5 Pemain Amerika Selatan dengan Catatan Gol Terbanyak di Eropa

Aga Deta | 27 September 2022 14:15
Pemain Argentina, Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Amerika Selatan dikenal sebagai penghasil pemain berbakat dalam sepak bola. Tidak mengherankan kalau mereka tersebar di liga-liga top Eropa.

Hampir setiap tim top Eropa punya pemain berbakat dari Amerika Selatan. Mulai dari Antony di Manchester United, Arthur Melo di Barcelona, hingga Vinicius Junior dan Rodrygo di Real Madrid.

Pemain dari Amerika Selatan biasanya peran yang sangat vital dalam sebuah klub. Terutama bagi mereka yang mempunyai posisi sebagai pencetak gol.

So, siapa aja sih pemain asal Amerika Selatan yang mencetak gol paling banyak sejak tahun 2000? Berikut ini lima di antaranya.

1 dari 5 halaman

5. Gonzalo Higuain (237)

Gonzalo Higuain Merayakan golnya ke gawang Atalanta (c) AP Photo

Gonzalo Higuain bermain di Major League Soccer (MLS) bersama Inter Milan sejak September 2020. Namun, dia sebelumnya menjadi salah satu striker Amerika Selatan terbaik di Eropa.

Higuain memulai karier sepak bolanya bersama River Plate. Bomber asal Argentina tersebut kemudian datang ke Eropa pada 2007 dengan bergabung dengan Real Madrid.

Setelah meninggalkan Santiago Bernabeu, Higuain kemudian melanjutkan kariernya bersama Napoli, Juventus, AC Milan dan Chelsea. Higuain mencetak 237 gol di liga selama 13 tahun di Eropa.

2 dari 5 halaman

4. Luis Suarez (245)

Striker Atletico Madrid Luis Suarez. (c) AP Photo

Luis Suarez berkarier di Eropa pada usia 18 tahun ketika bergabung dengan klub Eredivisie Groningen. Setelah itu, Suarez itu berlabuh ke Ajax Amsterdam pada 2011.

Setelah membela Ajax, El Pistolero tercatat membela beberapa klub besar Eropa seperti Liverpool dan Barcelona. Dia juga pernah menjadi bagian dari Atletico Madrid.

Pada musim panas 2022, Suarez memutuskan untuk kembali ke Uruguay dengan bergabung klub masa kecilnya Nacional. Dia telah mencetak 245 gol selama berkarier di Eropa.

3 dari 5 halaman

3. Sergio Aguero (259)

Pemain Barcelona Sergio Aguero. (c) AP Photo

Sergio Aguero hijrah ke Eropa pada musim panas 2006. Atletico Madrid mengontrak striker asal Argentina tersebut dari Independiente.

Penampilan Aguero bersama Atletico mampu menarik perhatian sejumlah klub raksasa Eropa. Manchester City akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangannya pada 2011.

Aguero menghabiskan 10 tahun di Etihad Stadium sebelum akhirnya mengakhiri kariernya di Barcelona. Pria yang kini berusia 34 tahun tersebut mampu mencetak 256 gol selama kariernya di Eropa.

4 dari 5 halaman

2. Edinson Cavani (262)

Penyerang Manchester United musim 2021/2022, Edinson Cavani (c) AP Photo

Edinson Cavani pertama kali menunjukkan bakatnya di Eropa saat bergabung dengan Palermo pada Januari 2007. Dia menghabiskan tiga setengah musim di Stadio Renzo Barbera sebelum bergabung dengan Napoli.

Cavani tampil cukup tajam selama tiga musim di Napoli. Oleh karena itu, PSG memutuskan untuk mendatangkan bomber asal Uruguay tersebut pada tahun 2013.

Cavani sempat bermain di Manchester United selama dua musim sebelum bergabung dengan Valencia pada musim panas ini. Cavani telah mencetak 262 gol di Eropa sejauh ini dan masih bisa menambah jumlah golnya sebelum memutuskan untuk gantung sepatu.

5 dari 5 halaman

1. Lionel Messi (484)

Aksi Lionel Messi pada laga Maccabi Haifa vs PSG di Liga Champions 2022/2023 (c) AP Photo

Lionel Messi dianggap oleh banyak orang sebagai pemain terbaik dunia pada generasi sekarang ini. Pemain berjuluk La Pulga tersebut sudah mencetak banyak gol dalam sepanjang kariernya.

Messi tiba di La Masia pada tahun 2000 setelah tampil mengesankan di akademi Newell's Old Boys. Dia akhirnya membuat debut seniornya pada tahun 2004 dan kemudian menjadi bagian penting dari sejarah Barcelona.

Setelah tak bisa memperpanjang kontraknya dengan Barcelona, Messi memutuskan hengkang ke PSG pada musim panas 2021. La Pulga sudah mencetak 484 gol selama berkarier di Eropa.

Sumber: Sportskeeda

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR