FOLLOW US:


Ungguli Messi dan Ronaldo, Lewandowski jadi Top Skorer Paling Oportunis

08-04-2021 18:12

 | Serafin Unus Pasi

Ungguli Messi dan Ronaldo, Lewandowski jadi Top Skorer Paling Oportunis
Penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski © Bundesliga

Bola.net - Robert Lewandowski terbukti sebagai penyerang yang paling layak diwaspadai di dataran Eropa saat ini. Bahkan, urusan kemampuan memanfaatkan peluang yang dimiliki, penyerang Bayern Muenchen tersebut sukses mengalahkan dua sosok yang disebut sebagai pemain terbaik dunia saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Saat ini, Lewandowski memimpin daftar pencetak gol sementara Bundesliga. Pemain berusia 32 tahun ini mencetak 35 gol, paling banyak di antara para top skorer sementara di liga papan atas Eropa.

Sementara, menurut perhitungan Understat, secara total, pemain asal Polandia ini memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 26,27. Ini artinya, Lewandowski pun merupakan sosok pemain yang sejauh ini paling banyak menciptakan peluang-peluang berkualitas di antara para top skorer sementara di liga papan atas Eropa.

Dari pengolahan data tersebut, Lewandowski rata-rata mencetak gol 1,33 kali lebih besar ketimbang nilai xG yang ia miliki. Nilai ini menjadikannya sebagai sosok yang paling oportunis memanfaatkan peluang di antara para top skorer sementara di liga papan atas Eropa.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3

Gol dan Peluang Terbanyak Dibanding Menit Bermain

Tak hanya mampu mencetak gol dan peluang terbanyak dibanding para top skorer sementara di liga papan atas Eropa, Lewandowski juga mencetak gol dan peluang terbanyak jika memasukkan faktor menit bermain.

Sejauh ini, menurut catatan Understat, Lewandowski bermain selama 2107 menit. Artinya, dalam tiap menit, ia mencetak 0,0124 peluang dan 0,016 gol.

2 dari 3

Ronaldo dan Messi Tercecer

Untuk urusan kemampuan memanfaatkan peluang menjadi gol, Ronaldo dan Messi harus menjura kepada Lewandowski. Jika Lewandowski menempati peringkat pertama, Messi hanya menempati peringkat ketiga. Sementara, Ronaldo hanya berada di posisi lima.

Messi sejauh ini mencetak 23 gol dari peluang-peluang bernilai xG -yang menurut Understat- sebesar 20,8. Artinya, Messi rata-rata mencetak gol 1,1 kali lebih besar ketimbang peluang yang ia miliki.

Sementara, Ronaldo saat ini mencetak 24 gol dari peluang bernilai xG sebesar 23,3. Artinya, pemain asal Portugal ini rata-rata mencetak gol 1,03 kali lebih besar dari peluang yang dimilikinya.

3 dari 3

Daftar Lengkap

Berikut Ranking Para Top Skorer Sementara Liga Terkemuka di Eropa Berdasar Kemampuan Memanfaatkan Peluang

1. Robert Lewandowski Bundesliga 35 (gol) 26,27 (xG) 1,332 (gol/xG)
2. Kylian Mbappe Ligue 1 20 (gol) 17,39 (xG) 1,15 (gol/xG)
3. Lionel Messi La Liga 23 (gol) 20,38 (xG) 1,105 (gol/xG)
4. Harry Kane Premier League 19 (gol) 17,56 (xG) 1,082 (gol/xG)
5. Cristiano Ronaldo 24 (gol) 23,3 (xG) 1,030 (gol/xG)