Sebelum Joao Felix, Begini Kiprah 9 Pemain Portugal di Chelsea

Aga Deta | 12 Januari 2023 14:28
Sebelum Joao Felix, Begini Kiprah 9 Pemain Portugal di Chelsea
Joao Felix resmi menjadi bagian dari Chelsea (c) Chelsea FC

Bola.net - Chelsea sudah menyelesaikan transfer Joao Felix. Penyerang kelahiran Portugal tersebut didatangkan dari Atletico Madrid dengan status pinjaman.

Joao Felix akan berseragam Chelsea hingga akhir musim 2022/23. The Blues harus merogoh kocek sebesar 11 juta euro untuk mendapat jasa pemain berusia 23 tahun itu.

"Penyerang Portugal Joao Felix akan menjadi bagian dari skuad Chelsea sampai akhir musim ini. Dia pindah ke Stamford Bridge sebagai pemain pinjaman dari Atletico Madrid," kata The Blues dalam situs resminya.

Joao Felix menjadi rekrutan keempat Chelsea di bursa transfer Januari 2023. Sebelumnya, The Blues telah berhasil merekrut Beniot Badiashile, Andrey Santos, dan David Datro Fofana.

Kedatangan Joao Felix semakin menambah panjang daftar pemain asal Portugal yang pernah membela Chelsea. Siapa saja? Berikut ini nama-namanya.

1 dari 9 halaman

1. Ricardo Carvalho

1. Ricardo Carvalho

Ricardo Carvalho (c) AFP

Ricardo Carvalho bermain untuk Chelsea selama enam tahun. Dia bisa dibilang menjadi salah satu pemain Portugal paling sukses selama berkarier di Stamford Bridge.

Carvalho berposisi sebagai bek tengah. Dia didatangkan Jose Mourinho ke Chelsea dari Porto pada musim panas 2004.

Selama di Chelsea, Carvalho memainkan 210 pertandingan di semua kompetisi. Dia memenangi tiga titel Premier League, tiga Piala FA, dua Piala Liga sebelum pindah ke Real Madrid pada 2010.

2 dari 9 halaman

2. Paulo Ferreira

2. Paulo Ferreira

Paulo Ferreira (c) CFC

Seperti seperti Carvalho, Paulo Ferreira juga didatangkan Chelsea dari Porto pada musim panas 2004. Berposisi asli sebagai bek kanan, Ferreira bisa dimainkan di seluruh posisi di belakang.

Ferreira meraih banyak kesuksesan saat bermain bersama Chelsea. Dia tampil dalam 217 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan dua gol dan delapan assist.

Mantan pemain Vitoria Setubal itu juga memenangkan tiga gelar Premier League, empat Piala FA, tiga Piala Liga, satu Liga Europa dan satu Liga Champions sebelum menutup kariernya di Chelsea pada 20013.

3 dari 9 halaman

3. Raul Meireles

Setelah gagal merekrut Luka Modric, Chelsea mengalihkan perhatiannya kepada Raul Meireles. Gelandang asal Portugal tersebut didatangkan dari Liverpool pada 2011.

Karier Meireles bersama Chelsea terbilang singkat. Dia menjadi bagian dari skuad The Blues hanya selama semusim dengan mencatatkan 48 penampilan di semua kompetisi.

Meireles meraih medali juara Liga Champions, meski absen di final melawan Bayern Munchen karena skorsing. Pada September 2012, Meireles bergabung dengan klub Turki Fenerbahce.

4 dari 9 halaman

4. Tiago Mendes

Untuk memperkuat lini tengahnya, Chelsea mendatangkan Tiago Mendes. Gelandang asal Portugal tersebut didatangkan dari Benfica.

Tiago bermain untuk Chelsea selama semusim. Dia memainkan 52 pertandingan di semua kompetisi dengan menyumbang empat gol.

Selama semusim itu, Tiago turut memenangi Premier League, Piala Liga, dan Community Shield. Dia kemudian melanjutkan kariernya di Prancis dengan bergabung Lyon.

5 dari 9 halaman

5. Maniche

Maniche didatangkan Chelsea dengan status pemain pinjaman dari Dynamo Kiev pada Januari 2006. Namun, gelandang asal Portugal tersebut hanya mampu bertahan selama setengah musim di Stamford Bridge.

Dalam kurun waktu tersebut, Maniche cuma bermain selama 476 menit. Sebab, Maniche harus bersaing dengan nama-nama besar di lini tengah, di antaranya Michael Essien, Frank Lampard, dan Claude Makalele.

Karena kesempatan bermainnya minim, Maniche tidak mendapat medali juara Premier League. Dia akhirnya kembali ke Dynamo Moscow sebelum menerima pinangan Atletico Madrid pada 2006.

6 dari 9 halaman

6. Deco

6. Deco

Deco (c) AFP

Setelah empat tahun memperkuat Barcelona, Deco pindah ke Chelsea pada 2008. Kepindahan gelandang serang Portugal itu ke Stamford Bridge memakan biaya sebesar 10 juta euro.

Selama dua musim membela Chelsea, Deco lebih sering berkutat dengan cedera. Dia tercatat memainkan 58 pertandingan dengan menyumbang enam gol dan lima assist.

Deco juga membantu Chelsea meraih gelar Premier League, FA Cup dan Community Shield. Dia meninggalkan Chelsea pada musim panas 2010 dan melanjutkan kariernya di Fluminense.

7 dari 9 halaman

7. Jose Bosingwa

Jose Bosingwa menunjukkan performa bagus bersama Porto. Manajemen Chelsea akhirnya memboyong sang bek kanan ke Stamford Bridge pada 2008.

Bosingwa bermain untuk Chelsea selama empat musim. Pemain asal Portugal tersebut tampil 126 kali untuk The Blues sebelum melanjutkan kariernya di QPR.

Di Chelsea, Bosingwa tercatat ikut memenangi dua Piala FA dan satu Liga Champions. Setelah dari Chelsea, Bosingwa bermain untuk QPR dan Trabzonspor.

8 dari 9 halaman

8. Ricardo Quaresma

8. Ricardo Quaresma

Ricardo Quaresma (c) AFP

Ricardo Quaresma memperkuat Chelsea saat terikat kontrak dengan Inter Milan. Winger asal Portugal itu datang ke Stamford Bridge dengan status pinjaman.

Quaresma tak punya kenangan bagus di Chelsea. Mantan pemain Barcelona tersebut tercatat membela The Blues selama setengah musim saja.

Quaresma bermain untuk The Blues dalam lima pertandingan dengan torehan satu assist. Quaresma akhirnya kembali ke Inter Milan pada akhir musim.

9 dari 9 halaman

9. Henrique Hilario

Henrique Hilario bergabung dengan Chelsea pada tahun 2006. Saat berseragam The Blues, Hilario cuma berstatus sebagai kiper pelapis.

Karena kalah dari Petr Cech, Hilario hanya mampu mencatatkan 39 penampilan saja. Meski begitu, dia sukses merengkuh sejumlah gelar juara.

Hilario menjadi bagian Chelsea selama delapan tahun. Dia memutuskan untuk gantung sepatu bersama The Blues pada akhir musim 2013/2014.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR