5 Pemain yang Paling Sering Gagal Penalti, Termasuk Ronaldo & Messi

Aga Deta | 21 Desember 2021 15:13
Penyerang PSG, Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Mencetak gol dari titik penalti sepertinya terlihat sangat mudah. Namun, kenyataannya hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan.

Mencetak gol lewat penalti membutuhkan teknik dan ketenangan. Selain itu, algojo penalti juga harus punya mental yang kuat untuk menaklukkan kiper tim lawan.

Namun, terdapat cukup banyak bintang sepakbola dunia yang gagal mencetak gol dari titik putih. Tendangan mereka melenceng dari gawang atau ditepis oleh kiper lawan.

Berikut lima pemain yang paling banyak gagal dalam mengeksekusi penalti di sepanjang abad 21.

1 dari 5 halaman

5. Antonio Di Natale

Antonio Di Natale merupakan salah satu penyerang top Italia pada masanya. Dia menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Udinese.

Di Natale mampu mencetak 227 gol dari 445 pertandingan di semua kompetisi bersama Udinese. Selama bermain, Di natale juga sering bertindak sebagai eksekutor penalti timnya.

Sepanjang abad 21, Di Natale telah menendang penalti sebanyak 55 kali. Namun, 14 di antaranya ternyata berujung kegagalan.

2 dari 5 halaman

4. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada pekan ke-12 Serie A musim 2021/2022 (c) AP Photo

Zlatan Ibrahimovic menolak tua. Pada usianya yang sudah 40 tahun, dia masih bermain di level tertinggi sepak bola dunia bersama AC Milan.

Pemain asal Swedia itu telah membuat 11 penampilan Serie A untuk Milan sejauh musim ini. Dia mencetak tujuh gol dari penampilannya tersebut.

Walau dikenal sebagai penyerang yang tajam, Ibrahimovic ternyata cukup sering gagal dalam mengeksekusi penalti. Dia sudah gagal mencetak gol dari titik putih sebanyak 16 kali dari total 100 kesempatan.

3 dari 5 halaman

3. Francesco Totti

Francesco Totti saat membawa AS Roma scudetto musim 2000/2001 (c) AS Roma

Saat masih aktif bermain, tak ada yang meragukan kesetiaan Francesco Totti untuk AS Roma. Sejak memulai karier profesional, hingga pensiun, Totti selalu bersama Roma.

Selain sebagai legenda Roma, Totti juga dikenal sebagai pemain yang hebat dalam mengeksekusi bola mati, termasuk penalti. Dia sudah cukup sering mencetak gol dari titik putih.

Kendati demikian, ada kalanya Totti gagal melakukan tugasnya sebagai algojo penalti. Juara Piala Dunia 2006 itu sudah gagal mengeksekusi penalti sebanyak 19 kali dalam 99 kali kesempatan.

4 dari 5 halaman

2. Cristiano Ronaldo

Penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Bintang Manchester United Cristiano Ronaldo dikenal memiliki kemampuan hebat dalam mencetak gol. Pemain asal Portugal itu juga diketahui merupakan eksekutor penalti terbaik saat ini.

Pada musim ini, Ronaldo telah mencetak 13 gol dari 19 pertandingan di seluruh ajang bersama Setan Merah. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya dicetak CR7 dari titik putih.

Namun, Ronaldo juga bukan pemain yang sempurna. Kapten timnas Portugal tersebut pernah gagal mengeksekusi penalti sebanyak 28 kali dalam 171 kali percobaan di sepanjang kariernya.

5 dari 5 halaman

1. Lionel Messi

Selebrasi Lionel Messi setelah mencetak gol untuk PSG (c) AP Photo

Penyerang PSG Lionel Messi bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Dia belum lama ini berhasil meraih Ballon d'Or ketujuhnya.

Dalam sepanjang kariernya, Messi sudah mencetak banyak gol untuk timnya baik di level domestik maupun internasional. Tidak sedikit golnya tersebut bersumber dari tendangan penalti.

Layaknya pemain lainnya, Messi juga pernah menemui kegagalan dalam mengeksekusi penalti. Messi tidak berhasil mencetak gol dari titik putih sebanyak 29 kali dalam 132 kali percobaan.

Sumber: Sportskeeda

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR