FOLLOW US:


Season Preview Chelsea - Mengejar Zona Elit di Masa Transisi

02-08-2018 14:27
Season Preview Chelsea - Mengejar Zona Elit di Masa Transisi
Maurizio Sarri © Chelsea FC

Bola.net - Musim 2017/18 adalah musim yang ingin segera dilupakan oleh Chelsea dan para fans-nya. Sebagai juara bertahan Premier League, Chelsea hanya mampu finis peringkat lima dan cuma berhak tampil di Liga Europa 2018/19. Kembali ke papan atas, ke zona elit Liga Champions, adalah prioritas utama tim yang berada di masa transisi ini untuk musim baru 2018/19.

Musim lalu, Chelsea juga gagal di Liga Champions (16 besar) dan Piala Liga (semifinal). Gelar juara FA Cup pun tak cukup untuk menghindarkan sang manajer Antonio Conte dari pemecatan.

Musim panas ini, Chelsea telah mengangkat Maurizio Sarri sebagai manajer anyar. Chelsea kembali ditangani oleh orang Italia. Apa yang bisa diharapkan darinya?

Sarri adalah pelatih yang sukses memoles Napoli menjadi salah satu tim dengan permainan paling atraktif di Eropa. Sarri, dengan sepakbola yang bertumpu pada penguasaan bola, operan-operan pendek dan tempo cepat, bisa memberi Chelsea sebuah wajah dan karakteristik yang berbeda.

Namun bisakah sepakbolanya berfungsi dengan baik di Chelsea, terutama di Inggris?

Sebelum itu, Chelsea mungkin harus terlebih dahulu menjauhkan pemain-pemain pilarnya dari godaan para rival. Pemain-pemain seperti Eden Hazard, Willian serta Thibaut Courtois berulang kali dikaitkan dengan klub-klub lain sepanjang musim panas ini, dan akan sulit bagi Chelsea untuk bisa bersaing jika sampai kehilangan mereka.

Mereka sangat dibutuhkan oleh Chelsea dalam periode transisi ini.

Tidak mudah membangun sebuah tim dari awal. Wajar jika Sarri sebisa mungkin berusaha mempertahankan pilar-pilar yang dia warisi dari pendahulunya.

Sarri pun tak terlalu merekrut banyak pemain anyar. Hanya pemain yang benar-benar dibutuhkan lah yang dia datangkan. Berikutnya, dia tinggal mencari komposisi yang paling pas.

Yang jelas, Sarri tak bisa diharapkan langsung membawa Chelsea kembali merajai liga. Finis empat besar adalah target yang paling masuk akal untuk dikejar.