FOLLOW US:


The Great Wall! Tak Ada Lawan yang Bisa Melewati Virgil van Dijk dalam 64 Laga

03-06-2019 23:30

 | Richard Andreas

The Great Wall! Tak Ada Lawan yang Bisa Melewati Virgil van Dijk dalam 64 Laga
Virgil van Dijk vs Lionel Messi © AP Photo

Bola.net - Kukuhnya pertahanan Liverpool yang dikawal Virgil van Dijk telah menjadi rahasia umum. Bek tengah berdarah Belanda ini berperan penting pada keberhasilan The Reds musim ini: runner-up Premier League dan juara Liga Champions.

Bek berusia 27 tahun ini dinobatkan sebagai PFA Player of the Year pada April lalu, alias pemain terbaik Premier League musim ini. Van Dijk juga dinobatkan sebagai man of the match final Liga Champions saat Liverpool mengalahkan Tottenham 2-0.

Van Dijk terus memberikan performa konsisten di level tinggi dan saat ini dia bahkan dijagokan sebagai peraih Ballon d'Or tahun ini. Van Dijk sudah layak disebut sebagai salah satu bek tengah terbaik di dunia.

Tercatat, Liverpool menorehkan rekor defensif terbaik di Premier League 2018/19. Mereka hanya kebobolan 22 gol dan mencatatkan 21 clean sheets - salah satu peran krusial Van Dijk.

Biar begitu, mungkin satu catatan yang merangkum musim hebatnya adalah fakta bahwa tidak ada pemain yang bisa melewati Van Dijk dalam 64 pertandingan terakhir di semua kompetisi. Menurut Opta, Van Dijk sangat sulit ditembus.

Sergio Aguero, Eden Hazard, Harry Kane, dan bahkan Lionel Messi telah mencobanya. Tak ada satu pun yang berhasil. Melewati Van Dijk terkesan mustahil.

Statistik itu luar biasa, dan mungkin hanya dia yang bisa melakukannya. Van Dijk siap untuk Ballon d'Or.

Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 1

Partner Van Dijk

Kekuatan Van Dijk sungguh mendongkrak permainan Liverpool secara keseluruhan. Kehadirannya langsung meningkatkan kepercayaan diri bek-bek lain yang bermain bersamanya, Liverpool jadi bisa bermain lebih tenang.

"Anda bisa menulis buku soal kemampuannya, kekuatannya, betapa saya menyukai dia, sungguh dia pria yang luar biasa," ujar Jurgen Klopp soal Van Dijk, Maret lalu via Sky Sports.

Biar begitu, kekuatan pertahanan Liverpool belum maksimal. Van Dijk belum mendapatkan partner yang sepadan. Musim ini dia memimpin Joe Gomez dan Joel Matip pada banyak pertandingan.

Liverpool mungkin saja mendatangkan rekan yang sempurna untuk Van Dijk. Nama Matthijs de Ligt dipertimbangkan, keduanya merupakan pilar utama pertahanan timnas Belanda.