FOLLOW US:



Advertorial

Mengelola Startup Jangan Sampai Kebobolan, Catat Setiap Pengeluaran!

27-04-2018 00:01
Mengelola Startup Jangan Sampai Kebobolan, Catat Setiap Pengeluaran!
© thenextdev.id/stellamaris

Bola.net - Bagaimana cara mempertahankan gawang biar nggak mudah kebobolan? Penjaga gawang nggak kerja sendirian. Perlu koordinasi yang baik antara penjaga gawang dengan semua pemain. Mulai dari bek, pemain sentral, hingga ujung tombak. Selain itu, setiap pemain juga harus mengerti sisi kelemahan dan berupaya untuk menutupnya agar jala gawang nggak mudah dikoyak lawan.

Begitu juga dalam dunia startup, diperlukan perhatian khusus dalam pengeluaran agar tidak sampai kebobolan dan kolaps lebih cepat gara-gara dana terkuras lebih cepat dari yang diperkirakan. Yang diperlukan adalah catatan untuk mengetahui ke mana larinya uang.
Materi ini disampaikan oleh Aria Widyanto, Vice President dari Amartha, yang diundang sebagai pembicara di hadapan peserta The NextDev Academy 2018. Dalam materi yang bertajuk “Finance Reporting & Projection: Don't Track Your Money & Plan Wisely,” ia berpendapat bahwa catatan pengeluaran sangat penting untuk memperkirakan masa depan dan kesuksesan sebuah startup.

Presentasi yang disampaikan Aria Widyanto tampaknya membuka mata para founder startup. Mereka bisa menggambarkan bagaimana menghitung burn rate dan turn around dalam cash flow projection.

"Logikanya turn around hanya omset yang bisa menutup pengeluaran, tanpa kerugian. Meski sudah turn around ternyata belum tentu profit," terang Dede Saputra, Co-Founder Marlin Booking.

Apa saja yang diungkapkan Aria Widyanto tentang catatan pengeluaran dalam The NextDev Academy 2018? Selengkapnya, kamu bisa baca di sini.