6 Kapten yang Mencetak Gol di Piala Dunia 2022, Ada Messi & Ronaldo

Aga Deta | 28 November 2022 14:11
6 Kapten yang Mencetak Gol di Piala Dunia 2022, Ada Messi & Ronaldo
Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Meksiko di Piala Dunia 2022 (c) Fabio Ferrari/LaPresse via AP

Bola.net - Piala Dunia 2022 diikuti 32 tim peserta yang berasal dari lima zona wilayah FIFA. Masing-masing tim pastinya dipimpin oleh seorang kapten.

Menjadi kapten tim yang bermain di Piala Dunia tentu bukan pekerjaan mudah. Dia harus mampu memimpin rekan-rekannya di lapangan.

Pelatih bisa memilih pemain yang berposisi sebagai kiper atau bek tengah yang bertindak sebagai kapten. Namun, ada juga pemain yang bertugas sebagai pencetak gol yang terpilih sebagai pemimpin tim.

Pada Piala Dunia 2022 kali ini, sejumlah kapten tim yang berhasil mencetak gol bagi negaranya. Berikut ini nama-namanya.

1 dari 6 halaman

Enner Valencia

Enner Valencia

Selebrasi Enner Valencia usai mencetak gol untuk Ekuador dalam laga kontra Qatar di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Natacha Pisarenko

Enner Valencia merupakan kapten Ekuador. Penyerang yang memperkuat klub Fenerbahce tersebut juga menjadi pencetak gol pertama di Piala Dunia 2022.

Valencia mencetak dua gol saat Ekuador menang 2-0 atas tuan rumah Qatar. Dia juga menyumbang satu gol untuk timnya saat Ekuador bermain imbang 1-1 melawan Belanda.

Kini Valencia sudah mencetak tiga gol dari dua laga yang dimainkan. Pemain berusia 33 tahun ini menjadi salah satu top skor Piala Dunia 2022.

2 dari 6 halaman

Gareth Bale

Gareth Bale

Ekspresi Gareth Bale usai membobol gawang timnas Amerika Serikat di pertandingan pertama Grup B Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022) (c) AP Photo/Ashley Landis

Gareth Bale menjadi kapten Wales saat bertarung di Piala Dunia 2022. Pemain Los Angeles FC tersebut sudah mengoleksi satu gol selama berada di Qatar.

Bale menjadi penyelamat Wales di laga melawan Amerika Serikat pada pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2022. Dia mencetak gol lewat penalti sehingga kedua tim bermain imbang 1-1.

Sayangnya, Bale gagal menghindarkan Wales dari kekalahan 0-2 atas Iran pada matchday 2 Grup E. Alhasil, The Dragons kini menghuni posisi juru kunci dengan koleksi satu poin.

3 dari 6 halaman

Andre Ayew

Andre Ayew

Duel perebutan bola antara penyerang Ghana, Andre Ayew menghadapi bek tengah Portugal, Danilo Pereira pada laga pertama Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) WIB. (c) AP Photo/Darko Bandic

Andre Ayew merupakan pemimpin Ghana di Piala Dunia 2022. Dia mencetak satu gol dalam pertandingan melawan Portugal.

Ayew menjebol gawang Portugal pada menit ke-73. Sayangnya, Ghana pada akhirnya harus mengakui keunggulan Portugal dengan skor 2-3.

Ghana sekarang menghuni dasar klasemen Grup H. Meski begitu, peluang The Black Stars untuk melaju ke babak selanjutnya masih tetap terbuka.

4 dari 6 halaman

Robert Lewandowski

Robert Lewandowski

Robert Lewandowski merayakan golnya dalam laga Piala Dunia 2022 Polandia vs Arab Saudi, Sabtu (26/11/2022) (c) AP Photo/Manu Fernandez

Kapten Polandia Robert Lewandowski gagal mencetak gol saat berhadapan dengan Meksiko. Namun, dia baru berhasil menjebol gawang lawan saat bersua dengan Arab Saudi.

Lewandowski berhasil membobol gawang Arab Saudi pada menit ke-82. Golnya tersebut membantu Polandia meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Gol ke gawang Arab Saudi tersebut juga sangat berarti bagi pemain Barcelona tersebut. Itu merupakan gol perdana Lewandowski di pentas Piala Dunia.

5 dari 6 halaman

Lionel Messi

Lionel Messi

Lionel Messi usai mencetak gol pada laga Argentina vs Meksiko di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Ariel Schalit

Kapten Argentina Lionel Messi mencetak gol melalui titik penalti pada menit ke-10 saat berhadapan dengan Arab Saudi. Namun, La Albiceleste secara mengejutkan tumbang 2-1 dalam pertandingan tersebut.

Namun, Argentina mampu bangkit pada pertandingan berikutnya. La Albiceleste berhasil mengalahkan Meksiko dengan skor 2-0.

Gol pertama Argentina dicetak oleh Messi. Setelah menghuni posisi kedua di Grup C, Argentina punya peluang lolos ke babak berikutnya.

6 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Piala Dunia 2022: Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo/Darko Bandic

Cristiano Ronaldo menjadi kapten Portugal sejak 2008 silam. Dia pun menjadi pemimpin Seleccao das Quinas pada Piala Dunia 2022 kali ini.

Ronaldo mencetak gol penalti pada laga Grup H melawan Ghana. Golnya tersebut sukses membawa timnya menang dengan skor 3-2.

Gol Ronaldo ke gawang Ghana itu masuk buku sejarah. Dia menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR