FOLLOW US:


Deretan Pemain yang Pernah Membela Barcelona dan PSG Sebelum Lionel Messi

12-08-2021 13:57

 | Aga Deta

Deretan Pemain yang Pernah Membela Barcelona dan PSG Sebelum Lionel Messi
Lionel Messi, bintang baru PSG © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi sudah resmi berlabuh di PSG. Kedatangan Messi menambah panjang daftar pemain yang pernah membela Barcelona dan klub Prancis tersebut.

Setelah membela klub selama bertahun-tahun, Messi pada akhirnya meninggalkan Barcelona pada musim panas ini. Dia tidak bisa meneken kontrak baru bersama Blaugrana karena aturan salary cap di La Liga.

Setelah meninggalkan Barcelona, Messi tidak membutuhkan waktu lama untuk menemukan klub baru. La Pulga akhirnya memutuskan berkarier di Prancis bersama PSG.

Bintang Argentina tersebut telah menandatangani kontrak berdurasi dua tahun di PSG. Ada opsi perpanjangan satu tahun dalam kontraknya itu.

Kedatangan Messi di Parc des Princes tak pelak menambah panjang daftar pemain yang pernah membela Barcelona dan PSG. Lalu, siapa saja pemain yang melakukannya sebelum Messi?

Berikut ini 11 pemain yang pernah membela Barcelona dan PSG.

1 dari 11

Mikel Arteta

Mikel Arteta merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Dia mendapat kesempatan naik ke tim senior Blaugrana pada tahun 2000.

Sayangnya, Arteta kesulitan menemukan tempat di skuat utama Barcelona. Alhasil, gelandang asal Spanyol itu dipinjamkan ke PSG pada Januari 2001.

Arteta tampil sebanyak 53 kali di PSG. Namun, Arteta tak dipermanenkan oleh Les Parisiens dan dia harus kembali ke Barcelona pada Mei 2002.

2 dari 11

Ronaldinho

Ronaldinho
Ronaldinho © FC Barcelona

Ronaldinho mengawali kariernya di Eropa bersama PSG. Dia bergabung dengan klub Prancis itu dari Gremio pada Juli 2001.

Ronaldinho bermain untuk Les Parisiens hingga 2003. Dia ditebus Barcelona dengan biaya yang mencapai 32,25 juta euro.

Karier Ronaldinho semakin meroket bersama Barcelona. Pemain asal Brasil itu mampu menjuarai Liga Champions dan meraih Ballon d’Or selama berada di Camp Nou.

3 dari 11

Juan Pablo Sorin

Juan Pablo Sorin membela Barcelona pada bulan Januari hingga Juni 2003. Dia datang dari Cruzeiro dengan status pinjaman.

Sorin hanya mencatatkan 15 penampilan bersama Blaugrana. Dia tidak dipermanenkan oleh Blaugrana dan dia harus kembali ke Brasil.

Selepas dipinjamkan ke Barcelona, Cruzeiro kembali meminjamkan Sorin ke PSG. Dia memperkuat klub Prancis itu pada musim 2003/2004.

4 dari 11

Ludovic Giuly

Ludovic Giuly
Ludovic Giuly © FCB

Ludovic Giuly bergabung Barcelona pada 2004 dari AS Monaco. Dia bermain bersama Lionel Messi di Camp Nou.

Setelah membela Blaugrana selama tiga musim, Giuly pindah ke AS Roma. Dia memperkuat klub Italia tersebut selama satu musim.

Setelahnya, Giuly kembali ke Prancis dengan membela PSG. Dia berada di sana selama tiga musim sebelum kembali ke tim lamanya AS Monaco.

5 dari 11

Thiago Motta

Thiago Motta
Thiago Motta © Ist

Thiago Motta merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Dia kemudian memperkuat tim utama Blaugrana pada 2001 hingga 2007.

Setelah semusim di Atletico Madrid, Motta berpetualang di Italia. Dia memperkuat Genoa sebelum meraih treble winners bersama Inter Milan.

Motta lantas bergabung PSG pada 2012. Pemain kelahiran Brasil itu bertahan di klub Prancis hingga 2018 sebelum memutuskan pensiun.

6 dari 11

Maxwell

Maxwell
Maxwell © AFP

Setelah membela Inter Milan, Maxwell pindah ke Barcelona. Dia ditebus dengan mahar 4,5 juta euro.

Maxwell membela Barcelona selama 2,5 musim sejak Juli 2009 hingga Januari 2012. Dia memenangkan La Liga dan Liga Champions di Camp Nou.

Setelahnya, Maxwell dilepas ke PSG pada 2012. Dia bermain di Prancis hingga 2017 sebelum memutuskan pensiun dari dunia sepak bola.

7 dari 11

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic
Zlatan Ibrahimovic © AFP

Zlatan Ibrahimovic mulai berstatus sebagai pemain Barcelona pada 2009. Striker Swefia itu datang ke Spanyol dari Inter Milan.

Namun, karier Ibrahimovic di Camp Nou tidak berlangsung lama. Dia sempat dipinjamkan pada 2010 ke AC Milan sebelum dipermanenkan pada 2011.

Setelah dua musim membela Rossoneri, Ibrahimovic hijrah ke PSG dengan mahar 21 juta euro pada 2012.

8 dari 11

Lucas Digne

Lucas Digne
Lucas Digne © FCB

Lucas Digne mengawali karier di Lille. Bek kiri Prancis itu kemudian bergabung PSG pada tahun 2013.

Digne sempat dipinjamkan ke AS Roma selama semusim. Dia akhirnya bertahan di klub Prancis itu hingga 2016.

Pemain yang kini membela Everton tersebut kemudian hijrah ke Barcelona. Dia tak mendapat banyak tempat di Camp Nou sebelum hijrah ke Inggris.

9 dari 11

Dani Alves

Dani Alves
Dani Alves © AFP

Dani Alves datang ke Barcelona pada 2008. Sang pemain direkrut Blaugrana dari sesama klub Spanyol Sevilla.

Setelah membela Barcelona selama delapan tahun lamanya, Dani Alves memutuskan hengkang dari klub. Dia kemudian melanjutkan kariernya di Juventus.

Pasca setahun membela Juventus, Dani Alves hijrah ke PSG pada 2017. Dia bermain di Prancis selama dua musim sebelum kembali ke kampung halamannya Brasil.

10 dari 11

Neymar

Neymar
Neymar ketika diperkenalkan sebagai pemain PSG dua tahun lalu. © AFP

Neymar pindah ke Barcelona dari Santos pada tahun 2013. Dia kemudian membentuk trio MSN bersama Lionel Messi dan Luis Suarez di Camp Nou.

Selama di Barcelona, Neymar berhasil memenangkan satu trofi UCL, dua La Liga, tiga Copa Del Rey, dan satu Piala Super Spanyol. Dia berhasil mencetak 105 gol dan 76 assist dalam 186 penampilannya bersama Blaugrana.

Setelah empat tahun di Barcelona, Neymar akhirnya pindah ke PSG dengan biaya sebesar 222 juta euro. Dia pun tercatat sebagai pemain termahal dunia yang baru.

11 dari 11

Rafinha

Rafinha
Rafinha Alcantara © AFP

Rafinha merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Sang gelandang menjalani debut di tim utama Barcelona pada tahun 2011.

Sayangnya, cedera menghambat karier Rafinha di Camp Nou. Dia sejauh ini sudah mencatatkan 12 gol dan 8 assist dalam 90 pertandingan yang diikutinya.

Sempat dipinjamkan ke beberapa klub, Rafinha akhirnya meninggalkan Barcelona pada 2020. Dia melanjutkan kariernya di Prancis dengan bergabung PSG.

Sumber: berbagai sumber