tidak Akan Pernah Meraih Ballon d'Or, Mengapa?

13-09-2019 13:30

 | Richard Andreas

Mo Salah dan Sadio Mane Disebut Tidak Akan Pernah Meraih Ballon d'Or, Mengapa?
Ekspresi Mohamed Salah usai membobol gawang Arsenal © AP Photo

Bola.net - Samuel Eto'o mengklaim bahwa Mohamed Salah dan Sadio Mane tidak akan pernah meraih Ballon d'Or, setidaknya tidak musim ini. Dia yakin pesepak bola Afrika masih dipandang sebelah mata.

Penghargaan tahunan yang menobatkan pemain terbaik di planet bumi setahun ke belakang ini bakal dihelat di kota Milan, Italia, untuk edisi tahun ini. Seperti biasa, nama-nama pemain yang jadi calon pemenang selalu menarik.

Tolok ukur Ballon d'Or sebenarnya cukup rancu. Terkadang trofi jadi penilaian utama, terkadang penampilan selama setahun. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi jadi langganan selama 10 tahun, sebelum akhirnya dipatahkan Luka Modric pada edisi 2018 lalu.

Sebab itu, edisi 2019 ini bisa jadi melahirkan nama berbeda. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Salah dan Mane

Jika bicara soal trofi dan performa, Eto'o yakin Salah dan Mane jelas layak dipertimbangkan. Keduanya membantu Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu dan menjadi top scorer bersama di Premier League.

Biar begitu, Eto'o yakin kedua pemain itu tidak akan menang. Dia merasa Ballon d'Or selalu mengabaikan pemain-pemain Afrika.

"Kami [pemain Afrika] hanya bagus bagi saudara-saudara kami sendiri. Kami tidak dihargai," tutur Eto'o kepada RFI via Metro.

"Itu fakta. Saya berharap saya keliru, tetapi pemenang Ballon d'Or berikutnya tidak mungkin Mane atau Salah."

2 dari 3

Tidak Ada Kejelasan

Keyakinan Eto'o itu dilandaskan pada riwayat Balon d'Or. Dia tahu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sangat kuat, tapi baginya Salah dan Mane lebih berprestasi musim lalu.

"Tidak ada penjelasan yang masuk akal bahwa Mane, Salah, atau [Pierre-Emerick] Aubameyang, tiga pencetak gol terbanyak di Premier League musim lalu mungkin tidak akan masuk dalam top 5 [Ballon d'Or]," lanjut Eto'o.

"Messi dan Ronaldo sangat kuat, tetapi siapa yang menjuarai Liga Champions tahun ini? Mane dan Salah," tandasnya.

3 dari 3

Pemain Afrika

Faktanya, pemain Afrika terakhir dan satu-satunya yang pernah meraih Ballon d'Or adalah George Weah pada tahun 1995 lalu usai penampilan luar biasa bersama PSG dan AC Milan.

Sejak saat itu, tidak pernah ada pemain Afrika lain yang bisa menembus top 3 pada pemungutan suara Ballon d'Or sampai saat ini.

Sumber: Metro