5 Fakta Ondrej Kudela, Calon Bintang Baru Persija yang Pernah Lawan Messi di Liga Champions

Gia Yuda Pradana | 8 Juni 2022 15:20
Pemain Slavia Praha, Ondrej Kudela (kiri) (c) AP Photo

Bola.net - Persija Jakarta tengah dikaitkan dengan bek Slavia Praha, Ondrej Kudela. Kebetulan, kontrak pemain Timnas Republik Ceko tersebut bersama klubnya akan berakhir 30 Juni 2022.

Bahkan, menurut rumor yang beredar, Persija siap mengontrak Ondrej Kudela selama 3 tahun dengan nilai kontrak Rp10 Miliar per tahun. Dia bisa menjadi pemain termahal di Liga 1.

Situs transfermarkt juga menuliskan bahwa peluang terjadinya transfer Ondrej Kudela sebesar 83 persen. Dia bisa didapatkan secara gratis jika transfer terjadi setelah kontraknya berakhir.

Lantas, siapakah sosok Ondrej Kudela hingga harus diimingi nilai kontrak yang fantastis oleh Persija Jakarta? Berikut 5 fakta yang berhasil dihimpun Bola.net dari situs transfermarkt.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Sarat Pengalaman di Kompetisi Eropa

Slavia Praha (c) PA via AP

Ondrej Kudela merupakan bek yang sarat pengalaman di kompetisi Eropa. Dia pernah merasakan seluruh atmosfer kompetisi tertinggi di Benua Biru.

Dia pernah tampil di UEFA Conference League, Liga Europa, hingga Liga Champions. Semua pengalaman tersebut sebagian besar didapatkan bersama Slavia Praha.

Bahkan, pada fase grup Liga Champions 2019/2020, Ondrej Kudela juga bertemu dengan klub-klub besar di babak penyisihan. Itu termasuk Inter Milan, Borussia Dortmund, hingga Barcelona.

2 dari 5 halaman

Pernah Berduel dengan Lionel Messi

Aksi Lionel Messi dalam laga Barcelona vs Slavia Praha (c) AP Photo

Pengalaman tampil di Liga Champions membuat Ondrej Kudela mendapat kesempatan berduel dengan pemain-pemain bintang. Termasuk di antaranya adalah Lionel Messi, Luis Suarez, hingga Antoine Griezmann.

Kesempatan itu datang pada Liga Champions 2019/2020. Kebetulan, klub yang dibelanya, Slavia Praha sama-sama menghuni grup F bersama Barcelona, Inter Milan, dan Borussia Dortmund.

Dia juga berkesempatan menghadapi Romelu Lukaku hingga Lautaro Martinez. Menariknya, selama fase grup tersebut, Ondrej Kudela selalu tampil penuh.

3 dari 5 halaman

Pemain Timnas Republik Ceko

Timnas Republik Ceko di Euro 2020 (c) AP Photo

Ondrej Kudela tercatat sebagai pemain Timnas Republik Ceko. Dia menjalani debut bersama Timnas Senior pada 26 Maret 2019 yang saat itu diarsiteki oleh Jaroslav Silhavy.

Namun, dia tidak banyak mendapat kesempatan di tim nasional. Dia hanya tampil 8 kali di semua ajang yang diikuti negaranya, seperti kualifikasi Piala Dunia, Piala Eropa dan UEFA Nations League.

Sebelumnya, Ondrej Kudela juga menjadi langganan Timnas Republik Ceko kelompok umur, mulai dari U-17 sampai U-21.

4 dari 5 halaman

Punya Banyak Prestasi

Logo Persija Jakarta (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bersama Slavia Praha, Ondrej Kudela meraih banyak gelar di Liga Republik Ceko. Dia tiga kali meraih gelar Fortuna Liga secara berturut-turut pada tahun 2018/2019, 2019/2020, dan 2020/2021.

Selain di liga, Ondrej Kudela juga meraih gelar Piala Republik Ceko atau MOL Cup. Masing-masing didapatkannya pada musim 2017/2018, 2018/2019, hingga 2020/2021.

Saat masih membela Timnas Republik Ceko, Ondrej Kudela bersama rekan-rekannya menjadi runner-up Piala Dunia U-20 2007. Kala itu, turnamen tersebut berlangsung di Kanada.

5 dari 5 halaman

Nilai Pasar Selangit

Potret dukungan The Jakmania di laga uji coba Persija Jakarta vs Sabah FC, 5 Juni 2022 (c) Fitri Apriani/Bola.net

Persija Jakarta harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendatangkannya. Sebab, bek 35 tahun tersebut punya nilai pasar selangit dan bisa menjadi pemain termahal di Indonesia.

Berdasarkan update nilai pasar di situs transfermarkt per tanggal 26 Desember 2021, Ondrej Kudela memiliki market value sebesar Rp17,38 Miliar.

Dia juga dibeli Slavia Praha dari Slovan Liberec seharga 6,95 Miliar pada 19 Januari 2018. Nilai pasarnya juga sempat menyentuh angka Rp34,76 Miliar pada 8 April 2020.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR