FOLLOW US:


6 Tim Lolos Standar Klub Profesional AFC: Ada Persib, Tanpa Persija dan Persebaya

20-11-2020 13:38

 | Asad Arifin

6 Tim Lolos Standar Klub Profesional AFC: Ada Persib, Tanpa Persija dan Persebaya
Persib Bandung © Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - Enam kontestan Shopee Liga 1 2020 dinyatakan memenuhi standar klub profesional AFC oleh PSSI. Keenam tim tersebut yaitu Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Sementara tim Ibu Kota, Persija Jakarta tak lolos standar tim profesional AFC. Begitu pula dengan klub kebanggaan warga Surabaya, Persebaya.

Ada lima kriteria yang jadi penilaian. Kelima aspek tersebut yakni sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance.

"Kami berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, disadur dari laman PSSI, Jumat (20/11/2020).

"Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepak bola Indonesia,” katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

AFC Club Licensing Cycle

Sebelum meloloskan enam tim tersebut, PSSI telah menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle tahun 2020. AFC Club Licensing Cycle merupakan proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC. Seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

"PSSI kedepan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kami terapkan di Liga 1 dan Liga 2," imbuh Yunus.

(Bola.net/Fitri Apriani)