FOLLOW US:


Profil Singkat Kandidat Peraih Golden Boy 2020 (Bagian 5)

16-10-2020 18:55

 | Serafin Unus Pasi

Profil Singkat Kandidat Peraih Golden Boy 2020 (Bagian 5)
Penyerang muda Real Madrid, Vinicius Junior. © AP Photo

Bola.net - Finalis Golden Boy 2020 kali ini tidak hanya berisikan pemain-pemain dari Liga teratas saja. Ada satu nama yang berasal dari Bundesliga Austria yaitu Dominik Szoboszlai yang tampil mengkilap bersama RB Salzburg.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa pemain dari mana pun bisa mendapatkan kesempatan meraih penghargaan bergengsi seperti Golden Boy 2020. Bersamanya ada 20 nama lain yang siap bersaing memperebutkan pengghargaan tersebut.

Pemain-pemain ini bukan tidak mungkin nantinya bisa menjadi bintang sepak bola seperti Lionel Messi yang pernah memenangkan penghargaan serupa. Menjadi finalis Golden Boy juga tentu membuat nama pemain-pemain ini akan menjadi sorotan ke depannya.

Di bagian ini ada empat nama termasuk Dominik Szoboszlai yang siap menyusul Kylian Mbappe, Matthijs de Ligt dan Joao Felix sebagai pemain muda terbaik. Penghargaan yang sangat dibutuhkan untuk memberikan kepercayaan lebih bagi pesepak bola muda.

Bersama Dominik Szoboszlai ada Sandro Tonali, Ferran Torres dan Vinicius yang ikut menjadi finalis Golden Boy 2020. Simak ulasan keempat pemain tersebut di bawah ini Bolaneters.

1 dari 4

17. Dominik Szoboszlai (RB Salzburg)

17. Dominik Szoboszlai (RB Salzburg)
Dominik Szoboszlai (kanan) © AP Photo

Dominik Szoboszlai musim lalu menjadi salah satu pesepak bola muda yang menonjol. Bersama RB Salzburg pemain 19 tahun ini berhasil tampil untuk tim utama. Szoboszlai tampil di 40 pertandingan Salzburg, kontribusinya begitu besar untuk tim berupa 12 gol dan 18 assists.

Berkat performanya Szoboszlai sempat dikatakan sebagai Paul Pogba dari Hungaria. Penampilannya tersebut juga yang membuat pemuda asal Hungaria ini dipantau klub besar Eropa. Arsenal AC Milan, dan Napoli sempat dikabarkan tertarik mendatangkan pemain muda tersebut.

Dominik Szoboszlai juga berhasil menembus timnas Hungaria ketika usianya masih 18 tahun. Sebagai gelandang, Szoboszlai memiliki fisik dan kecepatan yang mumpuni serta umpan-umpan yang mematikan.

2 dari 4

18. Sandro Tonali (AC Milan/Brescia)

18. Sandro Tonali (AC Milan/Brescia)
Sandro Tonali © AP Photo

Sandro Tonali memiliki skill yang mumpuni sebagai gelandang bertahan muda. Dirinya bahkan dinilai memiliki keeleganan seperti Andrea Pirlo dan ketegasan seperti Gennaro Gattuso. Sebagai penjaga lini tengah Sandro Tonali mampu mengatur serangan serta mahir mengeksekusi bola mati.

Kemampuan yang membuat dirinya diperebutkan AC Milan dan Inter Milan. Sandro Tonali yang menjadi bagian penting di Brescia kemudian akhirnya memilih AC Milan sebagai pelabuhan selanjutnya.

Di AC Milan, Tonali dipinjam terlebih dahulu dengan biaya 10 juta euro dan opsi pembelian di akhir musim sebesar 20 juta euro. Sandro Tonali pun telah diturunkan sebanyak enam kali di AC Milan musim ini.

3 dari 4

19. Ferran Torres (Manchester City)

19. Ferran Torres (Manchester City)
Pemain baru Manchester City, Ferran Torres. © mancity.com

Manchester City nampaknya tidak perlu pusing dengan kepergian Leroy Sane. City telah mendapatkan pengganti yang sepadan dalam diri Ferran Torres. Winger berusia 20 tahun ini memiliki kecepatan dan kemampuan dribel yang sangat baik.

Di usianya yang masih muda, Ferran Torres musim lalu mampu tampil reguler bersama Valencia. City pun akhirnya menebus Torres sebesar 23 juta euro untuk mengangkutnya. Musim ini, Ferran Torres pun telah unjuk kebolehan dan tampil di lima laga City.

Di Carabao Cup, Torres telah melesakkan satu gol dan satu assists di dua kali penampilannya. Sedangkan di Premier League dari tiga penampilannya, Torres memberikan satu assists.

4 dari 4

20. Vinicius Junior (Real Madrid)

20. Vinicius Junior (Real Madrid)
Vinicius Junior © AP Photo

Real Madrid menebus mahal Vinicius dari Flamengo pada 2018 lalu. Dibeli seharga 45 juta euro, Vinicius tidak langsung memberikan dampak instan untuk Real Madrid. Namun, Vinicius cukup sering diberikan kesempatan musim lalu dan telah tampil 38 kali di semua kompetisi.

Vinicius menjadi salah satu alasan Real Madrid bisa mengudeta posisi puncak pasca lockdown. Dirinya lebih tampil berani dan bisa menusuk ke kotak penalti lawan. Dari penampilannya Vinicius memberikan lima gol dan empat assists untuk Real Madrid.

Musim ini Vinicius tampil lebih menjanjikan dan telah mencetak dua gol dari tiga laganya di La Liga. Vinicius Junior juga merupakan salah satu pemain muda dengan nilai jual yang tinggi. Kini market value yang dimilikinya sebesar 50 juta euro.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)