FOLLOW US:


Lima Momen Krusial Yang Buat Manchester City Juara

16-05-2012 12:30

 | Roberto Mancini

Bola.net -


Manchester City
menjuarai Liga Utama Inggris pada Minggu (13/5), setelah mencetak dua gol pada masa tambahan waktu untuk mengalahkan QPR dengan skor 3-2 di Eastlands, cara dramatis untuk menutup musim yang fantastis.

Di sini akan diulas lima momen kunci yang membantu pasukan Roberto Mancini mengunci gelar liga pertama untuk klub selama kurun waktu 44 tahun. Kini 'Si tetangga yang gaduh' benar-benar kian gaduh dengan pesta juara yang mereka gelar di musim ini.

Kemenangan besar di Old Trafford 23 Oktober
Manchester United 1 Manchester City 6 Pertemuan perdana antara dua kandidat juara ini tidak mengecewakan, dengan City memberi kekalahan kandang terbesar bagi United sejak Februari 1955 dan membuat Sir Alex Ferguson merefleksikan 'hari-hari terburuknya' di sepak bola.

Mario Balotelli membuka keunggulan City dan ketika John Evans diusir keluar lapangan, tim tamu tanpa ampun mengeksploitasi keunggulan jumlah pemain, dengan Balotelli mencetak gol kedua, sebelum Sergio Aguero, Edin Dzeko (2 gol), dan David Silva melengkapi kemenangan City.

Tevez kembali saat City kalahkan Chelsea 21 Maret
Manchester City 2 Chelsea 1 Carlos Tevez tidak pernah bermain untuk City sejak ia bersitegang dengan Roberto Mancini, saat timnya dikalahkan Bayern Munich di ajang Liga Champions. Hal ini membuat karir pemain Argentina tersebut di City menjadi meragukan.

Namun penyerang Amerika Selatan ini tampil sebagai pemain pengganti untuk membantu menginspirasi kebangkitan City, setelah Chelsea unggul lebih dulu melalui gol Gary Cahill.

Setelah Aguero menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti, Tevez mengirim operan yang membuat Samir Nasri dapat mencetak gol kemenangan pada menit ke-85, sehingga City tetap unggul satu poin atas United di puncak klasemen.

City kalahkan United lewat gol Kompany 30 April
Manchester City 1 Manchester United 0 City kembali mendapat peluang menjadi juara setelah United ditahan imbang 4-4 oleh Everton sepekan sebelumnya, dan kesempatan ini tidak disia-siakan oleh tim Mancini.

Vincent Kompany menjadi pahlawan kemenangan City, saat ia mencetak gol tunggal, dengan menyambut tendangan sudut David Silva.

Tensi pertandingan meningkat pada babak kedua, dan Ferguson harus ditenangkan banyak pihak di tepi lapangan, namun City tetap memenangi pertandingan tersebut dan unggul dari United lewat selisih gol.

Toure bawa City tundukkan Newcastle 6 Mei
Newcastle United 0 Manchester City 2 Ketika City telah menggenggam nasib mereka sendiri dengan mengalahkan Manchester United sepekan sebelumnya, para pendukung klub merasa was-was karena City bertandang ke markas Newcastle United yang pada musim ini bermain cukup bagus.

Tetapi meski sempat frustasi, City akhirnya mampu meraih kemenangan penting dengan dua gol dari gelandang Yaya Toure di akhir-akhir pertandingan.

City kunci gelar juara liga 13 Mei
Manchester City 3 QPR 2 Dengan waktu pertandingan tinggal menyisakan empat menit tambahan waktu, City terlihat akan menyia-nyiakan peluang untuk meraih gelar juara dengan cara yang menyakitkan.

Tim Mancini unggul lebih dulu melalui gol Pablo Zabaleta di akhir babak pertama, namun QPR mampu menyamakan kedudukan melalui Djibril Cisse tidak lama setelah babak kedua dimulai, dan meski Joey Barton mendapat kartu merah atas aksi bodohnya, tim tamu balik memimpin melalui tandukan Jamie Mackie.

Kini City menunjukkan keberaniannya untuk meraih gelar juara, dan Dzeko mencetak gol penyeimbang kedudukan pada dua menit menjelang pertandingan usai sebelum sepakan terakhir Sergio Aguero membuat City mengunci kemenangan, sekaligus membuat mereka menjadi juara Liga Utama Inggris berkat unggul selisih gol dari Manchester United. (afp/lex)