FOLLOW US:


Akankah Jose Mourinho Mengikuti Jejak Roberto Di Matteo?

26-10-2015 15:24

 | Jose Mourinho

Akankah Jose Mourinho Mengikuti Jejak Roberto Di Matteo?
© AFP

Bola.net - From Hero to Zero, mungkin kalimat ini bisa menjadi gambaran apa yang terjadi pada Chelsea pada musim ini. Tampil perkasa sebagai juara Premier League musim lalu ternyata tidak menjamin Chelsea dapat mengulangi prestasinya pada musim ini. Alih-alih menjadi penantang gelar, The Blues musim ini menjadi pesakitan dengan terdampar di peringkat ke-15 klasemen Premier League.

Dengan komposisi tim yang tidak jauh berbeda dengan musim lalu membuat banyak pihak bertanya-tanya ada apa dengan Chelsea musim ini. Sang manajer Jose Mourinho seakan kehilangan sentuhan magisnya dalam meracik strategi sehingga kekalahan demi kekalahan harus menjadi realitas yang harus diterima oleh para fans Chelsea di seluruh dunia.

Meski sang pemilik Chelsea, Roman Abramovic sempat mengungkapkan bahwa ia mendukung penuh Jose Mourinho dalam periode sulit ini bukan berarti bahwa ia bisa terus menerus menerima kekalahan. Rentetan kekalahan yang diderita The Blues ini mulai memantik isu tak sedap yang menyebut bahwa The Special One akan segera mendapat pemecatan dalam waktu dekat ini.

Harian Express bahkan menyebut nasib Jose Mourinho akan ditentukan pada laga akhir bulan ini ketika Chelsea akan berhadapan dengan Liverpool dibawah komando Jurgen Klopp. Jika Chelsea kembali menelan kekalahan, hampir bisa dipastikan Jose Mourinho resmi didepak dari kursi pelatih Chelsea.

Jika melihat track record Abramovic sebagai pemilik klub, rasa-rasanya pemberitaan tersebut bisa menjadi kenyataan. Sepanjang 12 tahun menjadi Bos Chelsea, Abramovic dikenal memiliki kegemaran untuk memecat manajer jika dianggap kinerjanya tidak memuaskan. Tercatat sudah ada 10 Manajer yang menukangi The Blues semenjak klub asal London tersebut dibeli Abramovic di tahun 2003 silam.

Situasi yang dialami Jose Mourinho ini kurang lebih sama dengan situasi yang menimpa mantan caretaker Chelsea, Roberto Di Matteo. Di Matteo yang pada saat itu menjadi Manajer Interim Chelsea pada saat itu sukses mengantarkan Chelsea mengawinkan gelar FA Cup dan Liga Champions di tahun 2012. Ironisnya beberapa bulan setelah pencapaiannya tersebut, Di Matteo harus mengalami pahitnya pemecatan setelah Abramovic tidak puas dengan pencapaian The Blues yang mengalami rentetan hasil negatif baik di liga Premier maupun di Liga Champions.

Jika seandainya Chelsea benar-benar kalah dari Liverpool dan skenario pemecatan tersebut akhirnya terlaksana, maka Jose Mourinho resmi mengikuti jejak Di Matteo. Ia akan menjadi Manajer Chelsea kedua di Era Abramovic yang dipecat sebelum tengah musim dan ironisnya lagi keduanya sama-sama dipecat di bulan November..

Bagaimana menurut anda sekalian Bolaneters? Apakah Jose Mourinho benar-benar dipecat pada Bulan November nanti? Sampaikan pendapat anda dengan bijak di kolom komentar.