5 Pemain yang Juara Piala Dunia saat Berseragam Liverpool

Aga Deta | 30 November 2022 14:27
5 Pemain yang Juara Piala Dunia saat Berseragam Liverpool
Fernando Torres (c) AFP

Bola.net - Piala Dunia 2022 saat ini sedang berlangsung di Qatar. Liverpool termasuk salah satu klub yang menyumbang pemain untuk tampil di turnamen tersebut.

Liverpool dianggap sebagai salah satu klub besar di dunia sepak bola. Tidak mengherankan kalau skuat asuhan Jurgen Klopp dipenuhi dengan superstar internasional.

Saat ini terdapat tujuh pemain Liverpool yang membela negaranya masing-masing di Piala Dunia 2022. Di antaranya Jordan Henderson, Allison, Ibrahima Konate dan Virgil van Dijk.

Namun dari sekian banyak pemain hebat yang pernah memperkuat Liverpool, ternyata hanya lima pemain yang pernah memenangkan Piala Dunia saat masih berseragam klub tersebut. Siapa sajakah mereka?

1 dari 5 halaman

1. Roger Hunt

Roger Hunt merupakan pemain tersubur kedua Liverpool setelah Ian Rush. Dia berhasil mencetak 285 gol hanya dalam 492 penampilan selama saat berkarier di Anfield.

Hunt juga menjadi bagian dari skuad Inggris asuhan Sir Alf Ramsey. Mantan pemain Bolton tersebut berhasil membawa negaranya menjadi Piala Dunia 1966.

Pada waktu itu, Hunt mencetak tiga gol penting untuk Inggris di babak grup. Dua gol di antaranya dicetak ke gawang Prancis.

2 dari 5 halaman

2. Ian Callaghan

Ian Callaghan memegang rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liverpool. Dia mencatatkan 857 pertandingan untuk The Reds antara 1958 sampai 1978.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini juga memenangkan Piala Dunia bersama Inggris pada tahun 1966. Dia bermain satu kali di fase grup menghadapi Prancis.

Namun Callaghan harus menunggu 41 tahun untuk mendapat medali Piala Dunia miliknya. Sebab, ketika itu hanya 11 pemain yang tampil di final yang mendapat medali.

3 dari 5 halaman

3. Gerry Byrne

Gerry Byrne menghabiskan seluruh karier sepak bolanya dengan membela Liverpool. Dia memainkan 238 pertandingan selama memperkuat The Reds antara 1957 sampai 1969.

Byrne hanya mencatatkan total dua caps untuk Inggris. Namun, pemain yang berposisi bek kiri tersebut ikut memenangkan Piala Dunia 1966 bersama The Three Lions.

Seperti Callaghan, Byrne juga harus menunggu lama untuk pengalungan medalinya. Dia akhirnya menerima medali pemenang Piala Dunia 1966 pada upacara Downing Street pada tahun 2009.

4 dari 5 halaman

4. Pepe Reina

4. Pepe Reina

Pepe Reina (c) AFP

Pepe Reina memenangkan Piala Dunia bersama Spanyol pada tahun 2010. Dia merupakan salah satu kiper yang dibawa Spanyol selain Victor Valdes dan Iker Casillas.

Skuad besutan Vicente del Bosque ini hanya kebobolan dua gol sepanjang turnamen. Tim Matador membuat lima clean sheet selama Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan.

Casillas menjadi kiper utama Spanyol saat itu. Meskipun tak sekalipun turun selama turnamen, Reina tetap berhak mendapat medali juara.

5 dari 5 halaman

5. Fernando Torres

5. Fernando Torres

Fernando Torres dan Steven Gerrard (c) LFC

Fernando Torres memiliki musim bagus menjelang Piala Dunia 2010. Torres berhasil mencetak 22 gol untuk Liverpool sepanjang musim 2009-10.

Torres berhasil memenangkan Piala Dunia 2010 bersama Spanyol. Namun, Torres kesulitan mencetak gol di Afrika Selatan dan posisi striker utama jatuh kepada David Villa.

Pada final melawan Belanda, Torres masuk menggantikan Villa pada menit ke-106 dan akhirnya timnya menjadi juara. Enam bulan setelah itu, Torres akhirnya meninggalkan Liverpool dan pindah ke Chelsea.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Sumber: Planet Football

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR