FOLLOW US:


Kilas Balik Piala Dunia 1966 Inggris

13-05-2018 08:00
Kilas Balik Piala Dunia 1966 Inggris
Piala Dunia 1966 di Inggris © FIFA

Bola.net - Kilas Balik Piala Dunia 1966 Inggris

Tuan rumah: Inggris
Juara: Inggris
Runner up: Jerman Barat
Top Skorer: Eusebio (Portugal), 9 gol
Skor tertinggi: Portugal vs Korea Utara 5 - 3 (Perempat-Final)
Total gol: 89 gol
Total penonton: 1.638.924


Menilik kembali pagelaran Piala Dunia 1966 yang berlangsung di Inggris adalah sebuah kebanggaan yang tak terhingga bagi rakyat Inggris atau kubu yang mendukung tim berjuluk The Three Lions tersebut. Ya, pada edisi kedelapan Piala Dunia, Inggris pertama kalinya menjadi juara sekaligus menjadi yang terakhir kalinya sampai saat ini.

Piala Dunia di Inggris berlangsung mulai 11 hingga 30 Juli. Panitia penyelenggara hajatan sepakbola terbesar di dunia kala bisa dikatakan sebagai pencetus lahirnya tren pembuatan maskot dalam pagelaran olahraga besar di dunia. Pada saat itu, terdapat maskot yang dijuluki 'Willie'. Ia adalah boneka berbentuk singa yang merepresentasikan Inggris Raya yang memakai kostum bendera Inggris.



Ada kejadian yang menggelikan ketika Piala Dunia berlangsung di Inggris. Saat itu trofi Piala Dunia yang diberi nama Jules Rimet tiba-tiba menghilang ketika dipajang dalam sebuah pameran. Hal itu lantas membuat bingung, tentu saja. Dugaannya dicuri.

Kemudian trofi tersebut ditemukan oleh seekor anjing di sebuah semak-semak di kota London. Anjing itu bernama Pickles. Anjing tersebut kemudian dianggap sebagai pahlawan di luar lapangan.

Selain diwarnai hal dramatis di luar lapangan, pagelaran Piala Dunia 1966 di atas lapangan juga  penuh hal dramatis. Satu hal yang perlu dikenang adalah kejutan yang dibuat oleh Korea Utara.  Meski bukan tim favorit, negara tersebut mampu mengalahkan Italia dalam merebutkan tiket menuju perempat final. Laga dramatis tersebut kemudian diangkat menjadi sebuah film dengan judul 'The Game of Their Lives' pada tahun 2002.



Bukan hanya Italia-- yang menjuarai Piala Dunia pada tahun 1934 dan 1938-- saja yang gagal bersaing di tanah Inggris. Brasil yang sebelumnya menjadi juara dua kali berturut-turut pada edisi sebelumnya juga gagal lolos dari grup. Orang-orang Brasil yang kecewa dengan hasil itu lantas mengklaim telah pihaknya telah dizalimi oleh wasit.

Dan Inggris sendiri lolos ke babak perempat final setelah menjadi juara di Grup 1. Di babak gugur tersebut, Inggris mengalahkan Argentina dengan skor 1-0. Kemudian saat bertemu dengan Portugal di semifinal, Inggris menang lagi dengan angka 2-1.

Di partai puncak, Inggris bertemu dengan Jerman Barat. Inggris sempat tertinggal lebih dulu namun Geoff Hurst memberikan balasan sehingga babak pertama berakhir dengan skor 1-1. Inggris balik unggul pada menit 78 lewat gol Martin Peters. Namun di menit-menit akhir, Jerman Barat kembali membuat imbang berkat gol Wolfgang Weber.

Di babak tambahan, Hurst menjadi pahlawan. Ia mencetak dua gol di babak tambahan yaitu pada menit 101 dan 120. Inggris pun keluar sebagai juara dengan skor 4-2.



Setelah menjadi juara pada tahun itu, Inggris tak pernah lagi menjadi juara di Piala Dunia, bahkan di kompetisi mayor lainnya. Tahun 1990 adalah pencapaian terbaik Inggris di Piala Dunia dengan menempati peringkat empat.

Piala Dunia 2018 akan menjadi lembaran baru bagi Inggris. Pada Piala Dunia 2014 di Brasil kemarin, Inggris tak lolos dari babak grup. Di Rusia nanti, Inggris akan bertarung dari Grup G bersama Belgia, Panama dan Tunisia.

Kontestan: Inggris, Uruguay, Meksiko, Prancis, Jerman Barat, Argentina, Spanyol, Swiss, Portugal, Hongaria, Brasil, Bulgaria, Uni Soviet, Korea Utara, Italia, Chile.

Venue: Villa Park (Birmingham), Goodison Park (Liverpool), Wembley (London), White City  (London), Old Trafford (Manchester), Ayresome Park (Middlesbrough), Hillsborough (Sheffield), Roker Park (Sunderland).