FOLLOW US:


Tidak Suka Cristiano Ronaldo? Iri Bilang Bos!

11-06-2020 06:20

 | Richard Andreas

Tidak Suka Cristiano Ronaldo? Iri Bilang Bos!
Cristiano Ronaldo © AP Photo

Bola.net - Sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, Cristiano Ronaldo tidak hanya diidolakan jutaan fans di seluruh dunia. Dia pun harus menghadapi ujaran kebencian dari mereka yang tidak menyukainya karena alasan tertentu.

Mereka yang mengenal Ronaldo dari dekat pasti sulit mencari alasan untuk membenci kapten Portugal itu, sebagaimana cerita mantan pemain Timnas Portugal, Costinha. Dia memahami betapa besarnya kerja keras Ronaldo untuk jadi pemain seperti sekarang.

Dari luar, Ronaldo tampak seperti pemain egois yang ingin menang sendiri. Bahkan Ronaldo beberapa kali pernah memarahi rekannya karena menyodorkan umpan buruk atau gagal melihat pergerakannya.

Biar begitu, bagi Costinha, sifat Ronaldo yang tampak buruk itu justru jadi bukti kerja keras Ronaldo untuk selalu jadi yang terbaik. Ronaldo menuntut rekan-rekannya jadi lebih baik, bukan mengkritik mereka.

Mengapa Costinha berani berkata demikian? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3

Harus Sempurna

Costinha tidak bicara asal, dia pernah menyaksikan langsung latihan keras Ronaldo pada tahun 2012 lalu. Kala itu, Costinha secra khusus diundang Jose Mourinho untuk menghadiri sesi latihan Madrid sebelum duel leg kedua semifinal Liga Champions kontra Bayern Munchen.

Saat itu Costinha kebetulan tiba di sesi latihan menembak. Setiap pemain diberi kesempatan 20 tembakan, dan saat itulah dia memahami mentalitas Ronaldo.

"Pemain-pemain Madrid menembak ke arah kiper dan dalam 20 tembakan, dia [Ronaldo] hanya meleset satu kali. Sebagian besar pemain lain meleset 6-10 kali," buka Costinha kepada Goal internasional.

"Ketika Ronaldo meleset, pemain-pemain lain langsung meledeknya dan Ronaldo jadi sangat kesal. Lalu dia mengambil sekarung bola dan mulai latihan menembak seorang diri."

2 dari 3

Karakter Ronaldo

Saat itulah Costinha memahami karakter Ronaldo yang sebenarnya. Mungkin Ronaldo sering tampak kesal pada rekannya di lapangan, tapi sebenarnya rekan-rekan Ronaldo sudah sangat memahami karakter itu.

"Dia tidak membiarkan diri gagal memaksimalkan satu kesempatan, itu sangat penting. Beberapa orang melihatnya kesal di lapangan hanya karena umpan yang buruk, mereka salah paham. Memang karakternya seperti itu," sambung Costinha.

"Saya bahkan sampai bertanya pada Mourinho setelah latihan: 'Apa yang terjadi dengan Cristiano?' Dia berkata bahwa Ronaldo hanya perlu dibiarkan dan dengan begitu bakal siap bermain."

3 dari 3

Hanya Mereka yang Iri

Karena itulah Costinha merasa karakter Ronaldo luar biasa. Sulit membenci seseorang yang bekerja sangat keras untuk mendekati kesempurnaan. Menurutnya, mereka yang membenci Ronaldo hanya iri karena tidak bisa melakukannya sendiri.

"Tidak mungkin tidak menyukai Ronaldo, kecuali Anda iri. Dia sungguh rendah hati dan saya senang mlihat kesuksesannya sekarang. Saya menyaksikan sendiri kerja kerasnya untuk jadi yang terbaik," tutup Costinha.

Sumber: Goal