FOLLOW US:


6 Kiper yang Punya Klub Baru di Bursa Transfer 2021/2022

19-07-2021 14:15

 | Aga Deta

6 Kiper yang Punya Klub Baru di Bursa Transfer 2021/2022
Gianluigi Donnarumma gabung PSG © PSG

Bola.net - Kiper mempunyai peran yang cukup vital dalam pertandingan sepak bola. Mereka adalah orang terakhir yang menjaga gawang dari serangan-serangan pemain lawan.

Hal inilah yang membuat klub berlomba-lomba mencari kiper berkualitas. Kiper yang bagus bisa membuat sebuah tim tidak kebobolan sehingga berpeluang besar untuk memenangkan pertandingan.

Menghadapi musim 2021/2022, klub-klub Eropa banyak yang melakukan pembenahan di sektor kiper. Bahkan tidak sedikit yang telah mendapatkan kiper yang diincarnya.

Lantas siapa saja para kiper yang telah pindah klub pada bursa transfer musim panas ini? Berikut ini daftarnya.

1 dari 6

Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma
Kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma © AP Photo

Gianluigi Donnarumma meninggalkan AC Milan pada musim panas ini. Kiper timnas Italia itu tidak mencapai kesepakatan mengenai kontrak baru di San Siro.

Donnarumma kemudian membuka lembaran baru bersama PSG. Dia bergabung dengan raksasa Prancis itu dengan status bebas transfer.

Donnarumma mendapat kontrak lima tahun di Parc des Princes. Kiper berusia 22 tahun itu akan bersaing dengan Keylor Navas di bawah mistar gawang PSG.

2 dari 6

Mike Maignan

Mike Maignan
Kiper Baru AC Milan, Mike Maignan © AC Milan Official

Untuk menggantikan Donnarumma, AC Milan harus mendatangkan kiper baru. Mereka kemudian menjatuhkan pilihan kepada Mike Maignan.

Milan menebus Maignan dari Lille dengan biaya 15 juta euro. Kiper asal Prancis itu dikontrak selama lima tahun atau hingga tahun 2026.

Maignan sendiri berhasil mengantarkan Lille juara Ligue 1 pada musim lalu. Dia juga masuk ke dalam skuad Prancis di Euro 2020 lalu.

3 dari 6

Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon
Gianluigi Buffon pada laga melawan Inter Milan di Coppa Italia, Rabu (3/2/2021) dini hari WIB © Juventus

Gianluigi Buffon mengawali kariernya bersama Parma. Dia kemudian pindah ke Juventus pada tahun 2001.

Buffon kemudian meraih kesuksesan selama berseragam Bianconeri. Di berhasil memenangkan banyak gelar di Turin termasuk 10 gelar Serie A.

Buffon akhirnya kembali ke Parma pada musim panas ini setelah kontraknya bersama Juventus habis. Kiper berusia 43 tahun itu meneken kontrak dua tahun bersama I Crociati.

4 dari 6

Tom Heaton

Tom Heaton
Tom Heaton Bergabung kembali dengan Manchester United © MUFC Official

Tom Heaton merupakan kiper lulusan akademi Manchester United. Dia kembali lagi ke Old Trafford pada bursa transfer musim panas ini.

Heaton membela Aston Villa selama dua musim terakhir. Namun, dia meninggalkan Villa Park setelah kontraknya habis.

Kiper Inggris berusia 35 tahun ini mendapat kontrak dua tahun di MU. Heaton kemungkinan besar tak akan jadi pilihan utama karena masih ada David de Gea dan Dean Henderson.

5 dari 6

Rui Patricio

Rui Patricio
Rui Patricio © AFP

Kedatangan Jose Mourinho membawa perubahan di sektor kiper AS Roma. Giallorossi belum lama ini merekrut kiper timnas Portugal Rui Patrico.

Patricio didatangkan dari klub Premier League Wolverhampton Wanderers. Roma mengeluarkan 11,5 juta euro untuk mendapatkan kiper berusia 33 tahun itu.

Di Olimpico, Patricio diikat dengan kontrak berdurasi tiga tahun. Dia kemungkinan besar akan menjadi kiper utama Roma pada musim depan.

6 dari 6

Alex Cordaz

Alex Cordaz
Alex Cordaz resmi bergabung dengan Inter Milan © FC Inter Milan

Inter Milan merekrut Alex Cordaz pada bursa transfer musim panas ini. Kiper berusia 38 tahun itu ditebus dari Crotone.

Dia mendapat kontrak selama setahun di Giuseppe Meazza. Cordaz akan menjadi kiper ketiga Inter setelah Samir Handanovic dan Ionut Radu.

Cordaz sendiri sebenarnya bukan sosok baru bagi Inter. Dia merupakan jebolan akademi Nerazzurri dan pernah bermain sekali di tim utama.

Sumber: Berbagai sumber