JORDAN HENDERSON: 10 Hal Menarik Tentang Bintang Baru Liverpool

09-06-2011 08:00
Jordan Henderson, 20 juta pounds dari Sunderland ke Liverpool. (c) GettyImages
Jordan Henderson, 20 juta pounds dari Sunderland ke Liverpool. (c) GettyImages

Bola.net - Oleh: Zulfikar Aleksandri
Liverpool dan Sunderland sepakat transfer senilai 20 juta pounds atau hampir Rp 280 miliar untuk bintang muda timnas Inggris, Jordan Henderson.

Tak sedikit kalangan yang menilai harga Henderson terlalu mahal, namun tak sedikit yang menganggap Henderson pantas dihargai mahal sebagai aset masa depan Liverpool.

Bagaimana kiprah dan perjalanan karir Henderson selama ini? Berikut 10 hal menarik tentang Henderson.

1. Nama lengkapnya Jordan Brian Henderson, lahir 17 Juni 1990 di Sunderland dan bergabung dengan tim lokal saat masih sekolah di Carringdon Community Sports College. Ia merupakan produk asli akademi sepak bola Sunderland.

2. Henderson memainkan laga pertamanya di tim senior Sunderland pada 1 November 2008 saat The Black Cats kalah 0-5 dari Chelsea di Stamford Bridge. Debut Henderson di Stadium of Lights sekaligus penampilan pertamanya sebagai starter adalah saat menghadapi Blackburn Rovers di Piala Liga (Carling Cup).

3. Henderson sempat dipinjamkan ke tim Divisi Satu (Championship) Coventry City selama sebulan pada musim 2008-09 dan melakukan debutnya saat Sky Blues kalah 1-2 dari Derby County. Kontrak pinjaman Henderson kemudian diperpanjang hingga akhir musim. Saat dipinjamkan ke Coventry, Henderson mengalami cedera metatarsal kaki sebelum kembali ke Sunderland pada April 2009.

4. Gol pertama Henderson di Premier League pada 19 Desember 2009 ke gawang Manchester City. Henderson kemudian meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik musim 2009-10.

5. Musim 2009-10, Henderson bermain reguler di tim inti dan mencetak gol pertamanya untuk Sunderland pada pertandingan putaran tiga Piala Liga menghadapi Birmingham City. Ia kemudian menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun bersama Sunderland dan melakukan debutnya di timnas Inggris U21 lawan Uzbekistan di Bristol, Agustus 2010.

6. Musim lalu Henderson menghasilkan 39 peluang lebih banyak dari rekan-rekannya. Total Henderson mencatat 82 peluang, berada di urutan kelima setelah Florent Malouda, Kevin Davies, Chris Brunt, dan Stewart Downing. Ia hanya sekali absen di Premier League, mencatat 41 tekel bersih dari 62 tekel dan hanya dua kali mendapat kartu kuning.

7. Henderson dipanggil ke timnas Inggris senior oleh Fabio Capello dan melakukan debutnya pada 17 November saat Inggris kalah 1-2 di Wembley. Hingga kini Henderson telah bermain sembilan kali untuk The Three Lions di semua level. Debutnya di Inggris U19 adalah lawan Republik Ceska tahun 2009.

8. Henderson dua musim berturut-turut terpilih sebagai pemain terbaik Sunderland musim 2009-10 dan 2010-11. Ia juga masuk dalam skuad Inggris U21 pada Piala Eropa U21 di Denmark.

9. Pada Januari 2011, Henderson masuk dalam daftar nominasi pada website FIFA sebagai 13 pemain muda potensial bersama kiper Atletico Madrid David De Gea dan striker Anderlecht Romelu Lukaku.

10. Henderson merupakan pembelian pemain pertama Kenny Dalglish musim panas ini. Setelah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun, Henderson langsung terbang ke Denmark menyusul rekan-rekan setimnya di Piala Eropa U21. (bola/zul)

LIGA ITALIA - Doni Antusias Bermain Untuk Liverpool

Rekomendasi Pilihan



.


Komentar Pembaca (2 komentar)
steven friez, ruang tv
22:24 13 Juni 2011
liverpool bakal juara disemua compitisi dan bersama henderson bintang barunya.
The Kop, Bintaro
10:13 09 Juni 2011
Wah ane baru tau gan dia pemain terbaik sunderland,, ane kira malah yang uda lebih tua.. Daglish is the best!


ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA