FOLLOW US:


5 Klub Terkaya di Dunia Saat Ini

31-08-2020 12:18

 | Aga Deta

5 Klub Terkaya di Dunia Saat Ini
Pemain Barcelona merayakan gol pertama ke gawang Atletico Madrid, Rabu (1/7/2020) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Klub-klub top di Eropa biasanya memiliki basis penggemar yang cukup banyak di seluruh dunia. Hal tersebut bisa berdampak positif bagi klub dalam arti finansial.

Dibutuhkan lebih dari sekedar penampilan bagus di lapangan untuk menjaga klub sepak bola tetap berjalan di puncak musim demi musim. Dengan demikian, menghasilkan arus pendapatan yang sehat sangat penting untuk tetap bertahan dalam bisnis.

Sepak bola jadi bisnis menggiurkan saat ini. Klub menggaet pemain dengan banderol mahal, kemudian mendapat penghasilan berlimpah dari sponsorship, penjualan merchandise, tiket pertandingan dan banyak lainnya.

Jadi bisa dibilang sepak bola bukan lagi sekadar olahraga prestise. Dunia bal-balan bisa memakmurkan pelakunya. Tengok saja Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang kini jadi jutawan dengan status kebintangannya. Mereka dibayar mahal klubnya yang juga mendapat keuntungan berlimpah dengan kehadiran keduanya.

Untuk saat ini kita-kira klub mana saja yang paling kaya di dunia?

1 dari 5

PSG (635,9 Juta Euro)

PSG (635,9 Juta Euro)
PSG © AP Photo

Pelanggan juara Liga Prancis, yang telah bertransformasi setelah diambil alih oleh Qatar Sports Investments, menempati peringkat ke-5 dalam daftar klub yang menghasilkan pendapatan terbanyak.

Paris Saint-Germain adalah klub Ligue 1 paling populer dan itu, sebagian besar, berkat dukungan finansial yang mereka terima dari pemiliknya. Hasilnya, mereka bisa mendatangkan pemain-pemain hebat dan populer seperti Neymar dan Kylian Mbappe.

Tahun lalu, PSG menandatangani kesepakatan dengan 5 mitra baru dan memperpanjang kontrak mereka dengan 6 merek global untuk menjaga bisnis tetap berjalan lancar.

PSG telah menjadi inovator di bidang keuangan dengan hubungan mereka dengan Nike Jordan khususnya disambut oleh basis penggemar mereka.

Paris Saint-Germain akan merasa sulit untuk kehilangan trofi Liga Champions yang didambakan kali ini karena itu adalah satu-satunya hal yang menghentikan mereka dari tumbuh menjadi raksasa yang mereka harapkan.

2 dari 5

4. Bayern Munchen (660,1 Juta Euro)

4. Bayern Munchen (660,1 Juta Euro)
Bayern Munchen © AP Photo

Juara Eropa dan pemenang treble Bayern Munchen berada di urutan ke-4 dalam daftar. Di bawah asuhan Hans-Dieter Flick, The Bavarians tak terhentikan. Bayern terus duduk di posisi ke-4 tetapi mereka telah melihat peningkatan hampir 20% dalam pendapatan hak siaran.

Mereka diharapkan merapatkan jarak dengan Manchester United yang berada di posisi ke-3. Tim Setan Merah musim ini tak berlaga di Liga Champions. United menikmati persaingan kelas dua, Liga Europa.

Banyak klub elite Eropa terpukul dengan pandemi COVID-19 yang menyebabkan semua pertandingan dimainkan secara tertutup dan tidak ada pendapatan hari pertandingan yang tersedia. Namun, Bayern Munchen terus menjalankan bisnisnya baik di dalam maupun luar lapangan dengan sangat baik dan tidak mengherankan melihat mereka menembus 3 besar tahun depan.

3 dari 5

3. Manchester United (711,5 Juta Euro)

3. Manchester United (711,5 Juta Euro)
Manchester United © AP Photo

Manchester United diyakini bakal tak lama ada di jajaran tiga besar klub terkaya, Bayern Munchen akan mendapat keuntungan finansial berlimpah di akhir musim 2019-20 yang secara otomatis mengatrol kekayaaan mereka.

Lepas dari hal itu, United salah satu klub paling dikagumi di dunia. Manchester United adalah klub terkaya dalam hal pendapatan di Inggris. Inilah mengapa para penggemar United semakin gelisah karena tidak adanya aktivitas pembelian pemain di jendela transfer.

Meskipun Ed Woodward mungkin bukan orang terbaik untuk menjaga sisi sepak bola, dia sangat baik dalam mengarahkan klub ke depan secara ketat dari perspektif bisnis. Manchester United dengan demikian mampu meningkatkan pendapatan mereka meski tim kesulitan berprestasi beberapa musim terakhir.

Pundi-pundi pendapatan mereka terjaga seiring kesuksesan menembus Liga Champions musim depan usai menggaransi posisi tiga besar di Premier League.

4 dari 5

2. Real Madrid (757,3 Juta Euro)

2. Real Madrid (757,3 Juta Euro)
Real Madrid juara La Liga 2019-2020. © AP Photo

Real Madrid turun satu tempat dan naik ke urutan kedua dalam daftar klub terkaya di dunia. Kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus jelas berdampak pada pendapatan klub.

Menyusul kepergian Ronaldo, Real Madrid juga gagal melewati babak 16 besar Liga Champions dalam dua musim berturut-turut. Namun, mereka sukses memenangi La Liga 2019-2020.

Klub telah memperpanjang kemitraannya dengan Adidas dan ini diharapkan dapat memberi mereka dorongan juga meraih laba yang laba yang lebih besar lagi. Real Madrid adalah klub yang paling banyak diikuti di media sosial dan akan berusaha untuk berinovasi dan melakukan diversifikasi di masa-masa sulit ini untuk tetap sukses di level tertinggi dalam segala hal.

5 dari 5

1. Barcelona

1. Barcelona
Skuad Barcelona. © AP Photo

Ini untuk pertama kalinya Barcelona berhasil mencapai puncak daftar dalam beberapa tahun terakhir. Cuma melihat kondisi terkini, agaknya mereka tak akan bertahan lama sebagai klub terkaya di dunia.

Kepergian Lionel Messi diperkirakan akan berdampak besar pada mereka. Cules agaknya tak siap dengan situasi tersebut.

Selain itu, Barcelona tetap siap dan bersemangat untuk berkembang dengan kondisi pasar yang berubah dan tetap fokus pada diversifikasi dan internasionalisasi sumber pendapatan mereka.

Dengan demikian, mereka kurang bergantung pada pendapatan siaran dan lebih banyak pada sumber yang berada dalam kendali mereka. Mereka telah menjalankan operasi perizinan dan merchandising mereka sendiri dan otonomi ini sangat bermanfaat bagi klub, menghasilkan 63 juta euro untuk klub dan angka ini diperkirakan akan meningkat setelah musim yang baru saja berakhir.

Namun, karena fase malang yang dialami Barcelona, ??mereka mungkin kehilangan kesempatan menjadi klub dengan pendapatan mencapat 1 miliar euro pertama.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Ario Yosia, 29 Agustus 2020)