FOLLOW US:


3 Pemain Kunci PSS Sleman yang Bisa Kalahkan Persebaya dan Lolos ke Perempat Final

07-04-2021 10:47

 | Asad Arifin

3 Pemain Kunci PSS Sleman yang Bisa Kalahkan Persebaya dan Lolos ke Perempat Final
Pemain PS Sleman, Aaron Michael Evans (kanan) memberikan selamat kepada Velez Nicolas Leandro usai menjebol gawang Persik Kediri dalam pertandingan Babak Penyisihan Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Kamis (1/4/2021). © Bol

Bola.net - PSS Sleman akan menjalani laga penting melawan Persebaya Surabaya di Grup C Piala Menpora 2021, Rabu (7/4/2021). Laga di Stadion Si Jalak Harupat itu sangat vital bagi PSS untuk lolos ke perempat final.

Kemenangan atas Persebaya akan membawa PSS lolos ke perempat final Piala Menpora. Mereka pun tak perlu lagi memikirkan hasil pertandingan lain di Grup C.

Saat ini, PSS Sleman berada di urutan ketiga dengan nilai empat hasil dari tiga laga. Mereka hanya kalah produktivtas gol dari Madura United yang menghuni posisi kedua Grup C, namun sudah menjalani empat pertandingan.

1 dari 4

Evaluasi Total PSS

Anak asuh Dejan Antonic itu telah melakukan evaluasi setidaknya berkaca pada tiga pertandingan sebelumnya. Diketahui PSS tampil kurang bertaji, dengan sekali kalah, sekali menang, dan sekali imbang. Sejauh ini,

PSS juga baru melesakkan dua gol dan kebobolan dua gol pula.

Motivasi para pemain PSS dipastikan berlipat setelah meraih kemenangan 1-0 atas Persik Kediri. Di sisi lain, Persebaya yang sudah memastikan diri lolos, bakal bermain lebih aman dan rileks. Hal itulah yang wajib dimanfaatkan oleh Bagus Nirwanto dan kolega.

Redaksi menempatkan tiga nama pemain pilar PSS Sleman yang bakal membawa pengaruh besar dalam laga kontra Persebaya nanti. Setidaknya dengan jam terbang disertai kualitas individu, ketiganya dapat menjadi pembeda untuk dapat mengalahkan Persebaya. Berikut ini adalah ulasannya:

2 dari 4

Fabiano Beltrame

Fabiano Beltrame
Fabiano Beltrame © Bola.com/Erwin Snaz

Fabiano merupakan satu di antara bek senior yang sudah banyak makan asam garam di persepakbolaan Indonesia. Ia dikenal sebagai bek yang tangguh karena postur tinggi dan badan besar untuk menghalau serangan lawan.

Dua pertandingan awal sudah cukup baginya untuk beradaptasi dengan permainan PSS Sleman di bawah naungan Dejan Antonic. Terutama berkaca pada laga pertama kontra Madura United yang berujung pada kekalahan.

Kebobolan dua gol tentunya menjadi evaluasi tersendiri bagi kinerja lini belakang PSS. Fabiano juga wajib bermain dengan hati-hati agar tidak mengulangi kesalahan dengan menerima kartu merah pada pertandingan kedua, yang membuatnya absen saat bersua Persik.

Meski demikian, Fabiano tetaplah pemain yang punya kualitas di atas rata-rata. Lini depan Persebaya diprediksi bakal bekerja keras untuk bisa menjebol tembok kukuh PSS Sleman yang dikomandoi eks Persib tersebut.

3 dari 4

Irfan Jaya

Irfan Jaya
Irfan Jaya berduel melawan Riyatno Abiyoso pada laga PS Sleman vs Persela Lamongan pada di Grup C Piala Menpora 2021 © Muhammad Iqbal Ichsan

Irfan merupakan rekrutan anyar PSS dan tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Eks Persebaya itu begitu diandalkan PSS Sleman dalam tiga laga beruntun, termasuk nanti ketika berjumpa mantan timnya.

Mobilitas tinggi ditunjang kecepatan dan kelincahan yang dimiliki merupakan ciri khas Irfan Jaya dalam bermain. Dia tidak hanya diplot sebagai penyerang sayap kanan, namun juga bisa beroperasi di sektor kiri.

Selain punya daya jelajah tinggi, Irfan Jaya juga punya insting predator di wilayah pertahanan lawan. Satu golnya ke gawang Madura United menjadi bukti betapa berbahayanya pemain satu itu. Kemudian satu assist kepada Nico Velez menjadikannya sebagai pemain berbahaya bagi lini belakang lawan.

Lini pertahanan Persela yang dipimpin Rachmat Irianto wajib mewaspadai pergerakan Irfan Jaya, jika tidak ingin area pertahanan diobrak-abrik olehnya. Selain itu, Irfan sudah begitu mengenal karakter bermain Tim Bajul Ijo.

4 dari 4

Nicolas Velez

Nicolas Velez
Pemain PS Sleman, Aaron Michael Evans (kanan) memberikan selamat kepada Velez Nicolas Leandro usai menjebol gawang Persik Kediri dalam pertandingan Babak Penyisihan Grup C Piala Menpora 2021 di Stadio

Pemain berusia 30 tahun tersebut didatangkan PSS jelang Piala Menpora 2021. Nicolas Velez langsung nyetel dengan gaya bermain Tim Elang Jawa. Pemain berpaspor Argentina tersebut cukup membawa dampak dalam permainan impresif PSS Sleman, paling tidak untuk dua laga terakhir.

Nico Velez baru bermain saat PSS ditahan 0-0 Persela Lamongan dan menang tipis 1-0 atas Persik Kediri. Ia menjadi aktor dibalik kemenangan tersebut berkat golnya pada menit ke-10, setelah memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya.

Berposisi sebagai penyerang lubang, Velez dibekali insting kuat dalam membongkar pertahanan lawan. Disertai skill olah bola dan penempatan posisi yang baik, Nicolas Velez dianggap mirip dengan mantan playmaker tokcer PSS pada musim 2019, Brian Ferreira.

Melakoni laga krusial kontra Persebaya, PSS sangat membutuhkan kemenangan. Pelatih Dejan Antonic dapat mengandalkan seorang Velez dalam skema serangan atau untuk memecah kebuntuan.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Vincentius Atmaja/Editor: Rizki Hidayat, 7 April 2021)