FOLLOW US:


Deretan Pemain yang Pecahkan Rekor Transfer Klub Big Six Premier League

02-02-2021 15:35

 | Aga Deta

Deretan Pemain yang Pecahkan Rekor Transfer Klub Big Six Premier League
Gelandang Manchester United, Paul Pogba. © AP Photo

Bola.net - Premier League sering dianggap sebagai salah satu kompetisi terbaik di dunia. Namun, kompetisi ini sering didominasi oleh enam klub saja.

Mereka adalah Liverpool, Manchester United, Manchester City, Tottenham, Arsenal dan Chelsea. Keenam klub tersebut sering disebut dengan istilah Big Six.

Disebut demikian karena mereka merupakan tim reguler yang hampir selalu mengisi papan atas klasemen setiap musimnya. Selain itu, klub-klub tersebut juga diisi dengan pemain hebat dari seluruh dunia.

Tim-tim Big Six bisa dibilang cukup sering membeli pemain mahal untuk memperkuat skuadnya. Bahkan, beberapa pemain yang didatangkan mampu memecahkan rekor transfer klub.

Berikut ini para pemain yang telah memecahkan rekor transfer klub enam besar Premier League.

1 dari 6

6. Tanguy Ndombele (Tottenham)

6. Tanguy Ndombele (Tottenham)
Tanguy Ndombele bergabung dengan Tottenham Hotspur © THFC

Tanguy Ndombele didatangkan Tottenham dari Lyon. Pemain asal Prancis itu diboyong dengan harga 60 juta euro pada musim panas 2019.

Ndombele sempat kesulitan menembus skuad utama Jose Mourinho. Namun, seiring berjalannya waktu, ia mulai mendapatkan kepercayaan dari pelatih asal Portugal itu.

Sejauh ini, Ndombele telah bermain sebanyak 56 pertandingan di semua ajang untuk Spurs. Ia mampu menyumbang delapan gol dan tujuh assist.

2 dari 6

5. Kevin de Bruyne (Manchester City)

5. Kevin de Bruyne (Manchester City)
Gelandang Manchester City Kevin De Bruyne. © AP Photo

Kevin de Bruyne diboyong Manchester City pada musim 2015/16. Ia dibeli dengan biaya yang cukup besar saat itu, yakni 76 juta euro.

Namun, angka tersebut sangat sebanding dengan kualitas sang pemain di Etihad. De Bruyne sudah mencetak 60 gol dan 104 assist dari 245 pertandingan.

Selama berseragam City, mantan pemain Chelsea itu juga sudah memenangkan delapan gelar. Itu termasuk dua gelar Premier League secara beruntun.

3 dari 6

4. Kepa Arrizabalaga (Chelsea)

4. Kepa Arrizabalaga (Chelsea)
Kepa Arrizabalaga ketika pemanasan sebelum melawan Liverpool, 20 September 2020. © AP Photo

Kepa Arrizabalaga didatangkan Chelsea dari Athletic Bilbao pada musim 2018/2019. Kiper asal Spanyol itu ditebus The Blues dengan harga 80 juta euro.

Nilai tersebut menjadikan Kepa sebagai kiper termahal di dunia. Meski begitu, penampilan Kepa di bawah mistar gawang tidak terlalu mengesankan.

Kepa sudah mencatatkan 101 penampilan untuk Chelsea dengan torehan 34 clean sheet. Namun, Kepa sekarang harus tergeser ke bangku cadangan setelah kedatangan Edouard Mendy.

4 dari 6

3. Nicolas Pepe (Arsenal)

3. Nicolas Pepe (Arsenal)
Pemain Arsenal, Nicolas Pepe, beranjak keluar dari lapangan usai mendapatkan kartu merah saat melawan Leeds United, Minggu (22/11/2020). © AP Photo

Arsenal mengeluarkan 80 juta euro pada musim panas 2019/2020 untuk memboyong Nicolas Pepe. Pemain berusia 25 tahun itu didatangkan dari Lille.

Biaya sebesar itu langsung menjadikan Pepe sebagai pemain termahal dalam sejarah Arsenal. Wingers asal Pantai Gading itu diikat dengan kontrak berdurasi lima tahun di Emirates Stadium.

Penampilan Pepe sejauh ini masih belum sesuai harapan. Ia baru mencetak 14 gol dan 13 assist dari 67 penampilan bersama The Gunners.

5 dari 6

2. Virgil van Dijk (Liverpool)

2. Virgil van Dijk (Liverpool)
Virgil Van Dijk © Pool Reuters via AP Photo

Virgil van Dijk didatangkan dari Southampton pada pertengahan musim 2017/2018. Dengan banderol 84,65 juta euro, Van Dijk menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Liverpool.

Liverpool ternyata tidak sia-sia membeli Van Dijk dengan harga yang sangat mahal. Kehadiran pemain asal Belanda membuat lini pertahanan Liverpool semakin kukuh.

Van Dijk berhasil mengantarkan The Reds meraih gelar Premier League dan Liga Champions. Dia sudah mencatatkan 130 penampilan untuk Liverpool dengan mencetak 13 gol dan 6 assist.

6 dari 6

1. Paul Pogba (Manchester United)

1. Paul Pogba (Manchester United)
Reaksi Paul Pogba usai melewatkan peluang emas untuk cetak gol, Liverpool vs Manchester United. © AP Photo

Paul Pogba didatangkan Manchester United dari Juventus pada musim panas 2016. Pemain asal Prancis ini digaet dengan harga 105 juta euro.

Nilai transfer sebesar itu sempat menjadikan Pogba sebagai pemain termahal di dunia. Seiring berjalannya waktu, rekornya tersebut akhirnya dipecahkan oleh Neymar.

Selama membela MU, Pogba sudah mencatatkan 191 penampilan dengan mencetak 36 gol dan 36 assist. Selain itu, ia juga berhasil memenangkan Piala Liga dan Liga Europa.