FOLLOW US:


9 Barter Pemain Terbesar dalam Sepak Bola, Griezmann-Saul Berikutnya?

16-07-2021 12:19

 | Aga Deta

9 Barter Pemain Terbesar dalam Sepak Bola, Griezmann-Saul Berikutnya?
Pemain Barcelona, Antoine Griezmann © AP Photo

Bola.net - Barcelona dan Atletico Madrid dikabarkan akan melakukan barter pemain di musim panas ini. Antoine Griezmann dan Saul Niguez diisukan bakal bertukar tempat.

Griezmann merupakan salah satu pemain yang bakal dijual Blugrana pada musim panas ini. Pemain asal Prancis itu ingin dilego untuk mengurangi beban gaji klub.

Sementara Saul ingin mencari tantangan baru dalam kariernya. Tampaknya Barcelona akan jadi pelabuhan baru dalam kariernya.

Jika Griezmann dan Saul pada akhirnya bertukar tempat, ini bakal menjadi pertukaran pemain yang paling menyita perhatian di bursa transfer musim panas ini.

Namun, barter pemain sebenarnya sudah biasa terjadi dalam sejarah sepak bola. Berikut ini sejumlah pertukaran pemain yang terjadi dalam beberapa tahun ke belakang.

1 dari 9

Diego Simeone - Christian Vieri (1999)

Diego Simeone - Christian Vieri (1999)
Christian Vieri © AFP

Inter Milan mencapai kesepakatan dengan Lazio untuk merekrut Christian Vieri. Transfer tersebut terjadi pada 1999.

Inter menyerahkan Diego Simeone untuk mendapatkan Vieri. Mereka juga harus mengeluarkan uang 40 juta euro kepada Lazio demi bomber asal Italia tersebut.

2 dari 9

Ricado Quaresma - Deco (2004)

Ricado Quaresma - Deco (2004)
Deco dan Lionel Messi © AFP

Pada tahun 2004, Barcelona melakukan barter pemain dengan Porto. Ricardo Quaresma bertukar tempat dengan Deco.

Barcelona membayar 15 juta euro untuk mendapatkan Deco. Sementara Quaresma meninggalkan klub Catalan untuk kembali ke Portugal.

3 dari 9

William Gallas - Ashley Cole (2006)

William Gallas - Ashley Cole (2006)
Ashley Cole © AFP

Pertukaran pemain yang mengejutkan juga terjadi di Premier League pada 2006. Barter pemain ini melibatkan sesama klub London Chelsea dan Arsenal.

William Gallas membelot ke Arsenal dan Ashley Cole datang ke Stamford Bridge. The Gunners juga membayar 7 juta euro untuk menuntaskan kesepakatan ini.

4 dari 9

Julio Baptista - Antonio Reyes (2006)

Julio Baptista - Antonio Reyes (2006)
Julio Baptista © AFP

Menjelang penutupan bursa transfer musim 2006/07, Real Madrid menukar Julio Baptista dengan pemain Arsenal Jose Antonio Reyes. Kedua pemain bertukar tempat dengan status pinjaman selama satu musim.

Reyes memainkan peran penting dalam membawa Los Blancos meraih gelar La Liga ke-30 mereka. Sementara Baptista gagal memenangkan gelar bersama The Gunners.

5 dari 9

Luis Garcia - Fernando Torres (2007)

Luis Garcia - Fernando Torres (2007)
Fernando Torres dan Steven Gerrard © LFC

Liverpool mengeluarkan 36 juta euro untuk merekrut Fernando Torres dari Atletico Madrid. Kesepakatan ini juga melibatkan Luis Garcia.

Luis Garcia dihargai 4 juta euro dan sang pemain akhirnya kembali ke Estadio Vicente Calderon. Sementara Torres kemudian melejit di Premier League.

6 dari 9

Samuel Eto’o dan Zlatan Ibrahimovic (2009)

Samuel Etoâo dan Zlatan Ibrahimovic (2009)
Samuel Eto’o dan Zlatan Ibrahimovic © AFP

Setelah meraih treble winners pada 2009, Barcelona menginginkan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan. Mereka kemudian memberikan 45 juta euro ditambah Samuel Eto’o untuk mendapatkan Ibrahimovic.

Samuel Eto’o berhasil meraih treble lainnya setelah datang Giuseppe Meazza. Sementara penyerang Swedia gagal di Camp Nou karena tidak sejalan dengan Josep Guardiola.

7 dari 9

David Luiz - Nemanja Matic (2011)

David Luiz - Nemanja Matic (2011)
David Luiz © AP

Pada bursa transfer musim dingin 2011, Chelsea merekrut David Luiz dari Benfica. Bek asal Brasil itu ditebus dengan biaya 20 juta euro ditambah bonus.

Di sisi lain, Nemanja Matic harus meninggalkan Stamford Bridge dan pindah ke Benfica. Gelandang asal Serbia itu akhirnya kembali ke Chelsea pada tahun 2014.

8 dari 9

Alexis Sanchez - Henrik Mkhitaryan (2018)

Alexis Sanchez - Henrik Mkhitaryan (2018)
Alexis Sanchez © AFP

Manchester United dan Arsenal pernah melakukan pertukaran pemain. Setan Merah mengirim Henrikh Mkhitaryan ke Emirates, dengan Alexis Sanchez bergabung ke Old Trafford pada 2018.

Sayangnya, kedua pemain ini gagal memenuhi ekspektasi di klub barunya. Sanchez sekarang bermain di Inter Milan dan Mkhitaryan membela AS Roma.

9 dari 9

Arthur Melo - Miralem Pjanic (2020)

Arthur Melo - Miralem Pjanic (2020)
Miralem Pjanic © FCB

Barcelona melakukan barter pemain dengan Juventus pada musim panas 2020. Mereka melepas Arthur Melo ke Turin dan Miralem Pjanic datang ke klub Catalan.

Setahun berselang, Barcelona dikabarkan ingin menjual Pjanic pada musim panas ini. Gelandang asal Bosnia itu tidak banyak tampil pada musim lalu.

Sumber: Marca