FOLLOW US:


Menpora Sambut 73 Peserta Kirab Pemuda Lintasi 100 Kota di Indonesia

07-12-2017 15:22
Menpora Sambut 73 Peserta Kirab Pemuda Lintasi 100 Kota di Indonesia
© Škemenpora

Bola.net - Menpora Iman Nahrawi menyambut kedatangan 73 peserta Kirab Pemuda 2017 di Alun-alun Kantor Bupati Blitar, Jawa Timur pada (7/12) lalu. Ia mengungkapkan perasaan haru dan bangga terhadap 73 pemuda terbaik yang telah melintasi 100 kabupaten/ kota dan singgah di 34 provinsi. Kirab Budaya 2017 merupakan program unggulan Kemenpora untuk napak tilas kebhinekaan, promosi lokal serta mendorong potensi daerah untuk menginspirasi Indonesia.

Kirab Pemuda 2017 diikuti oleh pemuda terbaik yang lolos dalam seleksi yang diadakan oleh Kemenpora. Setiap provinsi diwakili oleh masing-masing 1 orang laki-laki dan perempuan yang menjadi peserta inti. Kirab ini juga diikuti oleh 4 orang dari Organisasi Kepemudaan (OKP) dan 1 orang yang ditunjuk langsung oleh Kemenpora untuk mewakili kabupaten Rote Ndao.



Program Kirab Pemuda ini sudah dimulai sejak 26 September lalu dari pulau paling utara dan selatan Indonesia, yakni Miagas dan Rote Ndao. Perjalanan kirab ini ditempuh dengan banyak cara, mulai dari berjalan kaki, naik kendaraan darat, mengarungi lautan, naik angkutan laut hingga pesawat udara. Kombinasi penggunaan alat transportasi ini disesuaikan dengan kondisi geografi.

Kegiatan yang berlangsung di setiap daerah selama kirab berlangsung adalah (1) Ikrar Kebangsaan Pemuda Untuk NKRI, (2) Napak Tilas Kebhinekaan, (3) Pawai Seni dan Budaya Pemuda, (4) Festival dan Kompetisi Film Pendek Pemuda, (5) Festival dan Kompetisi Band Indie Pemuda, (6) Pameran Kreativitas Pemuda, (7) Talkshow, Workshop dan Seminar, (8) Temu Komunitas Pemuda Kreatif, (9) Bakti Sosial Lingkungan Pemuda, (10) Gerakan Pemuda Membaca kitab Suci, (11) Olahraga Rekreasi Pemuda.



Para peserta Kirab 2017 melakukan perjalanan mengelilingi nusantara kurang lebih 72 hari. Blitar menjadi kabupaten titik akhir, sekaligus sebagai titik puncak dari acara. Kota Blitar dipilih karena menjadi kota di mana Presiden Republik Indonesia bersemayam. Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani,  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Blitar Rijanto.

Dengan slogan #BeraniSatu, Kirab Pemuda 2017 diharapkan bisa menjadi ajang untuk merasakan langsung semangat Bhineka Tunggal Ika. Pada tahun 2018, rencananya Kirab Pemuda akan menjangkau 514 kab/kota di Indonesia tanpa terkecuali. Semoga semangat kebhinekaan Indonesia terus menyala! (kpl/ayu)