FOLLOW US:


Kepa Arrizabalaga - Dari Kasta Keempat, Kini Menjadi Kiper Termahal di Muka Bumi

10-08-2018 15:40
Kepa Arrizabalaga - Dari Kasta Keempat, Kini Menjadi Kiper Termahal di Muka Bumi
© Chelsea FC

Bola.net - Tanggal 19 Juli 2018, Liverpool merekrut Alisson dari AS Roma dengan nilai transfer £66,8 juta (€72,5 juta) dan menjadikannya kiper termahal dunia. Itu memecahkan rekor transfer sebelumnya, Gianluigi Buffon dari Parma ke Juventus senilai £33 juta (€52 juta) pada tahun 2001 silam. Namun rekor baru ini ternyata tak bertahan lama.

Hanya 20 hari berselang, pada tanggal 8 Agustus 2018, sehari sebelum deadline di Inggis, rekor transfer termahal untuk seorang penjaga gawang langsung dipecahkan oleh klub Inggris lainnya.

Kali ini, Chelsea yang memecahkannya dengan merekrut Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao di La Liga. Kiper utama Spanyol kala menjuarai EURO U-19 tahun 2012 itu bergabung dengan Chelsea setelah The Blues menebus release clause-nya yang terpancang di angka £71,6 juta (€80 juta).

Ini merupakan sebuah lesatan karier yang sangat luar biasa.

Kepa lahir di Ondarroa, Basque, pada 3 Oktober 1994. Dia gabung Athletic Bilbao sejak usia sembilan.

Kepa melakoni debut profesional di Tercera Division, level keempat dalam piramida sepakbola Spanyol, pada Januari 2012. Dia melakoni debutnya itu bersama CD Basconia, salah satu tim satelit Athletic Bilbao. Kepa kemudian 'naik kelas' ke Athletic Bilbao B. Setelah dua musim dipinjamkan ke klub-klub Segunda alias divisi dua, Kepa akhirnya berkesempatan tampil untuk pertama kalinya bersama tim utama.

Kepa melakoni first team debut untuk Athletic Bilbao pada 11 September 2016, di usia 21, dalam partai tandang La Liga jornada 3 melawan Deportivo La Coruna. Kepa mencatatkan clean sheet, dan Los Leones pulang dari Riazor membawa poin maksimal.

Kepa terus berkembang. Musim 2016/17, Kepa sejatinya merupakan kiper ketiga di belakang Gorka Iraizoz dan Iago Herrerin. Namun Kepa menerobos ke posisi utama. Musim itu, dia mengukir delapan clean sheet dan hanya kebobolan 22 gol dalam 23 penampilan di La Liga.

Musim 2017/18 kemarin, Kepa menjadi kiper dengan jumlah penyelamatan tembakan-tembakan dari dalam kotak penalti terbanyak ketiga di La Liga (99 penyelamatan). Dia juga mencatatkan rasio penyelamatan penalti tertinggi kedua (66,7%) di La Liga 2017/18, dengan dua penyelamatan dari tiga penalti yang dihadapinya.

Performa brilian dia tunjukkan ketika melawan Real Madrid pada April 2018. Dalam laga itu, dia melakukan sembilan penyelamatan, catatan terbaiknya dalam satu pertandingan La Liga.

Musim 2017/18 ternyata menjadi musim terakhirnya San Mames. Musim 2018/19, dia menjalani petualangan baru di Stamford Bridge - sebagai penjaga gawang termahal di muka bumi.

Chelsea sepertinya takkan merindukan Thibaut Courtois, yang langsung mereka lepas ke Real Madrid setelah meresmikan transfer Kepa.