FOLLOW US:


CLBK! Dani Alves dan Para Pemain yang Kembali ke Mantan Klubnya

18-11-2021 14:45

 | Aga Deta

CLBK! Dani Alves dan Para Pemain yang Kembali ke Mantan Klubnya
Dani Alves dalam sesi pengenalan sebagai pemain anyar Barcelona. © AP Photo

Bola.net - Dani Alves akhirnya kembali ke Barcelona. Pemain berusia 38 tahun tersebut direkrut oleh Braugrana secara gratis.

Dani Alves sebelumnya merupakan pemain yang berstatus tanpa klub. Terakhir dia meninggalkan Sao Paulo pada September 2021.

Bek sayap asal Brasil tersebut mejadi rekrutan pertama pelatih anyar, Xavi Hernandez. Kehadiran Alves bisa menambah sosok pemain senior di ruang ganti Barcelona.

Tapi Alves bukan satu-satunya pemain yang kembali ke mantan klubnya. Beberapa pemain lainnya pernah melakukan hal yang sama.

Berikut ini 8 pemain yang memutuskan untuk memperkuat mantan klubnya.

1 dari 8

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo. © AP Photo

Cristiano Ronaldo memulai karier sepak bolanya di Sporting Lisbon. Dia kemudian hijrah ke Inggris berrsama Manchester United pada tahun 2003.

Setelah enam tahun di Old Trafford, Ronaldo akhirnya pindah ke Real Madrid dengan status pemain termahal dunia pada 2009. Ronaldo menghabiskan sembilan musim di Santiago Bernabeu sebelum pindah ke Juventus.

Ronaldo membela Juventus selama tiga tahun. Bintang asal Portugal tersebut pada akhirnya kembali ke Manchester United pada musim panas tahun ini.

2 dari 8

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku
Selebrasi Romelu Lukaku setelah membobol gawang Zenit St Petersburg di penyisihan grup H Liga Champions 2021-2022, Rabu (15/9/2021) dini hari WIB. © AP Photo

Romelu Lukaku bergabung dengan Chelsea dari Anderlecht saat berusia 18 tahun pada 2011. Namun, sang pemain jarang mendapat kesempatan bermain di Stamford Bridge.

Setelah dipinjamkan ke West Brom dan Everton, Lukaku kemudian meninggalkan Chelsea. Dia membela The Toffees sebelum bermain untuk Manchester United pada 2017.

Setelah dua tahun membela Inter Milan, Lukaku akhirnya kembali ke Premier League. Bomber asal Belgia tersebut balik ke Chelsea dengan biaya transfer sebesar 115 juta euro.

3 dari 8

Thierry Henry

Thierry Henry
Thierry Henry © AFP

Thiery Henry menjadi salah satu striker terbaik dalam sejarah Premier League bersama Arsenal. Dia pindah ke Barcelona pada 2007 setelah delapan tahun membela The Gunners.

Setelah meraih kesuksesan bersama Barcelona, Henry memutuskan untuk mencoba tantangan baru di MLS. Mantan striker timnas Prancis tersebut memilih bergabung New York Red Bulls.

Saat membela New York Red Bulls, Henry tenyata masih belum bisa melupakan Arsenal. Dia kembali ke Emirates Stadium pada 2012 dengan status pinjaman selama dua bulan.

4 dari 8

Didier Drogba

Didier Drogba
Didier Drogba © AFP

Didier Drogba merupakan salah satu striker terbaik yang pernah membela Chelsea. Dia meraih tidak kurang dari sepuluh trofi, termasuk tiga gelar Premier League.

Drogba meninggalkan Chelsea setelah membantu klub meraih gelar Liga Champions pada tahun 2012. Dia melanjutkan kariernya bersama Shanghai Shenhua dan Galatasaray.

Drogba akhirnya kembali ke Stamford Bridge pada tahun 2014 di bawah asuhan Jose Mourinho. Dia membantu The Blues meraih gelar Premier League lainnya.

5 dari 8

Paul Pogba

Paul Pogba
Paul Pogba dalam laga MU vs Liverpool di partai pekan kesembilan Premier League 2021/2022. © AP Photo

Tidak banyak yang ingat periode pertama Paul Pogba di Manchester United. Dia hanya membuat tiga penampilan Premier League di bawah Sir Alex Ferguson.

Pemain Prancis itu bergabung dengan Juventus secara gratis pada 2012. Dia kemudian berkembang menjadi salah satu gelandang tengah terbaik di dunia di Serie A.

Pada tahun 2016, Man United berhasil memulangkan Pogba. Sang gelandang kembali ke Old Trafford dengan memecahkan rekor transfer dunia sebesar 89 juta pounds.

6 dari 8

Wayne Rooney

Wayne Rooney
Wayne Rooney © AFP

Wayne Rooney memulai karier sepak bolanya di Everton. Rooney kemudian bergabung dengan Manchester United pada tahun 2002.

Rooney menghabiskan 13 tahun di Old Trafford. Striker asal Inggris tersebut memenangkan banyak gelar termasuk lima titel Premier League dan Liga Champions.

Pada tahun 2017, Rooney memutuskan mengakhiri kariernya di Man United. Dia bergabung kembali dengan Everton dan bermain di sana selama satu musim.

7 dari 8

Gareth Bale

Gareth Bale
Gareth Bale © Pool via AP

Gareth Bale tampil sangat mengesankan bersama Tottenham. Real Madrid kemudian merekrutnya pada tahun 2013 dengan memecahkan rekor transfer dunia.

Bale memenangkan banyak gelar setelah datang ke Santiago Bernabeu. Namun, pemain asal Wales tersebut tersisih dari skuat Los Blancos pada era Zinedine Zidane.

Jose Mourinho kemudian memboyong Bale ke Tottenham dengan status pinjaman pada musim panas 2020. Bale membela Spurs selama semusim sebelum kembali ke Real Madrid.

8 dari 8

Nemanja Matic

Nemanja Matic
Diego Costa dan Nemanja Matic © CFC

Nemanja Matic bergabung dengan Chelsea pada 2009 dari klub Slovakia Kosice. Namun, dia tidak banyak mendapat kesempatan bermain di London Barat.

Sempat dipinjamkan ke Vitesse, Matic akhirnya dilepas ke Benfica pada 2011. Namun, gelandang asal Serbia tersebut akhirnya kembali ke Stamford Bridge tiga tahun berselang.

Matic membantu Chelsea meraih dua gelar Premier League. Namun, dia kembali meninggalkan The Blues pada 2017 untuk pindah ke Manchester United.

Sumber: Daily Star