FOLLOW US:


Termasuk Diego Costa, Ini Empat Bintang yang Sempat Berseragam Atletico dan Chelsea

23-02-2021 11:15

 | Gia Yuda Pradana

Termasuk Diego Costa, Ini Empat Bintang yang Sempat Berseragam Atletico dan Chelsea
Diego Costa © PA via AP Photo

Bola.net - Atletico Madrid akan menghadapi Chelsea pada Babak 16 Besar Liga Champions 2020/2021. Pertandingan leg pertama ini akan dihelat di Arena Nationala, Rabu (24/02) dini hari WIB.

Bagi kedua tim tersebut, pertemuan pada tengah pekan ini akan menjadi yang kedelapan. Di ajang Liga Champions, kedua tim ini sempat bertemu enam kali. Sementara, pada UEFA Super Cup, kedua tim sempat sekali bersua.

Pertemuan antara kedua tim ini hampir bisa dipastikan akan berlangsung sengit. Pasalnya, kedua tim ini sama-sama tim papan atas di kompetisi-kompetisi terbaik di dunia.

Status sebagai klub papan atas di kompetisi-kompetisi terbaik dunia ini juga yang menjadi magnet bagi sejumlah pemain untuk bergabung dengan Atletico dan Chelsea. Bahkan, ada sejumlah pemain yang beruntung sempat memperkuat kedua klub tersebut sepanjang perjalanan karier mereka.

Siapa saja para pemain yang sempat memperkuat Atletico dan Chelsea? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4

Alvaro Morata

Alvaro Morata
Alvaro Morata © AP Photo

Morata bergabung dengan Chelsea pada 19 Juli 2017. Ia dipinang dari Real Madrid dengan banderol sebesar 60 juta Pounds.

Semusim setengah memperkuat The Blues, Morata sempat tampil 72 kali dan mencetak 24 gol. Ia pun membantu Chelsea memenangi gelar juara Piala FA musim 2017/2018.

Pertengahan musim 2018/2019, Morata dipinjamkan ke Atletico Madrid dnegan durasi 18 bulan. Namun, pada 6 Juli 2019, Los Colchoneros memilih untuk mempermanenkan Morata dengan mahar sebesar 58 juta Pounds. Bersama Atletico, Morata sempat tampil 61 kali dan mencetak 22 gol.

Pada 22 September 2020, Morata meninggalkan Atletico dan bergabung dengan Juventus sebagai pemain pinjaman.

2 dari 4

Diego Costa

Diego Costa
Diego Costa dan Antonio Conte © PL

Diego Costa menandatangani kontrak dengan Atletico Madrid pada 2007. Namun, sebelum bergabung dengan tim inti Los Colchoneros, ia menghabiskan tiga musim pertamanya sebagai pemain pinjaman. Baru pada 2010 pemain kelahiran Brasil ini bisa bergabung ke tim utama Atletico.

Meski sempat diganggu cedera, performa Costa bersama Atletico terbilang moncer. Ia mencetak 64 gol dalam 135 penampilannya berseragam Los Colchoneros.

Ia membantu Atletico meraih satu gelar juara La liga, satu gelar juara Piala Raja, satu gelar juara Liga Europa, dan tiga trofi UEFA Super Cup.

1 Juli 2014, Costa meninggalkan Atletico Madrid dan bergabung ke kubu Chelsea. Ia dipinang dengan mahar 32 juta Pounds. Sama seperti di Atletico, perjalanan Costa di Atletico pun dihantui cedera. Namun ini tak menghalanginya tampil moncer bersama The Blues. Ia sempat bermain 120 kali dan mencetak 59 gol selama tiga setengah musim memperkuat Chelsea.

Bersama Chelsea, ia sukses meraih dua gelar juara Premier League dan satu trofi Piala Liga.

Pada 26 September, Costa dipastikan meninggalkan Chelsea dan pulang kampung ke Atletico Madrid. Ia memperkuat Los Colchoneros sampai memilih untuk mengakhiri kontrak dengan klub tersebut pada akhir Desember 2020 lalu.

Dalam masa keduanya memperkuat Atletico, Costa sempat tampil 81 kali dan mencetak 19 gol.

3 dari 4

Thibaut Courtois

Thibaut Courtois
Thibaut Courtois © AFP

Courtouis bergabung dengan Chelsea pada Juli 2011. Ia dipinang dari Genk dengan banderol sebesar 9 juta Euro.

Usai dipinang, Courtois tak langsung mendapat tempat di tim inti Chelsea. Ia justru dipinjamkan ke Atletico Madrid. Mulanya, masa peminjaman kiper asal Belgia ini hanya semusim. Namun, pada musim berikutnya, masa peminjaman Courtois diperpanjang lagi dua musim.

Bersama Atletico, ia membantu klub tersebut meraih satu gelar juara La Liga, satu gelar juara Piala Raja, satu trofi Liga Europa, dan satu trofi UEFA Super Cup.

Pada Juni 2014, Courtois akhirnya kembali ke Chelsea. ia sukses mempertahankan performa apik, yang sebelumnya ia tunjukkan kala memperkuat Atletico Madrid. Dalam empat musim bersama Chelsea, ia dipercaya 154 kali tampil.

Berseragam The Blues, Courtois sukses membawa klub tersebut meraih dua gelar juara Premier League, satu trofi Piala FA, dan satu trofi Piala Liga.

4 dari 4

Fernando Torres

Fernando Torres
Fernando Torres © AFP

Torres mengawali karier sepak bolanya bersama Atletico Madrid. Pada 1999, ia menandatangani kontrak profesionalnya bersama Los Colchoneros. Ia kemudian melakoni debutnya bersama tim tersebut pada 27 Mei 2001.

Torres kemudian berhasil mendapat satu tempat di lini depan Atletico dan berperan membawa timnya promosi ke La Liga.

Di La Liga, performa Torres kian moncer. Ia menjadi pendulang gol Los Colchoneros. Selama tujuh musim berseragam Atletico, Torres mencetak 91 gol dari 244 penampilannya.

Pada Juli 2007, Torres meninggalkan Atletico untuk bergabung dengan Liverpool. Ia bersama The Reds sampai 2011, ketika bergabung dengan Chelsea.

Sayangnya, bersama The Blues, performa Torres tak begitu moncer. Ia kerap dikritik karena sering membuang peluang yang didapat. Selama 172 kali penampilan bersama Chelsea, ia mencetak 45 gol.

Torres sendiri kemudian dipinjamkan ke AC Milan dan Atletico Madrid. Pada 2016/2017, ia dipermanen oleh Atletico Madrid dan bertahan di klub tersebut sampai pengujung musim 2017/2018.

Selama memperkuat Atletico pada termin kedua ini, Torres sempat tampil 160 kali dan mencetak 38 gol.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)