FOLLOW US:


Singgung Madrid dan MU, Masih Ingat Komentar Mourinho Saat Porto Juara UCL 2004?

27-05-2020 03:00

 | Richard Andreas

Singgung Madrid dan MU, Masih Ingat Komentar Mourinho Saat Porto Juara UCL 2004?
Jose Mourinho © AFP

Bola.net - Porto menjuarai Liga Champions 2004 dengan mengalahkan AS Monaco (3-0) di partai final. Namun, pertandingan itu mungkin tak lebih dari seremonial belaka di mata sang pelatih, Jose Mourinho.

Artinya, Mourinho percaya timnya sudah juara jauh sebelum pertandingan itu. Memang kepercayaan diri Mourinho terkadang berlebihan, tapi sepertinya kasus kali ini mudah dipahami.

Betapa tidak, dia menuntun tim yang berisikan pemain-pemain kelas menengah, yang bahkan namanya baru terdengar setelah jadi juara. Memang ada beberapa pemain berbakat, tapi keberhasilan Porto lebih karena taktik genius Mourinho.

Perjalanan Porto pun tidak mudah, harus melawan tim-tim sekuat Real Madrid dan Manchester United. Inilah yang membuat Mourinho yakin timnya bisa jadi juara.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 5

Madrid dan MU

Bagi Mourinho, kemenangan Porto sudah dipastikan jauh sebelum laga final. Dia sudah memercayai kekuatan skuadnya ketika mereka berhasil menahan imbang Real Madrid di Santiago Bernabeu pada laga terakhir fase grup.

Benar, saat itu Porto berhasil jadi runner-up Grup F usai menahan imbang Madrid di laga terakhir. Nahasnya mereka harus menghadapi Manchester United di babak 16 besar, jelas duel sulit.

Saat itusemua memprediksi Porto bakal dihajar, jelas prediksi yang masuk akal. Namun, faktanya Porto bisa memetik kemenangan 2-1 di kandang dan bermain imbang 1-1 di Old Trafford.

2 dari 5

Bisa Mengalahkan Siapa pun

Sejak saat itulah kepercayaan diri skuad Porto meluap-luap. Sejak saat itulah mereka yakin bakal jadi juara, jauh sebelum memastikan langkah ke partai final.

"Kami pergi ke Bernabeu dan bisa bermaiun imbang, kami pergi dengan perasaan baik. Lalu kami harus menghadapi Manchester United, kami pergi ke sana dan mencetak sejarah: tertinggal sampai menit ke-90 lalu mencetak gol di menit ke-91 dan lolos," buka Mourinho di laman resmi UEFA.

"Kami lolos di Old Trafford dan kami merasa jika kami bisa mengalahkan tim sekelas MU, kami pasti bisa menggulingkan tim mana pun."

3 dari 5

Tidak Seperti Final

Akhirnya, kepercayaan diri skuad Porto itu terbukti di partai final. Mereka menang telak, Monaco tidak berdaya menghadapi gol-gol Carlos Alberto (39), Deco (71), dan Dmitri Alenichev (75).

"Kami merasa tidak akan melakukan kesalahan. Kami berhasil lolos dan menang dengan tenang. Saya selalu berkata bahwa saya tidak merayakannya bak laga final, sebab memang tidak terasa seperti final Liga Champions -- pertandingan itu sangat tenang dan terkontrol," imbuh Mou.

"Laga itu masih tidak terasa seperti final besar Eropa setelah wasit meniup peluit panjang. Saya sudah merasa jadi raja Eropa jauh sebelum pertandingan itu berakhir," tutupnya.

4 dari 5

Data dan Fakta Porto Juara 2004

Monaco XI: Roma; Evra, Givet (72' Squillaci), Rodriguez, Ibarra; Zikos, Bernardi, Cisse (64' Nonda); Rothen, Morientes, Giuly (23' Prso)

Porto XI: Vitor Baia; Valente, Carvalho, Jorge Costa, Paulo Ferreira; Costinha, Maniche, Pedro Mendes, Deco (85' Emanuel); Derlei (78' McCarthy), Carlos Alberto (60' Alenichev)

5 dari 5

Statistik Monaco - Porto

Gol: 0 - 3
Shots: 8 - 6
On target: 0 - 4
Possession: 55% - 45%
Fouls: 17 - 20
Offsides: 19 - 11

Sumber: UEFA