FOLLOW US:


5 Pemain Indonesia dengan Gaya Bermain dan Bertubuh Mungil Seperti Lionel Messi

20-05-2020 12:05

 | Aga Deta

5 Pemain Indonesia dengan Gaya Bermain dan Bertubuh Mungil Seperti Lionel Messi
Andik Vermansah © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Lionel Messi sudah dianggap sebagai pemain terbaik pada generasi sekarang ini. Penampilannya di atas lapangan selalu mengundang decak kagum orang-orang yang melihatnya.

Lionel Messi memiliki postur tubuh yang kurang ideal untuk bermain di Eropa. Pemain asal Argentina itu hanya memiliki tinggi 170 cm.

Postur tubuh itulah yang membuat Messi terlihat mungil ketika berduel dengan lawan. Namun, Messi memanfaatkan kekurangan itu untuk mengelabui lawan.

Messi memiliki pergerakan lincah dan kerap menunjukkan keahlian invidu yang meliuk-liuk mengecoh lawan. Penampilan itulah yang membuat julukan La Pulga atau Si Kutu melekat ke pemain yang sudah membela Barcelona sejak 2004 itu.

Kehadiran Lionel Messi ternyata mampu menginspirasi pesepak bola di dunia yang juga memiliki kekurangan dari segi postur tubuh.

Tak terkecuali dengan pesepak bola di Indonesia. Banyak pemain yang memiliki kekurangan dalam segi postur tubuh, namun mengadopsi gaya permainan Messi untuk tampil gemilang di lapangan.

Setidaknya ada lima pesepak bola Indonesia yang mirip dengan Lionel Messi. Tentu berlebihan untuk membandingkan para pemain itu secara langsung dengan Messi, namun tak bisa dimungkiri mereka memiliki kesamaan dalam postur tubuh dan gaya bermain.

1 dari 5

Ferinando Pahabol

Ferinando Pahabol
Ferinando Pahabol © Mustopa El Abdy

Ferinando Pahabol memiliki postur 158 cm. Meski demikian, hal itu dijadikan Ferinando sebagai kelebihan bermain di lapangan.

Bermain di posisi gelandang sayap, Ferinando dikenal memiliki gaya permainan mirip Lionel Messi. Pemain asal Papua itu kerap melakukan tusukan-tusukan khas Messi sembari meliuk-liuk di antara kaki lawan.

Sebagai pemain yang mengidolai Manchester United, Ferinando justru menyebut gaya permainannya terinspirasi Angel Di Maria. Hal itulah yang membuat Feri ingin bermain seperti Angel Di Maria yang lincah dan kerap merepotkan lawan.

"Saya mengidolai Angel di Maria karena dia menggunakan kaki kiri dan itu sama seperti saya. Posisinya di sisi sayap pun sama dengan saya. Permainannya menginsipirasi saya. Sehingga saya ingin bermain seperti dia," tegas pemain kelahiran Yakuhimo, 16 Januari 1992 itu.

2 dari 5

Irfan Jaya

Irfan Jaya
Irfan Jaya © Bola.com/Aditya Wany

Irfan Jaya dikenal sebagai sayap lincah yang dimiliki Indonesia. Memiliki postur 162 cm tak menjadikannya halangan untuk melakukan manuver berbahaya di lapangan.

Irfan Jaya dikenal sebagai pemain sayap yang punya kecepatan. Pemain Persebaya Surabaya itu juga dikenal lincah dan kerap merepotkan lawan.

Sama seperti Lionel Messi, Irfan Jaya juga dikenal sebagai gelandang sayap berbahaya. Sejak memperkuat Persebaya pada 2017, Irfan sudah mengemas 71 pertandingan dan sukses mencetak 25 gol.

Penampilan apiknya di Persebaya juga membuat Irfan Jaya kerap dipanggil memperkuat Timnas Indonesia. Sejak debut pada 2018, Irfan sudah mengemas delapan penampilan dan mencetak dua gol.

3 dari 5

Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre
Aksi Todd Rivaldo saat melawan Qatar di Piala AFC U-19. © bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Todd Rivaldo Ferre tak menjadikan postur tubuh mungil sebagai kendala bermain bola. Justru hal itu nyatanya membantunya untuk mengeluarkan penampilan terbaik.

Berkat tubuh mungil, Todd mampu berlari kencang dan merepotkan pemain lawan. Selain itu, postur tubuh kecil yakni 158 cm yang dimilikinya membuat Todd gampang menguasai pergerakan bola.

Gaya permainnya sangat khas yakni mengandalkan kecepatan. Meskipun masih berusia 21 tahun, Todd tak ragu untuk menguasai bola dengan meliuk-liuk melewati lawan mirip Lionel Messi.

Sebagai pemain muda, Todd Rivaldo Ferre, tentu saja memiliki idola untuk memotivasi permainannya di lapangan. Todd mengaku mengidolai bintang Barcelona, Lionel Messi, dan juga kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa.

"Mereka adalah panutan buat saya di lapangan. Saya sering melihat video-video mereka. Saya juga berkeinginan untuk menjadi seperti mereka," tegas Todd.

4 dari 5

Andik Vermansah

Andik Vermansah
Andik Vermansah resmi bergabung dengan Bhayangkara FC © Bola.net/Fitri Apriani

Andik Vermansah memiliki postur tubuh 162 cm. Namun, itu bukan menjadi penghalang buatnya dalam menunjukkan kemampuan terbaik.

Andik berhasil membius masyarakat dengan gocekan khas dan kecepatan yang dimilikinya.Gaya permainan yang dianggap mirip Lionel Messi membuat Andik pernah dijuluki "Messi dari Asia".

"Saya tidak tahu bagaimana nama panggilan itu muncul. Akan tetapi, jujur ini menempatkan saya pada banyak tekanan. Messi adalah pemain hebat, dan saya harus lebih bekerja keras," kata Andik kepada FIFA.com.

Selain karena gaya permainan yang mirip, Andik dan Messi juga memiliki postur tubuh yang tak terlalu tinggi. Meski demikian, hal itu berhasil dibuktikan Andik bukan sebagai penghalang dengan penampilan apik di lapangan.

5 dari 5

Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak
Riko Simanjuntak © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Memiliki postur tubuh yang tak ideal buat pesepak bola bukan menjadi halangan buat Riko Simanjuntak. Pada kenyataannya, pemain berpostur 158 cm itu sering merepotkan lawan dalam setiap permainannya.

Riko menjadikan postur tubuhnya sebagai kelebihan. Dengan tubuh mungil, Riko mampu berlari kencang dan selalu merepotkan lawan karena permainan lincahnya.

Faktor itulah yang membuat Riko dipercaya tampil menghuni tim utama Persija Jakarta. Riko tak ragu menyebut, Lionel Messi adalah pemain idolanya yang menjadi inspirasi dalam kariernya.

"Messi adalah inspirasi saya karena kita semua tahu Messi tidak terlalu tinggi. Kehadiran Messi di dunia sepak bola membuat kami, pemain yang kurang tinggi terbantu. Kami mendapatkan motivasi, apalagi kemampuan Messi luar biasa dengan tubuh yang kecil," ujar Riko.

Sumber: Berbagai Sumber
Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Aning Jati
Published: 20 Mei 2020