FOLLOW US:


Starting XI MU Saat Juara Liga Europa 2016/2017, di Mana Mereka Kini?

15-04-2021 17:17

 | Aga Deta

Starting XI MU Saat Juara Liga Europa 2016/2017, di Mana Mereka Kini?
Jose Mourinho © AFP

Bola.net - Manchester United menjuarai Liga Europa pada musim 2016/2017. Ketika itu, The Red Devils mengalahkan Ajax Amsterdam di final.

Final Liga Europa 2016/2017 berlangsung di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Kamis (25/5/2017) dini hari WIB. Laga tersebut dimenangkan Setan merfah dengan skor 2-0.

Penentu kemenangan MU adalah Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan. Pogba mencetak gol di babak pertama dan Mkhitaryan mencatatkan namanya di papan skor pada awal babak kedua.

Dengan kemenangan ini, MU meraih trofi Liga Europa pertama mereka dalam sejarah klub. Mereka meraih kesuksesan tersebut bersama Jose Mourinho.

Kini, menengok kembali nama-nama starting XI MU pada pertandingan itu, bagaimana nasib mereka usai jadi juara Eropa dan bagaimana kondisi mereka sekarang? Selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 12

Kiper: Sergio Romero

Kiper: Sergio Romero
Kiper Manchester United, Sergio Romero © AP Photo

Sergio Romero sejatinya berposisi sebagai kiper kedua Manchester United. Namun, dia dipercaya mengawal gawang Setan Merah dalam pertandingan final Liga Europa.

Di musim ini, Romero tak masuk dalam rencana Ole Gunnar Solskjaer di Old Trafford. Kiper Argentina itu akan meninggalkan klub pada akhir musim setelah kontraknya habis.

2 dari 12

Bek Kanan: Antonio Valencia

Bek Kanan: Antonio Valencia
Antonio Valencia © AFP

Antonio Valencia saat ini sudah tidak bermain di Manchester United. Dia meninggalkan United di tahun 2019 dengan kembali ke Ekuador untuk membela L.D.U Quito.

Namun, Valencia berganti klub lagi pada November 2020. Dia kini membela klub asal Meksiko, Queretaro.

3 dari 12

Bek Tengah: Chris Smalling

Bek Tengah: Chris Smalling
Chris Smalling © AFP

Chris Smalling masih bermain dua musim lagi untuk Manchester United setelah final Liga Europa. Ia kemudian pindah ke AS Roma dengan status pinjaman pada musim 2019–20.

Smalling menunjukkan performa yang mengesankan bersama Giallorossi. Klub Italia itu kemudian merekrutnya secara permanen pada musim berikutnya.

4 dari 12

Bek Tengah: Daley Blind

Bek Tengah: Daley Blind
Daley Blind © AFP

Daley Blind menjadi starter saat final Liga Europa. Namun, bek asal Belanda itu jarang bermain bersama Manchester United pada musim berikutnya.

Blind kemudian meninggalkan Old Trafford pada 2018. Dia kembali ke negaranya dan saat ini bermain untuk Ajax Amsterdam.

5 dari 12

Bek Kiri: Matteo Darmian

Bek Kiri: Matteo Darmian
Matteo Darmian © AFP

Matteo Darmian saat ini sudah meninggalkan Manchester United. Dia berpisah dengan MU pada tahun 2019 setelah tidak masuk dalam rencana Ole Gunnar Solskjaer.

Pada awalnya Darmian membela klub Serie A, Parma. Namun di musim panas kemarin memutuskan pindah ke salah satu raksasa Italia, Inter Milan.

6 dari 12

Gelandang Bertahan: Ander Herrera

Gelandang Bertahan: Ander Herrera
Ander Herrera © MUFC Official

Ander Herrera merupakan salah satu pemain idola di kalangan fans Manchester United. Dia meninggalkan Old Trafford di tahun 2019 silam setelah kontraknya berakhir.

Herrera kini bermain untuk raksasa Prancis, PSG. Musim ini dia mencatatkan 35 penampilan dengan torehan satu gol dan satu assist.

7 dari 12

Gelandang Bertahan: Paul Pogba

Gelandang Bertahan: Paul Pogba
Aksi Paul Pogba berduel dengan Gylfi Sigurdsson, Everton vs Manchester United, Carabao Cup 2020/21. © AP Photo

Paul Pogba saat ini masih berada di Manchester United. Dia bahkan menjadi pemain andalan Ole Gunnar Solskjaer dalam beberapa bulan terakhir.

Kontrak Pogba di Old Trafford akan berakhir pada tahun 2022. Namun, dia dikabarkan bisa meninggalkan klub pada akhir musim nanti.

8 dari 12

Winger Kanan: Juan Mata

Winger Kanan: Juan Mata
Playmaker Manchester United, Juan Mata © AP Photo

Juan Mata sejauh ini masih menjadi bagian dari skuad Manchester United. Namun dia tidak lagi menjadi starter di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Musim ini, Mata hanya memainkan 12 pertandingan dengan mencetak dua gol dan tiga assist. Kontraknya di Old Trafford akan habis pada akhir musim.

9 dari 12

Gelandang Serang: Marouane Fellaini

Gelandang Serang: Marouane Fellaini
Marouane Fellaini © mufc

Marouane Fellaini menjadi pemain inti Manchester United pada era Jose Mourinho. Namun, di bawah kendali Ole Gunnar Solskjaer, tenaga Fellaini tak lagi dibutuhkan.

Pada Februari 2019, Fellaini dilepas ke klub China, Shandong Luneng Taishan. Pemain asal Belgia itu sudah berhasil membawa timnya meraih gelar Chinese FA Cup 2020.

10 dari 12

Winger Kiri: Henrikh Mkhitaryan

Winger Kiri: Henrikh Mkhitaryan
Henrikh Mkhitaryan © AFP

Henrikh Mkhitaryan meninggalkan Manchester United pada Januari 2018. Dia ditukarkan MU dengan pemain Arsenal, Alexis Sanchez.

Di Arsenal, karier Mkhitaryan cenderung menurun. Dia kemudian pindah ke AS Roma dan menemukan performanya kembali di sana.

11 dari 12

Striker: Marcus Rashford

Striker: Marcus Rashford
Selebrasi Marcus Rashford usai menjebol gawang Liverpool di babak keempat FA Cup 2020-21 di Old Trafford, Senin (25/01/21) dini hari WIB. © Pool PA via AP Photo

Marcus Rashford saat ini masih membela Manchester United. Dia sekarang menjadi pemain penting di lini serang The Red Devils.

Pada musim ini, Rashford tampil sangat produktif. Pemain berusia 23 tahun itu sudah mencetak 20 gol dan 12 assist dari 48 pertandingan.

12 dari 12

Manajer: Jose Mourinho

Manajer: Jose Mourinho
Jose Mourinho © mufc

Jose Mourinho berhasil mempersembahkan tiga trofi kepada Manchester United pada musim itu. Selain Liga Europa, Setan Merah juga memenangkan EFL Cup dan Community Shield.

Namun, Mourinho dipecat manajemen MU pada Desember 2019 akibat sejumlah hasil buruk yang didapatkan Setan Merah. Dia sekarang sudah kembali menangani klub Premier League, yaitu Tottenham Hotspur.

Sumber: Berbagai sumber