FOLLOW US:


Profil dan Prediksi Grup G Liga Champions 2021/22

13-09-2021 12:15

 | Serafin Unus Pasi

Profil dan Prediksi Grup G Liga Champions 2021/22
Pemain Sevilla, Fernando (kiri), merayakan golnya ke gawang Real Madrid dalam laga lanjutan La Liga hari Senin (10/5/2021). © AP Photo

Bola.net - Dalam hitungan beberapa jam kedepan, gelaran turnamen paling bergengsi se Eropa akan dimulai. Champions League, akan memberikan beberapa pertandingan pembuka yang dimainkan beberapa tim besar Eropa.

Sevilla, Salzburg, dan Manchester United kedapatan bertanding sebagai slot pertama dalam melakukan pertandingan pembukaan besok malam. Beberapa tim lain sendiri juga sudah merombak dan membuat skuad mereka lebih matang untuk mendapatkan trofi tersebut.

Selain itu, pembagian grup yang cukup merata akan membuat babak selanjutnya lebih menarik. Grup G salah satunya. Diisi oleh tim yang sangat rata menjadikan grup ini semakin seru, sebagai catatan grup ini diisi oleh, Sevilla sebagai perwakilan Spanyol, Lille sebagai perwakilan Prancis, FC Salzburg sebagai perwakilan Austria, dan Wolfsburg sebagai perwakilan Jerman, yang dimana keempatnya memiliki kekuatan yang rata.

Meskipun tidak seketat persaingan grup b, setidaknya grup g jauh lebih merata dari segi kekuatan dan sulit untuk menebak siapa yang mampu lolos dari grup ini. Berikut kami sajikan lengkap profil grup G.

1 dari 5

Tim Unggulan: VFL Wolfsburg

Tim Unggulan: VFL Wolfsburg
Wolfsburg © AP Photo

Menjadi tim paling konsisten pada empat pertandingan perdana Bundesliga Jerman, bukanlah hal mudah. Saat ini Wolfsburg terpaut meraih empat kemenangan dari empat pertandingan mereka di ajang Bundesliga.

15 September nanti, Wolfsburg akan bertemu dengan penghuni kuat asal Prancis, Lille. Jika melihat dari segi kematangan dan kesiapan, Wolfsburg lebih kuat ketimbang Lille, musim ini Lille berada di posisi 12 klasemen Ligue 1 dengan catatan hanya satu kali menang, dua kali seri dan dua kali kalah dari lima pertandingan. Sedangkan Wolfsburg saat ini sedang menduduki posisi teratas Bundesliga.

Meski begitu Wolfsburg harus tetap waspada dari kekuatan Sevilla yang memiliki catatan baik saat bermain di kompetisi besar Eropa. Selain itu, mereka juga perlu mewaspadai Salzburg yang merupakan tim kuda hitam, jika Wolfsburg mampu bermain konsisten seperti yang mereka lakukan di Bundesliga, mereka akan lolos dengan mudah sebagai posisi teratas, tetapi jika mereka angin - anginan, jelas ketiga tim lainnya akan memperebutkan posisi tersebut.

2 dari 5

Tim Kuda Hitam: FC Salzburg

Tim Kuda Hitam: FC Salzburg
Selebrasi pemain RB Salzburg, Brenden Aaronson usai mencetak gol ke gawang Brondy di playoff Liga Champions 2021-2022. © AP Photo

Sama seperti Wolfsburg, saat ini Salzburg menduduki posisi pertama klasemen Bundesliga Austria, FC Salzburg bisa menjadi tim kuda hitam dan mimpi buruk bagi penghuni grup g.

Skuad yang diisi oleh banyak pemain muda yang sangat semangat dan terampil dalam berkompetisi, menjadikan mereka menjadi tim yang akan menyulitkan beberapa tim besar yang bertemu dengan Salzburg. Selain itu performa dari Karim Adeyemi yang sangat hebat, jelas akan menjadi teror bagi ketiga tim penghuni grup g.

Pada pertandingan perdana melawan Sevilla, besok malam, akan menjadi laga penentuan bagaimana skuad yang dulu pernah membesarkan nama Erling Haaland ini, akan membuktikan bagaimana mereka bisa menjadi tim yang tidak dipandang sebelah mata oleh seluruh penghuni grup G.

3 dari 5

Calon Pemain Bintang: Erik Lamela

Calon Pemain Bintang: Erik Lamela
Erik Lamela © tot

Mantan winger Spurs ini masih membuktikan dirinya masih pantas disebut sebagai salah satu bintang utama. Dirinya yang baru bergabung pada musim panas lalu, langsung mencatatkan dirinya sebagai top skor sementara Sevilla dengan tiga gol.

Erik Lamela sendiri berkontribusi dalam tiga gol tersebut dari tiga pertandingan terakhir yang ia jalani, selain itu ia juga membantu klub Spanyol tersebut mencatatkan hasil belum pernah kalah pada tiga pertandingan terakhir La Liga dengan dua kemenangan dan satu kali seri.

Meskipun dirinya belum pernah tampil sebagai starting, Lamela tetap akan membuktikan penampilannya dalam laga perdananya di ajang Liga Champions melawan Salzburg besok malam.

4 dari 5

Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar: Karim Adeyemi

Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar: Karim Adeyemi
Karim Adeyemi usai mencetak gol pada laga Jerman melawan Armenia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa © AP Photo

Striker muda berusia 19 tahun tersebut saat ini sedang mengalami kenaikan karir bersama Salzburg. Ia sudah menorehkan tujuh gol dari 10 pertandingan terakhir, enam gol diantaranya dicetak dari Bundesliga Austria yang menjadikan dirinya top skor sementara milik Salzburg musim ini.

Memiliki kecepatan dan dribbling yang bagus menjadikan dirinya sebagai penggerak sekaligus pencetak gol bagi Salzburg dan sebagai suksesor Erling Haaland.

Karim Adeyemi sendiri bisa menjadi tumpuan utama yang siap meneror gawang lawan-lawannya pada grup g. Pertandingan besok malam kontra Sevilla, akan menjadi ajang sejauh mana dirinya bisa disebut sebagai salah satu pemain muda paling potensial saat ini.

5 dari 5

Prediksi

Prediksi
Uji coba AS Roma vs Sevilla, Minggu (1/8/2021) © AS Roma Official

Berbicara Prediksi, kemungkinan besar peringkat satu akan diisi oleh Wolfsburg, tetapi Sevilla yang juga tampil apik dan belum mengalami kekalahan bisa saja menempati posisi tersebut. Namun saat ini statistik Wolfsburg yang selalu mendapatkan kemenangan menjadi jawaban utama mengapa mereka lebih layak menduduki peringkat pertama.

Posisi kedua akan menjadi ajang perebutan Sevilla dan tim kuda hitam RB Salzburg, keduanya memiliki potensi besar menduduki peringkat dua dan ketiga dan masih sulit untuk menentukan siapa yang berada di posisi kedua menemani Wolfsburg, yang jelas pertandingan perdana dari Sevilla yang bertemu Salzburg pada besok malam, akan menjadi jawabannya.

Posisi juru kunci memang tidak seratus persen akan disinggahi oleh Lille, tetapi berdasarkan catatan mereka dalam beberapa laga awal, Lille yang memiliki kemungkinan besar menduduki posisi tersebut ketimbang tiga lawannya.

(Bola.net/Risditiya)