FOLLOW US:


UEFA Tetap Lindungi Wasit Barca-PSG Meski Kinerjanya Buruk

23-03-2017 04:16
UEFA Tetap Lindungi Wasit Barca-PSG Meski Kinerjanya Buruk
Deniz Aytekin. © AFP

Bola.net - Kontroversi yang mengalir dari pertandingan antara Barcelona melawan PSG nampaknya belum berakhir juga. Banyak yang mempermasalahkan kinerja wasit Deniz Aytekin asal Jerman yang dinilai berat sebelah dan menguntungkan Barcelona.

Pihak PSG kabarnya sudah mengajukan surat protes resmi kepada UEFA atas kinerja Aytekin. PSG mempertanyakan beberapa keputusan Aytekin yang merugikan mereka hingga tersingkir dari Liga Champions. Dua keputusan yang paling dipermasalahkan adalah tekling Javier Mascherano terhadap Di Maria dan diving Luis Suarez yang berbuah penalti pada injury time.

Bahkan ada fan dari Spanyol yang sangat kecewa dengan kinerja wasit itu hingga ia membuat petisi agar laga itu diulang. Petisi itu sudah mendapatkan lebih dari 250 ribu tanda tangan.

Lalu sempat muncul rumor bahwa pihak UEFA, terutama Komite Wasit UEFA, berencana menghukum Aytekin akibat kinerja buruk itu. Pierluigi Collina, bos para wasit Eropa, dikabarkan sangat kesal dengan buruknya performa Aytekin dalam laga itu. Namun hal itu dibantah oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Meski mengakui bahwa kinerja Aytekin memang buruk, namun ia tidak akan menghukum sang wasit. Ceferin hanya akan melakukan diskusi dengan sang wasit.

"Kami tidak akan menghukum wasit dari pertandingan Barcelona melawan PSG, dia tidak dihukum. Ketika ada yang berjalan tidak beres, kami mendiskusikannya, tapi tidak akan ada hukuman. Kalau dihukum, nantinya akan seperti menjatuhkan hukuman larangan bertanding kepada pemain yang gagal mengeksekusi penalti. Harusnya pemain dicadangkan saja kalau sering gagal mencetak gol dari titik penalti," terang Ceferin kepada AFP.

Pada pertandingan itu, Barcelona berhasil meraih kemenangan 6-1 atas PSG. Tiga gol di antaranya dicetak pada menit-menit akhir pertandingan, semuanya diawali dari bola mati.