FOLLOW US:


8 Pemain Bintang Dunia Jebolan Piala Dunia U-20

07-07-2020 12:34

 | Aga Deta

8 Pemain Bintang Dunia Jebolan Piala Dunia U-20
Lionel Messi di laga melawan Leganes pada pekan ke-29 La Liga, Rabu (17/6/2020) dini hari WIB. © LaLiga

Bola.net - Piala Dunia U-20 sudah dipastikan akan diselenggarakan di Indonesia. Turnamen yang akan digelar tahun depan itu ternyata sebelumnya sering melahirkan pemain bintang.

Pada Kamis, 24 Oktober tahun lalu di Shanghai, China, FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Sedianya turnamen itu digelar tahun ini, namun terpaksa ditunda akibat pandemi virus corona.

Jalan panjang dilalui Indonesia dalam usahanya terpilih sebagai tuan rumah. Negara-negara lain juga sebenarnya sudah siap menggelar Piala Dunia U-20, sseperti Peru dan Brasil.

Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi dengan kekuatan infrastruktur dan geliat perkembangan sepak bolanya yang pesat juga hampir menjegal Indonesia. Namun, Presiden FIFA, Gianni Infantino mantap menyebut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Segera setelah ditunjuk oleh FIFA, Indonesia langsung berbenah menyiapkan segalanya. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memimpin rapat untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021 di Istana Negara. Hal yang sama juga dilakukan Menpora yang aktif menanyakan perkembangan.

PSSI sudah menetapkan enam stadion untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Namun, pemilihan ini belum menjadi keputusan final karena masih harus menunggu persetujuan FIFA.

Keenam stadion yang direkomendasikan menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang).

Ya, stadion memang masih menjadi pekerjaan rumah. Sejumlah stadion sebenarnya sudah bersolek menyambut Piala Dunia U-20, tapi terhambat karena adanya pandemi virus corona.

Soal stadion adalah satu di antara aspek penting dalam penyelenggaraan turnamen sekelas Piala Dunia U-20. Ini merupakan catwalk buat wonderkid yang bakal tampil, dan mengingat mata dunia bakal menaruh fokus, tentunya Indonesia harus siap 100 persen.

Piala Dunia U-20 seringkali memunculkan nama-nama yang bakal jadi bintang sepak bola di kemudian hari kelak. Banyak jebolan ajang ini yang kemudian menjelma menjadi superstar lapangan hijau.

Pada Piala Dunia U-19 di Polandia tahun lalu, beberapa nama muncul, mulai dari Lee Kang-in, wonderkid Korea Selatan yang kini bermain di Valencia. Lalu ada Erling Braut Haaland yang langsung menjadi fenomena tersendiri di jagat sepak bola.

Bruno Mendez dari Uruguay juga tampil memesona. Masih berusia 20 tahun, ia sudah digadang-gadang menjadi penerus Diego Godin dalam waktu dekat ini.

Pada Piala Dunia U-20 2021 Indonesia, menarik memantau siapa saja yang bakal muncul sebagai bintang utama. Menjadi kebanggaan tersendiri ketika ada alumni yang sukses pada karier sepak bolanya. Orang-orang akan mengingat bahwa pemain tersebut lahir dari turnamen usia muda bergengsi di Indonesia.

Berikut ini delapan pesepak bola dunia jebolan Piala Dunia U-20:

1 dari 8

Dani Alves

Dani Alves
Daniel Alves menjadi kapten Brasil di Copa America 2019. Dia adalah pemain paling senior di Brasil dengan usia 36 tahun. © AP Photo

Pemain Sao Paolo yang pernah memperkuat Paris Saint-Germain, Dani Alves, merupakan jebolan Piala Dunia U-20. Dia bermain untuk Timnas Brasil, pada Piala Dunia U-20 2003 yang berlangsung di Uni Emirat Arab.

Saat itu, tim Brasil berhasil menjadi juara setelah di final mengalahkan Spanyol melalui gol semata wayang Fernandinho. Adapun Alves juga berkontribusi dengan tampil konsisten hingga partai final.

Saat tampil di Piala Dunia U-20, Alves masih bermain untuk Sevilla. Selain pernah merumput di Sevilla, Dani Alves juga pernah bermain di Barcelona, Juventus, hingga PSG.

2 dari 8

Diego Maradona

Diego Maradona
Diego Maradona © Independent

Bintang sepak bola yang juga jebolan Piala Dunia U-20 adalah Diego Maradona. Pemain Argentina tersebut tak perlu lagi diragukan kebintangannya. Dia dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa.

