Antonio Rudiger Berikutnya, 9 Legenda Chelsea yang Pergi Secara Gratis

Aga Deta | 27 April 2022 14:17
Antonio Rudiger. (c) AP Photo

Bola.net - Antonio Rudiger akan segera berpisah dengan Chelsea. Dia telah memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja sama dengan The Blues.

Kontrak Rudiger bersama Chelsea akan habis pada 30 Juni 2022 mendatang. Pemain belakang asal Jerman tersebut tidak akan memperpanjang masa baktinya di klub.

Dengan demikian, Rudiger akan meninggalkan Stamford Bridge secara gratis pada musim panas nanti. Real Madrid berpeluang besar menjadi tujuan buat sang pemain pada musim depan.

Kepergian Rudiger akan menjadi kehilangan besar buat Chelsea. Namun, dia bukan satu-satunya pemain hebat yang meninggalkan The Blues dengan status bebas transfer.

Berikut ini sembilan pemain sebelumnya yang pernah mengalami nasib tersebut.

1 dari 9 halaman

John Terry

John Terry (c) AFP

John Terry merupakan kapten, bek tangguh dan legenda Chelsea. Dia telah mengantarkan The Blues meraih banyak kesuksesan dalam sepanjang kariernya.

Sepanjang kiprahnya di Stamford Bridge pada 1998-2017, Terry mencatatkan 713 pertandingan dengan mencetak 67 gol dan 29 assist. Dia juga meraih lima gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions.

Setelah membela Chelsea selama bertahun-tahun, Terry akhirnya pindah ke Aston Villa dengan status bebas transfer. Dia membela The Villans selama semusim sebelum gantung sepatu.

2 dari 9 halaman

Frank Lampard

Frank Lampard. (c) AP Photo

Frank Lampard menikmati waktu yang sangat sukses selama 13 tahun di Chelsea. Dia membuat 648 penampilan untuk klub tersebut dan mencetak 211 gol.

Namun, Lampard membuat keputusan kontroversial setelah meninggalkan Chelsea pada tahun 2014. Dia memutuskan untuk melanjutkan kariernya di Manchester City.

Lampard membela The Citizens selama satu musim. Setelah itu, mantan gelandang timnas Inggris tersebut mengakhiri kariernya bersama klub MLS New York City FC.

3 dari 9 halaman

Didier Drogba

Didier Drogba (c) AFP

Didier Drogba pertama kali bergabung dengan Chelsea pada 20 Juli 2004. Striker asal Pantai Gading ini tampil sangat tajam di lini depan The Blues.

Setelah meraih kesuksesan di Stamford Bridge, Drogba meninggalkan Chelsea pada tahun 2012. Dia kemudian pindah ke klub China Shanghai Shenhua secara gratis.

Setelah bermain dua musim di Galatasaray, Drogba akhirnya kembali ke Chelsea pada 2014. Dia sempat membantu The Blues meraih gelar Premier League sebelum pindah ke Montreal Impact.

4 dari 9 halaman

Ashley Cole

Ashley Cole (c) afp

Ashley Cole datang ke Chelsea pada tahun 2006 setelah ditransfer dari Arsenal. Kepindahan Cole tersebut sempat membuat marah fans The Gunners.

Cole membela Chelsea hingga tahun 2014. Dia mencatatkan 338 pertandingan di semua kompetisi untuk The Blues dengan mencetak tujuh gol dan 38 assist.

Bek asal Inggris tersebut membantu Chelsea meraih sembilan gelar sebelum meninggalkan Stamford Bridge dengan status bebas transfer. Cole akhirnya pensiun pada 2019 setelah membela Derby County.

5 dari 9 halaman

Branislav Ivanovic

Fernando Torres dan Branislav Ivanovic mengangkat trofi juara Liga Europa pada tahun 2013 (c) Chelsea FC Official

Branislav Ivanovic memulai kariernya di Premier League bersama Chelsea. Dia tiba di Stamford Bridge pada 2008 dan akhirnya angkat kaki pada 2017.

Ivanovic mampu tampil impresif selama beseragam Chelsea. Pemain belakang asal Serbia tersebut mencatatkan 377 penampilan dengan sumbangan 34 gol dan 34 assist untuk The Blues.

Setelah membela Chelsea selama sembilan tahun, Ivanovic pindah ke Rusia dengan memperkuat Zenit St Petersburg. Dia sempat membela West Brom selama semusim sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2021.

6 dari 9 halaman

John Obi Mikel

John Obi Mikel bergabung dengan Chelsea pada 2006 dari klub Norwegia Lyn. Diaa membuat 372 penampilan di semua kompetisi dan mencetak enam gol selama berada di Stamford Bridge.

Mikel mempunyai karier yang sukses saat memperkuat Chelsea. Dia memenangkan Liga Champions dan Liga Europa, dua Premier League, tiga Piala FA, dan Piala Liga selama bersama klub London itu.

Setelah meninggalkan Chelsea, Mikel bergabung dengan klub China Tianjin Teda pada 2017. Setelah itu, dia sempat bermain bersama Stoke City dan Kuwait SC.

7 dari 9 halaman

Claude Makelele

Chelsea memboyong Claude Makelele pada musim panas 2000. Gelandang berkebangsaan Prancis tersebut didatangkan dari Real Madrid dengan harga sebesar 20 juta euro.

Makelele bermain untuk Chelsea selama delapan musim. Mantan pemain Marseille tersebut mampu meraih kesuksesan besar selama berada di Stamford Bridge.

Makelele berhasil memenangkan enam gelar termasuk dua titel Premier League. Dia mencatatkan 217 penampilan bersama The Blues sebelum melanjutkan kariernya di PSG pada 2008.

8 dari 9 halaman

Gary Cahill

Gary Cahill (c) CFC

Gary Cahill didatangkan Chelsea dari Bolton Wanderers pada Januari 2012 dengan mahar sebesar 8,4 juta euro. Cahill tercatat menghabiskan waktunya bersama The Blues selama tujuh setengah musim musim.

Cahill memainkan 290 pertandingan dengan torehan 25 gol dan tujuh assist di semua kompetisi untuk Chelsea. Mantan pemain timnas Inggris ini juga memenangkan dua gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions.

Pada musim panas 2009, Cahill meninggalkan Chelsea dan kemudian bergabung Crystal Palace. Pemain yang kini berusia 36 tahun tersebut hengkang ke Selhurst Park dengan status bebas transfer.

9 dari 9 halaman

Salomon Kalou

Salomon Kalou didatangkan Chelsea dari Feyenoord pada tahun 2006. Pemain asal Pantai Gading diangkut ke Stamford Bridge dengan biaya senilai 9 juta poundsterling.

Meskipun jarang menjadi pilihan utama, namun Salomon Kalou memiliki peran penting di Chelsea. Secara keseluruhan, Kalou berhasil tampil sebanyak 254 kali dan menyumbang 60 gol serta 44 assist.

Berkat kemampuannya di lini depan, Kalou berhasil membantu Chelsea dalam meraih sejumlah gelar. Kalou meninggalkan The Blues pada 2012 dan pindah ke Lille dengan status bebas transfer.

Sumber: Planet Football

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR