FOLLOW US:


Ibrahimovic dan Rekrutan Barcelona di Musim 2009/10, Siapa Saja yang Sukses?

23-06-2021 16:00

 | Aga Deta

Ibrahimovic dan Rekrutan Barcelona di Musim 2009/10, Siapa Saja yang Sukses?
Zlatan Ibrahimovic © AFP

Bola.net - Barcelona menjalani musim yang cukup bagus pada musim 2009/10. Klub berjuluk Blaugrana itu mampu meraih sejumlah gelar.

Barcelona menjalani musim 2009/10 di bawah asuhan Josep Guardiola. Pelatih asal Spanyol itu berhasil mempersembahkan gelar La Liga, Supercopa de Espana, UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antar Klub.

Di ajang Liga Champions, perjalanan Barcelona hanya sampai babak semifinal. Raksasa Spanyol itu disingkirkan Inter Milan yang akhirnya menjadi juara.

Pada musim 2009/10, Guardiola mendatangkan empat pemain baru ke Barcelona. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya di Camp Nou? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic
Zlatan Ibrahimovic © AFP

Barcelona membuat kejutan di bursa transfer musim panas 2009. Mereka sepakat untuk menukar Samuel Eto'o dengan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan.

Tetapi karier Ibrahimovic di Catalan tidak berjalan sesuai rencana. Meski mencetak gol untuk Barcelona, hubungannya dengan sang pelatih Josep Guardiola tidak harmonis

Ibrahimovic kemudian dipinjamkan ke AC Milan pada musim berikutnya. Bomber Swedia itu mengumpulkan 22 gol dalam 46 penampilan selama satu musim di Camp Nou.

2 dari 4

Maxwell

Maxwell
Maxwell © AFP

Maxwell mengikuti Zlatan Ibrahimovic ke Barcelona. Pemain belakang asal Brasil itu diboyong dari Inter Milan dengan banderol sebesar 5 juta Euro.

Bersama Barcelona, Maxwell tak langsung menembus starting line-up. Dia baru mendapat peluang tampil reguler ketika Eric Abidal cedera.

Selama berseragam Los Blaugrana, Maxwell tampil 89 kali dan mencetak dua gol. Dia juga membantu Barcelona meraih dua La Liga, satu Copa del Rey, dua Supercopa Spanyol, satu Liga Champions, satu Piala Super UEFA, dan dua Piala Dunia Antarklub.

3 dari 4

Keirrison

Keirrison
Keirrison © AFP

Keirrison menjalani enam bulan yang menakjubkan dengan Palmeiras, sebelum pindah ke Barcelona. Dia ditebus dengan biaya 14 juta juta euro dengan tambahan bonus dua juta euro.

Barcelona memutuskan untuk langsung meminjamkan Keirrison ke Benfica. Dia kemudian menjalani masa peminjaman lagi ke Fiorentina, Santos, Cruzeiro, dan Coritiba.

Pada tahun 2014, kontrak Keirrison dengan Barcelona dihentikan. Dia kembali ke Coritiba dalam sebuah kesepakatan permanen tanpa pernah bermain sekalipun untuk Barcelona.

4 dari 4

Dmytro Chygrynskiy

Dmytro Chygrynskiy
Dmytro Chygrynskiy © AFP

Setelah membantu Shakhtar Donetsk meraih juara Piala UEFA, Chygrynskiy pindah ke Barcelona. Dia pun menjadi pemain Ukraina pertama yang bermain di Camp Nou.

Sayangnya, meski dianggap sebagai pemain bertahan yang kuat, Chygrynskiy kesulitan masuk ke tim utama. Dia tidak mampu menggeser duet Carles Puyol dan Gerard Pique di jantung pertahanan Blaugrana.

Chygrynskiy hanya membuat 14 penampilan untuk klub Catalan. Dia dijual kembali ke Shakhtar pada akhir musim dengan biaya yang jauh lebih rendah dari harga belinya.

Sumber: berbagai sumber