Maradona memperkuat Timnas Argentina pada Piala Dunia U-20 1979 di Jepang, yang saat itu diarsiteki Luis Menotti. Saat itu, Timnas Indonesia juga ambil bagian, segrup dengan Polandia dan Yugoslavia.

Timnas Indonesia saat itu langsung bertemu Argentina pada babak pertama. Saat itu, Maradona mencetak dua gol. Indonesia akhirnya kalah dengan skor telak 0-5.

Maradona kemudian mengantar Argentina meraih gelar juara, sekaligus memenangi Golden Ball. Kesuksesan Maradona berlanjut ke level senior. Dia juga mengantar Argentina menjuarai Piala Dunia 1986.

3 dari 8

Sergio Aguero

Sergio Aguero
Ekspresi Sergio Aguero usai mencetak gol kemenangan Manchester City atas Sheffield United. © AP Photo

Sergio Aguero menjadi bintang bagi Timnas Argentina pada Piala Dunia U-20 2007. Dia menyumbang enam gol, yang berperan penting mengantar Argentina jadi kampiun.

Sebelas tahun berselang, dia berhasil memenangi treble gelar domestik bersama Manchester City. Aguero juga dianggap sebagai salah satu striker hebat dalam sejarah Manchester City dan Premier League.

4 dari 8

Paul Pogba

Paul Pogba
Gelandang Manchester United Paul Pogba. © AP Photo

Pemain bintang lain yang pernah bersinar di Piala Dunia U-20 adalah Paul Pogba. Pemain Manchester United tersebut masuk skuat Prancis pada Piala Dunia U-20 2023 di Turki.

Pada turnamen tersebut, Pogba berhasil mengantar Prancis menjadi juara setelah mengalahkan Uruguay di final. Dia juga merebut gelar Golden Ball.

Ironisnya saat itu dia baru saja tersingkir dari Manchester United, kemudian mulai membangun karier di Juventus.

Saat ini, Pogba sudah kembali lagi ke Manchester United. Dia juga kembali mengantar Prancis juara Piala Dunia 2018, kali ini di level senior.

5 dari 8

Lionel Messi

Lionel Messi
Ekspresi Lionel Messi pasca membobol gawang Eibar pada hari Sabtu (22/2/2020) © AP Photo

Lionel Messi bersinar pada Piala Dunia U-20 2005 di Belanda. Saat itu, sosoknya belum begitu dikenal karena masih bermain di Barcelona B.

Namun, Messi membuktikan kualitasnya dengan mencetak enam gol, sekaligus meraih Golden Ball. Pada partai final melawan Nigeria, Argentina menang 2-1. Gol kemenangan Argentina dicetak La Pulga.

Sejak saat itu, karier Messi terus melejit, hingga telah meraih lima kali gelar Ballon d'Or.

6 dari 8

Zvonimir Boban

Zvonimir Boban
Zvonimir Boban © AFP

Pada Piala Dunia U-20 1987, Robert Prosinecki memang tampil sebagai pemain terbaik. Namun, karier sepak bola Zvonimir Boban terbilang lebih cemerlang. Ia dikenal sebagai penyerang andal AC Milan dekade 1990-an.

Kala itu, Boban tergabung bersama skuat Yugoslavia U-20. Ia berada satu tim dengan Davor Suker dan Predrag Mijatovic. Pada Piala Dunua U-20 1987, Boban mengoleksi tiga gol.

7 dari 8

Andres Iniesta

Andres Iniesta
Andres Iniesta © AFP

Satu hal yang mungkin jarang diketahui orang yakni soal persahabatan Andres Iniesta dengan Dani Alves. Ya, dua pesepak bola yang pernah merumput di Barcelona ini pertama kali bertemu di ajang Piala Dunia U-20 2003.

Menariknya, Andres Iniesta yang membela Spanyol U-20 kandas di tangan Brasil U-20 di laga final, di mana Dani Alves dan Fernandinho menjadi satu tim di sana.

8 dari 8

Javier Saviola

Javier Saviola
Javier Saviola © AFP

Javier Saviola merupakan satu di antara penyerang Argentina terbaik. Sama seperti tujuh pemain sebelumnya, ia juga jebolan Piala Dunia U-20, tepatnya tahun 2001.

Pada saat itu, Saviola berhasil mencetak 11 gol. Tak tanggung-tanggung, mantan pemain Barcelona itu juga menjadi pemain terbaik dan mengantar tim Tango keluar sebagai juara usai mengalahkan Ghana dengan skor 3-0.

Disadur dari Bola.com (penulis Gregah Nurikhsani)

Published 6/7/2020