FOLLOW US:


Tujuh Pemain, Termasuk Luis Suarez, dengan Klausa Kontrak Unik

16-11-2020 19:31

 | Serafin Unus Pasi

Tujuh Pemain, Termasuk Luis Suarez, dengan Klausa Kontrak Unik
Striker Atletico Madrid Luis Suarez. © AP Photo

Bola.net - Kontrak merupakan hal yang sangat penting bagi kerja sama antara pemain dan klub. Bagi pemain, kontrak merupakan panduan hak dan kewajibannya selama memperkuat klub tersebut.

Umumnya, kontrak memiliki format seragam. Selain mencantumkan hak dan kewajiban masing-masing pihak, ada beberapa hal yang juga bisa dicantumkan dalam kontrak.

Untuk pemain yang dinilai memiliki potensi bersinar pada masa mendatang, biasanya ada klausa beli kembali. Lalu, untuk pemain muda, biasanya ada klausa persentase penjualan lagi. Selain itu, juga ada yang namanya release clause (klausa pelepasan). Klausa ini mengatur besaran minimal tawaran dari klub lain yang membuat klub pemilik harus mengizinkan si pemain untuk bernegosiasi.

Namun, selain klausa-klausa tersebut, ada juga klausa-klausa tambahan. Klausa-klausa ini biasanya disesuaikan dengan permintaan khusus klub atau si pemain.

Bola.net merangkum sejumlah klausa unik yang ada di dalam kontrak sejumlah pesepak bola dunia. Apa saja klausa-klausa unik tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 7

Stefan Schwarz - Larangan ke Luar Angkasa

Ketika pertama bergabung dengan Sunderland dari Valencia pada 1999, Schwarz juga menunjukkan hasratnya untuk menjajal petualangan ke luar angkasa. Ia mempertimbangkan untuk mengikuti program penerbangan komersial ke luar angkasa.

Manajemen Sunderland menilai bahwa petualangan ke luar angkasa ini terlalu berisiko. Mereka memasukkan klausa larangan pergi ke luar angkasa ini dalam kontrak pemain asal Swedia tersebut.

2 dari 7

Dennis Bergkamp - Klausa Enggan Terbang

Dennis Bergkamp - Klausa Enggan Terbang
Dennis Bergkamp © Arsenal.com

Kontras dengan Schwarz yang ingin terbang ke luar angkasa, Dennis Bergkamp justru takut dengan yang namanya terbang. Layaklah, pemain yang berjuluk Non-flying Dutchman ini memasukkan klausa enggan terbang dalam kontrak kerjanya.

Dalam laga tandang, Bergkamp biasanya menggunakan sarana transportasi lain, selain pesawat. Jika rekan-rekannya berangkat naik pesawat, Bergkamp memilih berangkat dengan mobil, bus, atau kereta api.

Akibat ketakutannya naik pesawat, konon, Bergkamp pernah meminta kepada Pelatih Timnas Belanda, Guus Hiddink, agar tak dipanggil ke untuk menghadapi Turki dan San Marino pada kualifikasi Piala Dunia, awal 1997 silam.

3 dari 7

Ronaldinho - Libur Dua Hari

Ronaldinho - Libur Dua Hari
Ronaldinho © AFP

Ronaldinho dikenal sebagai pemain yang suka dengan berpesta. Prinsipnya, jangan sampai pekerjaan menghalangi waktu bersenang-senang.

Karenanya, pada 2011, ketika ia bergabung dengan Flamengo, Ronaldinho memasukkan klausa agar ia mendapat jatah libur dua hari dalam sepekan. Waktu dua hari inilah yang dipergunakannya untuk bersenang-senang sepanjang waktu.

4 dari 7

Stig Inge Bjornebye - Klausa Dilarang Main Ski

Bagi orang Norwegia, macam Stig Inge Bjornebye, bermain ski merupakan hal yang lazim. Terlebih lagi, ayah Bjornebye merupakan atlet ski pada ajang Olimpiade.

Namun, manajemen Liverpool menilai bahwa kegiatan ini terlalu berisiko. Bagi pesepak bola, bermain ski, khususnya ski-jumping, rentan mendatangkan cedera.

Karenanya, ketika Bjornebye bergabung, manajemen The Reds tak lupa memasukkan klausa larangan main ski dalam kontraknya. Bahkan, pemain tersebut juga dilarang mendekat sampai jarak 200 yards dari luncuran ski.

5 dari 7

Luis Suarez ? Larangan Menggigit

Luis Suarez ? Larangan Menggigit
Striker anyar Atletico Madrid, Luis Suarez. © twitter.com/Atleti

Luis Suarez memiliki reputasi buruk urusan gigit menggigit. Pemain asal Uruguay ini dikenal suka menggigit lawan bermainnya.

Otman Bakkal, Branislav Ivanovic, dan Giorgio Chiellini sempat menjadi korban dari ulah Suarez.

Melihat reputasi Suarez, manajemen Barcelona enggan berjudi. Mereka tak mau pemain tersebut mengulang lagi ulahnya ini. Karenanya, mereka disebut memasukkan klausa larangan menggigit bagi Suarez.

Namun, manajemen Barcelona belakangan menampik ada klausa larangan menggigit dalam kontrak Suarez.

6 dari 7

Mario Balotelli - Klausa Kelakuan Baik

Mario Balotelli - Klausa Kelakuan Baik
Mario Balotelli melakukan selebrasi ikonik usai mencetak gol ke gawang Manchester United pada musim 2011/2012 © Manchester City

Mario Balotelli dikenal sebagai salah seorang pemain bengal di lapangan hijau. Beragam ulah sudah pernah dilakukan pemain berkewarganegaraan Italia tersebut.

Liverpool tak ingin citra klub mereka tercoreng dengan ulah bengal Balotelli. Mereka pun tak mau rugi jika Balotelli harus absen akibat kelakuan buruknya.

Karenanya, demi mengantisipasi ulah-ulah bengal Balotelli, manajemen Liverpool memasukkan klausa kelakuan baik ke dalam kontrak Balotelli.

Balotelli bakal dilepas dari Liverpool jika ia kembali berulah. Namun, sebaliknya, ia akan mendapat bonus jika dinilai sukses menunjukkan kelakuan baiknya. Jika ia bisa menghindari tiga kartu merah dalam semusim, ia akan mendapat bonus satu juta pounds.

7 dari 7

Giuseppe Reina - Klausul Rumah Baru

Entah apa yang ada di pikiran Giuseppe Reina ketika mengajukan permintaan mendapat rumah baru setiap tahun selama masa kontraknya di Arminia Bielefeld. Bisa jadi pemain asal Jerman ini tertarik membuka usaha rumah kos.

Lebih aneh lagi, permintaan ini dipenuhi manajemen Bielefeld. Mereka sepakat membangunkan rumah bagi pemain kelahiran 15 April 1972 ini setiap tahun selama masa kontraknya.

Namun, manajemen Bielefeld cerdik. Karena dalam klausa tersebut tak disebutkan secara rinci ukuran dan jenis rumah seperti apa yang harus dibangun bagi Reina, mereka membangunkan rumah dari lego. Total, Reina mendapat tiga rumah dari lego selama masa baktinya di Bielefeld.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)