FOLLOW US:


Analisis dan Prediksi Piala Dunia 2018: Grup B

30-05-2018 12:51
Analisis dan Prediksi Piala Dunia 2018: Grup B
Cristiano Ronaldo © AFP

Bola.net -
Portugal (lihat profil tim)
Spanyol (lihat profil tim)
Maroko (lihat profil tim)
Iran (lihat profil tim)

JADWAL PERTANDINGAN
15 Juni 22:00 WIB - Maroko vs Iran
16 Juni 01:00 WIB - Portugal vs Spanyol
20 Juni 19:00 WIB - Portugal vs Maroko
21 Juni 01:00 WIB - Iran vs Spanyol
26 Juni 01:00 WIB - Iran vs Portugal
26 Juni 01:00 WIB - Spanyol vs Maroko.

Spanyol (c) AFP
Spanyol (c) AFP

ANALISIS KEKUATAN
Portugal
Ini bisa jadi merupakan kesempatan terakhir bagi Cristiano Ronaldo untuk coba membawa Portugal menjuarai Piala Dunia.

Portugal sudah membuktikan kalau mereka punya apa yang diperlukan untuk memenangi sebuah turnamen besar. Portugal menunjukkannya dengan mengalahkan tuan rumah Prancis di final EURO 2016, meski Ronaldo cedera di babak pertama.

Setelah menaklukkan Eropa, dengan skuat yang nyaris sama, kini Portugal akan mencoba berbicara di panggung paling akbar.

Spanyol
Sementara itu, Spanyol sudah berhasil memulihkan reputasi mereka sebagai salah satu tim terbaik di Eropa. Usai gagal di Piala Dunia 2014 dan EURO 2016, La Furia Roja telah banyak berbenah.

Kini, di bawah kepelatihan Julen Lopetegui, Spanyol masih belum tersentuh kekalahan. Satu-satunya hasil negatif adalah imbang 3-3 dalam uji coba melawan Rusia pada November 2017.

Spanyol memiliki skuat dengan kekuatan merata di tiap lini. Dari belakang sampai depan, ada nama-nama top semacam David De Gea, Gerard Pique, Sergio Ramos, Andres Inesta, David Silva, Isco, hingga Diego Costa.

Maroko
Maroko kembali ke Piala Dunia setelah 20 tahun lamanya. Kali ini mereka datang dengan sejumlah talenta muda menjanjikan seperti Hakim Ziyech dan Younes Belhanda.

Di bawah kepelatihan Herve Renard (Prancis), Mehdi Benatia dan kawan-kawan menjadi sebuah tim yang disiplin dengan permainan menarik. Mereka menampilkan permainan bertahan yang solid dan serangan dengan tempo cepat.

Iran
Iran tak terkalahkan dalam 18 laga di babak kualifikasi. Mereka bakal mengusung kepercayaan diri tinggi di Piala Dunia kelimanya ini.

Iran tanpa kemenangan di Brasil 2014. Namun kali ini pelatih Carlos Queiroz menargentikan kelolosan dari fase grup. Dia juga menegaskan bahwa Iran bukan cuma turis di Rusia.

Maroko (c) AFP
Maroko (c) AFP

PREDIKSI
Tak bisa dibantah, Portugal dan Spanyol adalah dua favorit terdepan untuk lolos dari grup ini. Di atas kertas, Maroko dan Iran dianggap sebagai pelengkap.

Lalu siapa yang bakal finis sebagai juara grup, sang juara dunia 2010 ataukah sang juara Eropa 2016?

Laga pertama, di mana dua kekuatan Eropa ini langsung saling berhadapan, bakal sangat menentukan. Ini adalah laga yang tak bisa dilewatkan.

Prediksi lolos babak 16 besar: Portugal, Spanyol.

Sardar Azmoun (c) AFP
Sardar Azmoun (c) AFP

FAKTA & STATISTIK
  • Portugal sudah familier dengan Rusia. Sebagai juara EURO 2016, Portugal tampil di Piala Konfederasi 2017 di Rusia. Pasukan Fernando Santos finis sebagai juara tiga.
  • Sardar Azmoun, striker 22 tahun yang bermain di liga Rusia untuk Rubin Kazan, akan menjadi tumpuan Iran di lini serang. Sardar Azmoun mencetak 11 gol di kualifikasi, sama banyaknya dengan Tim Cahill (Australia), Christian Eriksen (Denmark) dan Romelu Lukaku (Belgia).
  • Morocco lolos ke Rusia 2018 setelah menjuari Grup C kualifikasi zona Afrika. Grup ini adalah grup yang cukup ketat, tapi Maroko mampu memenangi persaingan melawan Pantai Gading, Gabon dan Mali.
  • Iran adalah tim ketiga yang memastikan diri tampil di Piala Dunia 2018, setelah tuan rumah Rusia dan Brasil.
  • Andres Iniesta, yang mencetak gol tunggal penentu kemenangan Spanyol atas Belanda di final Piala Dunia 2010, saat ini sudah berusia 34.
  • Spanyol lolos dari babak kualifikasi menuju Rusia 2018 tanpa tersentuh kekalahan. Mereka sembilan kali menang dan hanya sekali imbang, termasuk menghajar Italia 3-0. (bola/gia)