FOLLOW US:


5 Hal yang Perlu Dilakukan Barcelona Jika Kehilangan Lionel Messi

28-08-2020 13:52

 | Aga Deta

5 Hal yang Perlu Dilakukan Barcelona Jika Kehilangan Lionel Messi
Kapten Barcelona, Lionel Messi. © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi sudah mengambil keputusan yang cukup mengejutkan. Kapten Barcelona itu ingin hengkang dari Camp Nou.

Messi sudah menyatakan keinginannya untuk meninggalkan Barcelona. Kapten timnas Argentina itu ingin cabut dari klub Spanyol itu pada musim panas ini.

Bukan rahasia lagi jika Messi tidak akur dengan jajaran direksi Barcelona. Manajemen Blaugrana yang tidak kompeten sudah membuat klub jatuh ke titik nadir.

Barcelona adalah salah satu klub terbesar di dunia saat ini. Namun, mereka cukup menderita di Liga Champions meskipun punya Messi di dalamnya.

Beberapa klub top saat ini telah menunjukkan minatnya untuk memboyong bintang Argentina itu. Mereka bisa saja menjadi pelabuhan karier Messi selanjutnya.

Kepergian Messi sudah hampir pasti terjadi. Kehilangan La Pulga kemungkinan besar akan mempengaruhi masa depan sepakbola di Catalunya.

Berikut ini 5 hal yang harus dilakukan Barcelona jika kehilangan Lionel Messi, seperti dikutip dari Sportskeeda.

1 dari 5

Berinvestasi dengan Bijak

Berinvestasi dengan Bijak
Pemain Barcelona, Ousmane Dembele, meninggalkan lapangan sambil meringis kesakitan dalam laga lanjutan fase grup Liga Champions hari Kamis (28/11/2019). © AP Photo

Untuk klub yang dulu selalu bangga dengan sistem pencari bakatnya yang efisien, Barcelona telah kehilangan arah selama beberapa tahun terakhir. Bisa dikatakan beberapa keputusan transfer yang diambil oleh klub berbau kebodohan dan penyesatan.

Eksploitasi Barcelona yang gagal di bursa transfer telah mengakibatkan beban gaji klub semakin membengkak. Barcelona sering kali mendatangkan pemain dengan biaya yang sangat mahal tetap hasilnya tidak terlihat.

Pemain-pemain seperti Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, dan Antoine Griezmann menghabiskan biaya yang tidak wajar. Namun, penampilan mereka justru sangat jauh dari ekspektasi.

Penjualan Lionel Messi akan memberi dorongan finansial. Barcelona akan masuk ke dalam buku sejarah jika gagal menggunakan dana itu dengan bijak.

2 dari 5

Menghidupkan Kembali La Masia

Menghidupkan Kembali La Masia
Pemain Barcelona Ansu Fati (kiri) setelah mencetak gol ke gawang Leganes dalam laga La Liga di Camp Nou, Rabu, 17 Juni 2020. © AP Photo

Akademi Barcelona yang terkenal telah menjadi korban dari ketidakmampuan klub selama beberapa tahun terakhir. La Masia selalu menjadi inti dari kisah sukses Barcelona dan telah menghasilkan pemain seperti Lionel Messi, Xavi, dan Andres Iniesta.

Fakta bahwa skuad Barcelona yang memiliki usia rata-rata mendekati 30 tahun adalah bukti dari pengabaian terhadap akademi La Masia selama beberapa tahun terakhir.

La Masia sendiri masih terus menghasilkan bakat-bakat yang berpotensi menggemparkan dunia. Thiago Alcantara menjadi tamparan keras kepada dewan Barcelona karena menjadi bagian dari skuad Bayern Munchen yang membantai Blaugrana 8-2.

Pemain seperti Riqui Puig dan Ansu Fati telah membuat terobosan ke tim utama dan penampilan mereka adalah indikator ideal dari apa yang benar-benar mampu dilakukan La Masia. Sejumlah pemain muda berpotensi tinggi seperti Ilaix Moriba dan Monchu sedang menunggu gilirannya.

3 dari 5

Cari Penawar Messi

Cari Penawar Messi
Antoine Griezmann pada laga pekan ke-36 La Liga musim 2019/2020 melawan Real Valladolid, Minggu (12/7/2020) dini hari WIB © AP Photo

Lionel Messi bisa dibilang satu-satunya pemain di dunia yang tidak pernah bisa digantikan. Legenda Barcelona ini adalah satu-satunya sumber kreativitas dan mesin gol untuk timnya.

Dampak Lionel Messi pada tim Barcelona ini tidak dapat direplikasi oleh satu pemain saja dan tim Catalan harus menggunakan semua pengetahuan teknisnya untuk menghidupkan kembali tim Barcelona ini.

Tugas pertama Barcelona saat ini adalah menyusun formasi yang bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dari nama-nama besar di klub. Pemain seperti Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho sudah memainkan peran yang mirip dengan Lionel Messi dan Ronald Koeman mungkin harus menemukan cara memanfaatkan investasi mahal Barcelona.

4 dari 5

Ganti Jajaran Manajemen

Ganti Jajaran Manajemen
Josep Maria Bartomeu. © AFP

Jika Lionel Messi meninggalkan klub pada musim panas ini, Josep Maria Bartomeu akan selalu dikenal sebagai dalangnya. Bartomeu telah menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki Barcelona dan beberapa kebijakannya pun dipertanyakan.

Barcelona mengadakan pemilihan setiap enam tahun sekali dan pemilu akan kembali dilakukan pada tahun 2021. Jika Lionel Messi meninggalkan klub musim panas ini, fase transisi yang ditakuti Blaugrana akan segera dimulai.

Satu-satunya kesalahan yang terbukti lebih fatal daripada menciptakan keadaan yang mengakibatkan kepergian Lionel Messi adalah membiarkan manajeman yang sama untuk memulai era baru di Barcelona. Barcelona sangat membutuhkan awal yang baru dan menajemen saat ini telah membuktikan mereka tidak kompeten memimpin klub.

5 dari 5

Modernisasi FC Barcelona

Modernisasi FC Barcelona
Skuad Barcelona. © AP Photo

Barcelona adalah salah satu klub paling bergengsi di Eropa dan sudah sepantasnya klub selevel itu menggunakan teknik paling modern yang tersedia untuk olahraga saat ini. Kurangnya visi ke depan selama beberapa tahun terakhir telah menimbulkan kemunduran di lapangan.

Liverpool dan Bayern Munchen adalah tim terkuat di Eropa saat ini. Karena sadar terhadap modernitas, tidak mengherankan jika mereka adalah tim yang paling efisien di benua Eropa. Barcelona, di sisi lain, memiliki tim medis yang secara konsisten gagal menjaga kebugaran pemain bintangnya dan mengandalkan praktik yang relatif kuno dalam upaya untuk menjaga klub tetap relevan.

Barcelona harus merevolusi setiap aspek agar memiliki peluang melawan tim terkuat di Eropa. Barcelona harus meninggalkan cara-cara lama yang sudah ketinggalan zaman.

Barcelona bisa bertahan tanpa Lionel Messi tetapi harus mempertahankan standar tinggi yang diharapkan dari sebuah klub.

Ingin lihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan highlights pertandingan Liga Champions, silakan klik di sini.

Jika kalian juga ingin melihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan cuplikan pertandingan Liga Europa, silakan klik di sini.

Sumber: Sportskeeda