FOLLOW US:


4 Manajer dengan Gelar Premier League Terbanyak

28-01-2021 13:50

 | Aga Deta

4 Manajer dengan Gelar Premier League Terbanyak
Trofi Premier League. © AP Photo

Bola.net - Premier League sudah bergulir sejak musim 1992/93. Sampai sejauh ini sudah ada 11 manajer yang sukses meraih trofi liga bergengsi di Inggris itu.

Manajer terakhir yang berhasil mengangkat trofi Premier League adalah Jurgen Klopp. Pria asal Jerman itu melakukannya pada musim lalu bersama Liverpool.

Itu adalah trofi Premier League pertama buat Klopp dan juga Liverpool. Klopp berhasil mengakhiri puasa gelar liga The Reds yang telah berlangsung selama 30 tahun.

Klopp sendiri sekarang sedang berjuang untuk mempertahankan trofi Premier League pada musim ini. Namun, usahanya itu tentu saja tidak mudah.

Persaingan gelar Premier League musim ini berjalan sangat ketat. Ada banyak manajer yang siap merebut gelar tersebut dari tangan Klopp.

Berikut ini daftar nama manajer dengan gelar Premier League terbanyak.

1 dari 4

4. Josep Guardiola

4. Josep Guardiola
Manajer Manchester City Josep Guardiola. © AP Photo

Josep Guardiola datang ke Manchester City pada tahun 2016. Sejak saat itu, ia telah membawa The Citizens meraih dua gelar Premier League.

Guadiola memenangkan Premier League pertamanya pada 2017-18. Ketika itu, Man City menjadi klub papan atas Inggris pertama yang mengumpulkan 100 poin dalam satu musim.

Man City berhasil mempertahankan gelar mereka pada musim berikutnya. Mereka pun menjadi tim pertama dalam satu dekade yang memenangkan Premier League berturut-turut.

2 dari 4

3. Arsene Wenger

3. Arsene Wenger
Arsene Wenger © AFP

Arsene Wenger merupakan sosok di balik kesuksesan Arsenal dalam ajang Premier League. Pria asal Prancis berhasil membawa The Gunners memenangkan tiga gelar di kompetisi ini.

Di bawah asuhan Wenger, Arsenal keluar sebagai juara pada musim 1997-1998. Setelah itu mereka kembali menjadi juara pada 2001-2002.

Wenger terakhir kali mengangkat trofi Premier League pada musim 2003-2004. Gelar tersebut terasa sangat spesial bagi The Gunners karena mereka tidak terkalahkan di liga.

3 dari 4

Jose Mourinho

Jose Mourinho
Manajer Tottenham, Jose Mourinho © AP Photo

Jose Mourinho merupakan salah satu manajer tersukses dalam dunia sepak bola. Ia pernah memenangkan tiga gelar Premier League bersama Chelsea.

Pada periode pertamanya di Chelsea, Mourinho berhasil memberikan dua gelar Premier League buat The Blues. Itu terjadi pada musim 2004/05 dan 2005/06.

Setelah menukangi Inter Milan dan Real Madrid, Mourinho balik lagi ke Chelsea. Ia berhasil mengantarkan The Blues juara Premier League pada musim 2014/2015

4 dari 4

Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson
Sir Alex Ferguson © AFP

Manajer dengan gelar Premier League terbanyak adalah Sir Alex Ferguson. Pria asal Skotlandia itu memenangkan gelar tersebut bersama Manchester United.

Ferguson menangani Manchester United selama 27 tahun. Dia total menyumbangkan 38 trofi, termasuk di antaranya 13 gelar Premier League.

Ferguson terakhir kali membawa The Red Devils juara Premier League pada 2013. Itu juga merupakan musim terakhir Ferguson di Old Trafford.